Tech & Auto

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A02 Terbaru

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A02 Terbaru

Peluncuran Samsung Galaxy A02 seolah menjadi tanda bagi Samsung bahwa perusahaan ini senantiasa berinovasi dalam dunia telepon seluler. Baru satu tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan produknya yang bernama Samsung Galaxy A01 dan Samsung Galaxy M12. Kini telah hadir lagi penerusnya yang bernama Samsung Galaxy A02. 

Sebagai penerus, Apakah seri A02 memiliki tampilan yang berbeda? Jawabannya adalah tidak. Jika Anda mensejajarkan kedua telepon genggam ini, Anda akan tahu bahwa keduanya seolah hampir sama. Hanya tampilan bezel bawah dari Samsung Galaxy A02 yang lebih tipis apabila Anda bandingkan dengan A01. Meski begitu, apa saja perbedaan spesifikasi dari keduanya? Simak berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

Berikut ini spesifikasi dari ponsel yang baru saja meluncur Januari 2021 lalu ini di pasaran.

1. Body Samsung Galaxy A02

Seperti yang telah tertulis sebelumnya bahwa tampilan body dari kedua telepon genggam ini sungguh tampak serupa bahkan hampir kembar. Anda akan mendapati penempatan speaker yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, pilihan warna untuk seri ini hanya terdapat 2 macam, yaitu hitam dan biru.

Telepon seluler ini memiliki dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm dengan layar berbahan Gorilla Glass. Meski begitu, bagian belakangnya masih terbuat dari plastic, begitu pula untuk framenya. Pemilihan bahan plastik ini memang sesuai dengan harganya yang murah. Sehingga Anda perlu untuk berhati-hati dalam menggunakan Samsung Galaxy seri A02 sebab bahan plastik tersebut akan mudah tergores dan lecet. Anda dapat mengantisipasinya dengan memberi silicone case atau hard case agar telepon genggam Anda tidak mudah tergores.

Berat dari telepon genggam ini adalah 206 gram sehingga tidak akan terasa terlalu ringkih. 

2. Slot SIM- Card

Jika Anda telah terbiasa dengan menggunakan dual SIM tentu akan sangat sulit apabila telepon genggam Anda tidak memiliki fitur dual SIM. Namun, Anda tidak perlu risau sebab Samsung Galaxy A02 telah mendukung fitur dual SIM sehingga Anda dapat menggunakan kedua kartu secara bersamaan.

3. Tampilan Layar

layar Samsung Galaxy A02
Tampilan Layar

Karena harganya yang terjangkau, tentu Anda tidak akan dapat mengharapkan hal yang terlalu banyak dari Samsung Galaxy A02. Layar pada telepon genggam ini masih menggunakan layar PLS IPS yang beresolusi 720 x 1600 pixels. Luas layar dari telepon genggam ini adalah 6,5 inches yang menyelimuti 81% dari total luas bagian depan.

4. Sistem Operasi

Meski harganya yang murah, hal tersebut tidak menghalangi Samsung memberikan sistem operasi yang cukup baru dari Android yang bernama Android 10. Sistem operasi tersebut juga didukung One UI 2.0.

5. Dapur Pacu Samsung Galaxy A02

Dalam segi performa, Samsung menanamkan chipset Mediatek MT6739W. Meski bukan chipset yang sangat mewah, chipset ini mampu untuk mendukung penggunaan harian yang cukup ringan. CPU dari Samsung Galaxy A02 ini adalah Quad-core 1,5 GHz Cortex-A53. Selain itu untuk GPUnya Samsung menanamkan PowerVR GE8100.

6. Kamera

kamera Samsung Galaxy A02
Kamera

Kini, banyak peminat dari berbagai telepon genggam yang menganggap kamera adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan paling penting. Hal tersebut tidaklah mengejutkan karena seperti yang kita tahu bahwa perkembangan media sosial yang cepat menyebabkan penggunaan kamera menjadi hal yang krusial. Entah untuk sekedar update status, atau video call, kini semua orang cukup tergantung dengan kamera.

Samsung membaca kebutuhan tersebut dengan baik. Meski begitu, tampaknya Samsung tidak ingin memberi perhatian terlalu besar pada telepon genggamnya ini.

Apabila Anda bandingkan dengan seri A01 sebelumnya, kamera utama pada Samsung Galaxy A02 seolah hampir tak ada bedanya yakni sama-sama beresolusi 13 MP. Dukungan kamera kedua juga masih sama-sama 2 MP, hanya saja Samsung mengubah Kamera depth menjadi Macro. 

Dalam mendukung penggunanya dalam berswafoto, Samsung memberikan kamera depan yang beresolusi 5 MP.

7. Konektivitas

Samsung juga menyediakan konektivitas yang tidak buruk atau hampir tidak ada bedanya dengan telepon genggam lainnya pada level entry. Telepon genggam ini mendukung jaringan GSM/HSPA/LTE untuk berselancar internet ataupun penggunaan lain.

Selain itu, Samsung Galaxy A02 juga memberikan fitur konektivitas seperti WLAN yang berupa Wi-Fi 802, Wi-Fi Direct, dan juga hotspot seluler. Untuk menambah kemudahan penggunanya, Samsung juga memberikan seri Bluetooth yang cukup baru yaitu Bluetooth 5.1. 

Dalam hal pelacakan lokasi, Samsung memberikan konektivitas seperti GPS untuk mengetahui keberadaan pengguna. Hanya saja telepon ini tidak lagi memiliki konektivitas seperti NF dan juga Infrared.

Jenis USB yang Samsung berikan untuk telepon genggam ini juga belum maksimal. Seperti yang Anda ketahui, bahwa terdapat USB yang terbaru seperti USB Type C. Namun Samsung masih memberikan USB berupa MicroUSB 2.0

Harga Samsung Galaxy A02

Harga Samsung Galaxy A02
Harga Samsung Galaxy A02

Setelah mengetahui berbagai macam spesifikasi pada Samsung Galaxy A02 yang cukup umum. Apakah Anda mulai tertarik dan berniat untuk membeli telepon genggam ini? Jika iya, maka perlu untuk mulai menentukan untung dan rugi.

Harga yang Samsung berikan untuk Samsung Galaxy A02 adalah sebesar 1,5 juta. Harga yang cukup terjangkau untuk telepon genggam produksi dari perusahaan besar sekelas Samsung. Apakah menurut Anda harga dan spesifikasi yang diberikan cukup sesuai? Jika jawaban Anda masih iya, tidak Ada salahnya untuk membeli telepon genggam ini.

Namun, apabila Anda merupakan pengguna seri pendahulunya yaitu Samsung Galaxy A01, tentu Anda perlu mempertimbangkannya lagi untuk beralih ke seri ini. Karena seri A02 sebagai penerus dari A01 memiliki banyak kesamaan dan perbedaannya tidak terlalu signifikan. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top