Tech & Auto

Sering Error, Inilah Cara Mengatasi Tombol Home iPhone Error

Tombol Home iPhone Error

Pastinya kita sudah mengetahui bahwa iPhone memiliki satu tombol home. Tombol ini satu-satunya tombol yang ada di bawah layar iPhone dimana tombol ini memungkinkan pengguna untuk kembali ke tampilan awal, menutup aplikasi dengan cepat, dan lainnya.

Mengingat fungsinya yang begitu penting, kira-kira bagaimana jika tombol tersebut error atau tidak berfungsi? Hal itu dikarenakan tombol home pada iPhone ini sering kali error bahkan yang paling parah yaitu kerusakan. Jika terjadi demikian tentunya pengguna akan mengalami kesulitan karena tidak berfungsinya tombol tersebut.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut sangat diperlukan cara mengatasi ketika tombol home error atau tidak berfungsi dengan baik. Namun sebelum itu, ada baiknya pengguna mengenali apa saja yang menjadi penyebab error atau tidak berfungsinya tombol home tersebut. Untuk itu, yuk intip penjalasan di bawah ini!

Penyebab error atau tidak berfungsi

Sebenarnya tombol home pada iPhone sendiri rawan kerusakan. Oleh karena itu, bagi pengguna iPhone tentunya harus berhati-hati dalam menggunakan tombol tersebut. Ada beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab error-nya tombol home pada iPhone, diantaranya sebagai berikut:

  • Terlalu sering menggunakan tombol home ini untuk kembali ke tampilan beranda, menutup aplikasi, dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan tombol home ini. Akibatnya bisa saja tombol mengalami kemacetan karena plat di dalamnya tidak kembali ke posisi yang semula.
  • Adanya kotoran maupun debu yang masuk ke dalam tombol. Jika tidak pernah dibersihkan tentunya kotoran atau debu yang masuk sudah dipastikan akan menumpuk dan akhirnya akan mengganggu kinerja dari tombol home tersebut
  • Body iPhone renggang atau tidak tertutup dengan rapat. Biasanya ini terjadi dikarenakan baterai iPhone mengembang sehingga akan berpengaruh pada body iPhone yang menjadi tidak rapat. Dengan demikian hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada tombol home iPhone dimana konektor tombol tersebut akan terangkat dan tidak terhubung dengan board di bagian dalamnya.

Cara mengatasi tombol Home iPhone error atau tidak berfungsi

Apabila pada handphone mengalami tanda-tanda seperti yang dijelaskan di atas, tentunya tidak perlu khawatir. Hal itu dikarenakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi error-nya tombol home. Berikut ini cara mengatasi tombol home pada iPhone yang error atau tidak berfungsi:

1. Gunakan Assistive Touch

Assistive Touch

Jika tombol home pada iPhone macet, pengguna bisa menggunakan salah satu fitur yang ada di iOS. Fitur tersebut bernama Assistive Touch. Sebenarnya fitur ini bukanlah solusi untuk tombol rusak, namun fitur ini dirancang agar iPhone masih bisa diakses untuk orang-orang yang mengalami kesulitan menekan tombol home.

Assistive Touch merupakan fitur virtual home dari perangkat iPhone yang berfungsi untuk menambahkan tombol home virtual ke layar iPhone sehingga ketika fitur ini diaktifkan maka pengguna tidak perlu menekan tombol home untuk menutup aplikasi atau melakukan tugas lainnya. Tugas-tugas yang membutuhkan kinerja dari tombol home dapat dilakukan dengan mengetuk tombol di layar.

Fitur ini berupa ikon kecil dengan lingkaran putih di bagian tengahnya di mana fitur ini sebagai pengganti tombol home asli.  Cara mengaktifkan fitur ini pun sangat mudah, yaitu:

  • Buka Settings
  • Pilih General
  • Pilih Accessibility
  • Pilih Assistive Touch
  • Geser ke On yang berwarna hijau

2. Lakukan kalibrasi pada tombol home

Slide Power

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan apabila tombol home error adalah dengan melakukan kalibrasi pada tombol home. Cara ini dimaksudkan agar lebih mengoptimalkan kinerja dari tombol home terutama setelah dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, apabila setelah melakukan cara ini tombol home masih error, kemungkinan besar tombol home memang rusak. Cara melakukan kalibrasi sebagai berikut:

  • Jalankan aplikasi apapun yang terpasang di iPhone. Kemudian tahan tombol power hingga muncul “Slide To Power Off” dan biarkan tulisan tersebut. jangan menggesernya ataupun mematikannya
  • Lepaskan tombol power hingga tulisan tersebut hilang
  • Tekan tombol home secara perlahan dan tahan hingga kembali ke layar homescreen. Jangan dilepas hingga berhasil
  • Kemudian coba tekan tombol home kembali. Cek kira-kira terdapat perbedaan atau tidak

3. Pasang konektor iPhone

Perlu diketahui bahwa seringnya melakukan pasang cabut konektor charger juga dapat menjadi penyebab tombol home error. Kemungkinan besar akibat dari konektor tersebut akan berdampak pada bergeser atau miringnya tombol home karena terlalu sering pasang cabut. Jika terjadi demikian, maka yang harus dilakukan adalah cukup pasang konektor ke iPhone kemudian tekan konektor ke atas dengan lembut. Cara tersebut dapat membuat tombol home naik ke atas hingga berfungsi dengan norma seperti semula.

4. Restart iPhone tanpa menggunakan tombol home

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan restart iPhone. Biasanya untuk restrart iPhone memerlukan tombol home. Namun ada cara lain yang bisa digunakan untuk merestart iPhone tanpa menggunakan tombol tersebut yaitu dengan melakukan reset jaringan di iPhone. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Settings
  • Pilih General
  • Pilih Reset
  • Pilih Reset Network Setting
  • Jika muncul pemberitahuan tentang permintaan persetujuan, maka “Izinkan”

5. Bersihkan kotoran atau debu di dalamnya

Pengguna mungkin tidak mengetahui bahwa kotoran atau debu menjadi penyebab tidak berfungsinya tombol home. Kotoran atau debu tersebut bisa disebabkan dari jari pengguna ketika menekan tombol home tersebut atau bisa dari hal-hal lain. Oleh karena itu sering-seringlah membersihkan tombol home karena semakin banyak kotoran atau debu yang menempel membuat tombol home cepat macet.

Untuk mengatasi hal tersebut, bersihkan tombol home dengan cairan pembersih apapun. Caranya dengan lumuri tombol home dengan sedikit cairan pembersih. Olesi dengan perlahan menggunakan ujung jari. Untuk mempermudah proses pembersihan, buka cassing iPhone dengan membuka dua baut di bagian bawah. Hal itu dilakukan untuk membersihkan tombol home hingga ke bagian dalamnya.

6. Periksalah kerapatan cassing iPhone

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tidak berfungsinya tombol home bisa disebabkan oleh kondisi cassing yang merenggang. Kondisi tersebut disebabkan oleh melembungnya baterai. Dengan posisi cassing yang merenggang maka konektor tombol home tidak menyentuh bagian board di dalamnya. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya pengguna harus mengganti baterai iPhone agar cassing dapat rapat kembali seperti semula.

7. Pergi ke AppleCare

Apple Care

Jika cara-cara di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah tombol home yang error, maka cara terakhir adalah pergi ke Service Center iPhone atau AppleCare untuk memperbaikinya. Sebelum itu, cek terlebih dahulu apakah iPhone masih dalam garansi atau tidak. Jika iya maka segera pergi ke AppleCare karena dengan adanya garansi maka pengguna bisa tidak dikenakan biaya perbaikan.

Ketika tombol home pada iPhone mengalami error, kalian sebagai pengguna iPhone jangan langsung menyimpulkan bahwa tombol home tersebut rusak. Cek terlebih dahulu apakah memang rusak atau ada sebab lain yang membuat tombol tersebut tidak berfungsi. Kalian bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi tidak berfungsinya tombol home tersebut. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian. Selamat membaca.

To Top