Tech & Auto

Setiap Unit Penjualan iPhone X, Samsung Dapat Untung Rp 1,5 Juta

Setiap Unit Penjualan iPhone X, Samsung Dapat Untung Rp 1,5 Juta

Samsung menyediakan panel OLED dan sejumlah komponen lainnya untuk iPhone X . Dari berbagai komponen tersebut, Samsung diperkirakan mendapatkan keuntungan sekira US$ 110 atau berkisar Rp 1,5 juta untuk setiap iPhone X yang terjual.

Samsung menjadi rival sekaligus teman bagi Apple di industri smartphone. Keduanya memang bersaing, tapi Samsung merupakan pemasok sejumlah komponen untuk iPhone.

Untuk iPhone X misalnya, Samsung menjual satu panel OLED seharga US$ 70 atau setara Rp 934 ribu kepada Apple. Ditambah lagi harga untuk sejumlah komponen lain.

Dilansir Phone Arena, Selasa (3/10/2017), perusahaan riset Counterpoint Technology Market Research memperkirakan Apple akan menjual 130 juta unit iPhone X sampai musim panas (sekira Juni – Agustus) 2019. Alhasil, Samsung akan mendapat keuntungan dari penjualan tersebut.

Secara total, Samsung kemungkinan mendapatkan sekira US$ 14 miliar dari setiap penjualan iPhone X. Jumlahnya lebih banyak dari pada yang didapatkan Samsung dari penjualan produknya sendiri.

Sebagai perbandingan, Samsung diprediksi menjual sebanyak 50 juta unit Galaxy S8 dalam waktu 20 bulan sejak meluncur pada April 2017. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu akan mengantongi pendapatan komponen sebesar US$ 202 dari setiap unit untuk sejumlah anak usahanya sendiri.

Setiap Unit Penjualan iPhone X, Samsung Dapat Untung Rp 1,5 JutaTotal, penjualan Galaxy S8 akan US$ 4 miliar lebih sedikit dalam hal pendapatan komponen dibandingkan iPhone X. Perbandingan ini memang tidak sepadan karena beberapa komponen Galaxy S8 dibuat oleh sejumlah anak usaha Samsung sendiri. Namun, angka ini dinilai cukup menarik.

Pada tahun lalu, Apple juga memberikan kontribusi yang manis untuk pendapatan Samsung. Para karyawan Samsung menyebut Apple sebagai “LO” (lovely opponent) atau lawan yang manis.

Selain itu, mereka juga memiliki tanggapan yang cukup menarik ketika ada internal yang kedapatan menggunakan iPhone saat sedang rapat.

“Tidak apa-apa, mereka adalah klien terbaik kita,” demikian komentar para karyawan Samsung tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top