Tech & Auto

Spesifikasi dan Harga Macbook Air M1 Terbaru 2021

Spesifikasi dan Harga Macbook Air M1

This post is also available in: English

Meski Apple telah memperkenalkan Macbook Air M1 pada November tahun lalu, produk tersebut baru bisa masuk di Indonesia tahun ini. Macbook satu ini membuat banyak orang bertanya-tanya tentang kualitasnya. Hal itu karena prosesor yang yang ada dalam Macbook tersebut.

Apple memperkenalkan prosesor pertamanya melalui produk ini. Prosesor itu memiliki nama M1. Pihaknya bahkan mengklaim bahwa prosesor tersebut membuat Macbook Air M1 memiliki performa yang luar biasa.

Apple bahkan mengungkapkan bahwa pihaknya butuh waktu sekitar 1 dekade untuk mempersiapkan chipset tersebut. Apple berharap dengan terciptanya chipset M1 akan membawa Macbook menuju era baru.

M1 dirancang untuk menggunakan teknologi 2nm dengan dukungan 16 miliar transistor. Hal tersebut membuat chipset ini begitu istimewa karena memiliki unsur terbesar yang pernah Apple masukkan dalam chip mereka.

Apple tak main-main, perusahaan tersebut mengembangkan M1 yang memiliki banyak kelebihan. Semua teknologi yang pernah ada dalam CPU apple sebelumnya tergabung menjadi satu ke dalam M1. Sehingga M1 diklaim mampu memberikan tingkat integrasi dan lebih baik dalam hal efisiensi daya. Selain itu, teknologi M1 memiliki arsitektur memori yang menggabungkan bandwith tinggi dan latensi memori rendah menjadi satu. Hal itu membuat semua teknologi dalam chip mampu mengakses data yang sama tanpa menyalin di antara berbagai kumpulan memori.

Selain merilis Macbook Air M1, Apple juga merilis Macbook Pro M1 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dibanding Air M1. Keduanya memiliki desain yang tak jauh berbeda dan sama-sama memiliki 2 warna yaitu Silver dan Space Grey.

Hal yang Berbeda Antara Macbook Air M1 dan Macbook Pro M1

Macbook Air M1 dan Macbook Pro M1
Hal yang Berbeda Antara Macbook Air M1 dan Macbook Pro M1

Keduanya merupakan produk yang tampak sama tapi berbeda dalam hal performa. Produk ini memiliki dengan dua varian SSD dengan performa cukup baik seperti Pro M1 yang tertanam GPU 8 Core.

Dua varian Macbook M1 memiliki perbedaan GPU yaitu yang termurah dengan 7 core dan di atasnya terdapat varian 8 core. Namun, kedua varian Macbook Pro M1 memiliki GPU 8 core yang sama. Perbedaan SSD juga menjadi alasan keduanya memiliki harga yang berbeda. Kedua tipe Macbook tersebut sama-sama memiliki varian SSD 256 GB dan SSD 512 GB.

Meski Macbook Pro M1 dan Air M1 sekilas terlihat sama. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang renik seperti ketebalan, bobot, kecerahan layar, keyboard dan touch bar, hingga Daya tahan baterai.

Ketebalan dari keduanya hanya terpaut 0,5 mm. Meski ketebalan yang keduanya miliki terpaut tidak terlalu jauh, tetapi bobot keduanya terpaut cukup jauh. Macbook Pro M1 dan Air M1 memiliki perbedaan berat sebesar 0,11 Kg. Untuk pendingin, Air M1 tidak menggunakan teknologi pendingin seperti yang Macbook Pro M1 gunakan. Hal itu membuat Air M1 lebih senyap.

Baca Juga : MacBook Air 2020 dan Pro 13 Inch Gunakan Chip M1 Buatan Apple Sendiri

Untuk Keyboard, Air M1 lebih minimalis dengan hanya terdapat 4 tomol tambahan untuk Don’t disturb, Spotlight, dan Dictation. Macbook Pro M1 lebih lengkap dengan menghadirkan 12 tombol tambahan.

Kelebihan dan kekurangan antara Macbook Pro M1 dan Air M1 menyebabkan keduanya memiliki rentang harga yang berbeda. Mac

Harga Macbook Air M1

Harga Macbook Air M1
Harga yang Sesuai

Macbook memberikan harga yang lebih terjangkau untuk produknya Macbook Air M1. Hadir dengan 2 varian, memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga menyebabkan keduanya memiliki harga yang berbeda.

Apple menghadirkan Macbook Air M1 varian pertama pada rentang harga hampir 17 juta. Varian pertama ini memiliki GPU dengan hanya 7 core. Tidak hanya itu, kapasitas SSD nya juga hanya 256 GB.

Untuk varian Air M1 yang kedua, Apple membanderol dengan harga yang terpaut cukup jauh yaitu 21.799.000 rupiah. Yang menyebabkan varian ini lebih mahal ialah beberapa unsur yang ada dalam Macbook tersebut. Pada Macbook ini, terpasang GPU 8 core, dan SSD yang terpasang juga berbeda dengan varian 16 juta. Pada Macbook ini terdapat SSD sebesar 512 GB.

Apakah Anda telah memutuskan varian yang ingin Anda beli? Atau malah berpindah ke Macbook Pro M1? Sebelum itu, Anda perlu tahu bagaimana spesifikasi lainnya dari Macbook Air M1 ini.

Spesifikasi yang Lengkap

spesifikasi Harga Macbook Air M1
Spesifikasi yang Lengkap

Layar gadget ini berukuran 13.1 inch dengan resolusi 2560 x 1600. Intensitas cahaya layar pada Macbook ini mencapai 400 nits brightness. Untuk tampilan warna menggunakan wide color (P3) dengan True Tone.

Untuk CPU, Macbook telah mempersenjatainya dengan 8 Core Apple M1. Dengan 4x efisiensi core, dan 4x performance core. Untuk GPU terdapat dua varian, yaitu 8 core dan & core.

Untuk menambah pengalaman Anda dalam menggunakan Macbook ini, Apple memberikan RAM sebesar 8 GB/16 GB. Ruang penyimpanannya pun juga bervariasi dengan SSD mulai dari 256 GB, hingga 512 GB.

Dalam menunjang keseharian Anda, Macbook Air M1 memiliki konektivitas wifi 6 dan Bluetooth 5.0. Untuk kamera, Macbook ini memiliki kamera 720p FaceTime HD Camera yang mampu menangkap gambar secara lebih jelas.

Kekuatan baterai dari Air M1 ini juga cukup kuat hingga 49.9Wh battery. Baterai dari Macbook ini dapat bertahan hingga 15 jam saat Anda menggunakannya untuk berselancar di Internet. Bahkan mampu bertahan hingga 18 jam saat Anda menggunakannya untuk pemutaran video.

Macbook ini memiliki dimensi 304.1mm x 212.4mm x 16.1mm. Bobot dari Macbook ini mencapai 1,29 Kg.

To Top