Tech & Auto

Spesifikasi Pesawat Terbang Sriwijaya Air SJ 182

Bagaimana Spesifikasi Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Hilang Kontak Kemarin?

This post is also available in: English

Pada hari Sabtu (09/01)kemarin ada berita mengejutkan dimana pesawat terbang milik Sriwijaya Air nomor SJY182 telah dilaporkan hilang kontak. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pesawat itu lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB.

Ia menambahkan, ketika pukul 14.37 WIB pesawat masih ada pada ketinggian 1.700 dan pesawat memiliki izin untuk naik ke ketinggian 29.000 kaki. Namun setelahnya pesawat justru malah mengarah ke barat laut, dan saat itulah mereka kehilangan kontak.

Spesifikasi Seri Pesawat  Terbang

Pesawat terbang ini merupakan jenis Boeing 737-500. SJ182 adalah varian awal dari seri Boeing 737. Namun untuk seri 737-500 merupakan pesawat yang tergolong lebih tua dan kecil. Jadi pesawat SJ182 merupakan pesawat yang memiliki umur lumayan tua.

Boeing 737-500 adalah varian dari Boeing 737 Classic Series yang paling pendek. Pengguna pertama dari varian ini adalah Southwest Airlines yang memesan 20 pesawat terbang pada tahun 1987. Untuk seri Boeing 737-500 ini sebenarnya mereka ciptakan untuk menggantikan seri Boeing 737-200.

Untuk seri Boeing 737-500 mereka memiliki spesifikasi sebagai berikut panjang mereka kira kira 31.0 (m) dengan lebar sayar (m) 28.9, memiliki tinggi (m) 11.1 dan luas sayap mereka itu kira kira (m2) 105.4.

Detail Spesifikasi Pesawat Terbang SJ182

Spesifikasi Pesawat SJ182
Spesifikasi Pesawat SJ182

Adapun spesifikasi untuk pesawat yang baru saja mengalami kecelakaan dan jatuh itu memiliki 2 buah mesin yaitu CFMI CFM56-3CI. Usia pesawat yaitu 26,7 tahun, Registrasi PK-CLC. Serial Number Pesawat 27323. Pesawat ini terbang pertama kali pada tanggal 13 bulan Mei 1994 yang berarti telah terbang selama 27 tahun.

Perusahaan Boeing yang Memproduksi Pesawat Tersebut

Pesawat milik Sriwijaya Air dengan seri SJ182 adalah pesawat buatan dari The Boeing Company. Namun sebenarnya apa itu Boeing? The Boeing Company merupakan perusahaan multinasional yang memiliki tugas atau pekerjaan berupa merancang, memproduksi bahkan menjual beberapa jenis pesawat. Jenis pesawat yang mereka jual seperti pesawat terbang, roket, pesawat rotor dan satelit

Perusahaan Boeing ini juga adalah salah satu penghasil pesawat terbang terbesar . Bahkan mereka adalah kontraktor pertahanan terbesar kedua dunia.

Seri pesawat yang Sriwijaya miliki dengan seri SJ182 tersebut sebenarnya merupakan variasi milik Boeing yang mereka ciptakan sejak tahun 1983 hingga tahun 2000. Varian itu termasuk varian klasik dimana ada beberapa jenis seperti seri 300, 400 hingga 500. Untuk varian 737-300 sendiri dikenal sebagai varian pertama dari 737 classic.

Kronologi Kejadian

Menurut Badan SAR Nasional, ia mengatakan bahwa pesawat kemungkinan jatuh sekitar pulau Laki dan Lancang yang ada pada Kabupaten Kepulauan Seribu setelah hilang kontak.

Kronologinya pun mereka ceritakan, Materi Perhubungan yang bernama Budi Karya Sumadi memberikan informasi bahwa pesawat tersebut lepas landas terjadwal pukul 14.36. Pada saat itu pesawat terlihat telah meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta yang mempunyai tujuan ke Bandara Supadio.

Namun dalam perjalannya itu, pesawat sempat menunda keberangkatannya sealam 30 menit lantaran kondisi langit yang tidak stabil karena terjadi hujan deras. Bahkan pihak Sriwijaya Air memberikan konfirmasi bahwa penundaan penerbangan itu bukan karena kondisi pesawat yang kurang memungkinkan namun karena akibat cuaca ekstrim.

Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan, namun ketika pukul 14.40 secara tiba-tiba pesawat kehilangan kontak. Hal itu berlaku empat menit setelah pesawat take off dari Bandara. Pesawat sempat diizinkan oleh pihak bandara untuk naik ke ketinggian 29.000 kaki pada pukul 14.37. Akan tetapi setelah itu, pihak bandara mengatakan bahwa pesawat terbang tidak sesuai dengan arah perjalanan yang seharusnya dan bahkan terkesan hilang dari radar.

Pesawat Terbang yang Hilang Kontak

Pesawat Terbang yang Hilang Kontak
Pesawat Terbang yang Hilang Kontak

Setelahnya pada pukul 14.55, Basarnas kemudian mendapat salah satu laporan yang mengatakan bahwa pesawat telah hilang kontak dari pukul 14.55. Mendapati laporan itu, tim Basarnas segera menindaklanjuti. Laporan itu juga mengatakan bahwa pesawat tersebut hilang kontak ketika berada pada langit atas kepulauan Seribu atau sekitar sebelas mil jaraknya dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dugaan Pesawat Terbang Jatuh

Setelah penyelidikan, Basarnas memberi tanggapan bahwa pesawat yang berseri SJ182 telah jatuh antara Pulau Laki dan Pulau Lancang. Dugaan ini muncul setelah ada sebagian warga yang bertempat tinggal disekitar Pulau Lancang mengatakan bahwa mereka sempat mendengar suatu suara dentuman yang terjadi pada pukul 3 sore hari.

Ada juga warga yang mengatakan bahwa mereka menemukan sejumlah puing-puing yang warga menduganya berasal dari badan pesawat SJ182. Bahkan ada beberapa warga yang menambahkan bahwa ada salah seorang warganya yang menemukan bagian tubuh manusia, namun keterangan itu belum bisa dikonfirmasi lantaran pihak berwenang belum mengumpulkan bukti bukti yang ada di lokasi kejadian.

Pada salah satu akun twitter mengatakan bahwa pesawat sempat mengalami penurunan ketinggian yang lumayan ekstrim dalam waktu singkat. Ia bahkan dengan tegas mengatakan bahwa pesawat telah kehilangan ketinggian lebih dari sepuluh ribu kaki atau bisa dikatakan tiga ribu meter dalam waktu kurang dari satu menit.

Dari data yang telah diunduh, di dalam catatan itu mengatakan bahwa Pesawat Sriwijaya Air dengan seri SJ182 turun lima ribu lima ratus kaki hanya dalam 15 detik. Sementara itu dari ketinggian lima ribu empat ratus hingga dua ratus lima puluh kaki hanya dalam waktu 7 detik.

Berita Terkini

Sriwijaya Air SJ 182
Berita Terkini

Belum ada yang dapat menyimpulkan dengan jelas apa yang sedang terjadi. Tapi petugas tengah berupaya untuk mencari tahu penyebab utama mengapa pesawat bisa keluar jalur. Saat ini media hanya dapat memperlihatkan daftar penumpang Sriwijaya yang pada hari itu ikut terbang. Hingga saat ini pun belum bisa dipastikan jumlah korban yang selamat.

Baca Juga : SJ 182 / SJY-182 Sriwijaya Jatuh dibenarkan Bupati Kepulauan Seribu, Hingga Ditemukannya Potongan Badan Korban

Sementara itu banyak keluarga korban yang dari pagi sudah datang ke Bandara untuk mengetahui lebih lanjut info yang ingin mereka dengar perihal kerabat mereka yang hilang bersama pesawat tersebut.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top