Tech & Auto

Seru, Aplikasi Android Bisa Dijalankan Di Windows 11

Aplikasi Android Di Windows 11

Salah satu fitur menarik dari Windows 11 yaitu dapat menjalankan aplikasi Android tanpa menambahkan emulator, alias native. Aplikasi Android dapat diunduh melalui Amazon Appstore yang dapat didownload melalui Windows Store yang terintegrasi dengan Windows 11.

Selain itu, Amazon Appstore juga dapat di-pin pada taskbar seperti aplikasi-apliksi Windows lainnya. Untuk mendukung aplikasi Androd tersebut Microsoft telah bekerja sama dengan Intel dalam penggunaan teknologi Intel Bridge. Meskipun sebetulnya aplikasi Andoid tersebut juga anak berjalan di sistem prosesor ARM atau AMD.

Fitur baru ini menjadi jawaban Microsoft atas ditur macOS di Mac M1 yang dapat mengoperasikan aplikasi iOS. Dalam pengenalan produknya, Microsoft menunjukkan kemampuan Windows terbaru ini dalam menjalankan aplikasi TikTok.

Lihat Juga: Bocor Di Internet, Begini Tampilan Windows 11

Selain TikTok, mereka juga memamerkan beberapa aplikasi lain yang ada di Windows Store, seperti Yahoo, Uber, Ring dan aplikasi lainnya. Sayangnya, belum diketahui perangkat apa saya yang dapat mendukung fitur ini. Sebab Microsoft sendiri masih menggarap teknologi Intel Bridge yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Android pada Windows 11.

“Intel menganggap sangat penting memberikan kemampuan ini ke seluruh platform x86 serta mendesain teknologi Intel Bridge untuk mendukung seluruh platform x86 (tak terkecuali platform AMD),” kata Jubir Intel, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (25/6/2021).

Kemudian, Microsoft turut mendukung pernyataan Intel tersebut dengan mengatakan bahwa Windows 11 bakal mendukung penggunaan aplikasi Andoroid di seluruh jenis prosesor. Termasuk ARM.

Menurut Intel, teknologi Bridge merupakan sebuah run-time post compiler yang dapat menerjemahkan aplikasi yang tersedia untuk platform selain x86. Dalam hal ini yaitu Android, menjadi x86 yang dapat dikenali oleh prosesor AMD atau Intel.

Sedangkan bagi perangkat dengan prosesor ARM, penerjemahan tidak dibutuhkan, sehingga tak membutuhkan Intel Bridge. Tetapi Microsoft masih belum menjelaskan lebih lanjut terkait fitur ini.

Sebagi informasi, saat ini pun aplikasi Android sebenarnya dapat berjalan di Windows, yaitu melalui program emulator. Seperti Nox atau Bluestacks. Namun aplikasi itu berjalan di dalam sebuah mesin virtual di atas Windows, tidak langsung berjalan di dalam Windows.

To Top