Tech & Auto

Spesifikasi Samsung Galaxy M12, Baru Lolos TKDN

Spesifikasi Samsung Galaxy M12 yang Baru Saja Lolos TKDN

Samsung Galaxy M12 merupakan salah satu seri terbaru dan tercanggih yang baru saja rilis pada salah satu negara Asia Tenggara, yaitu Vietnam. Banyak pihak yang cukup yakin bahwa telepon pintar besutan Samsung ini juga akan memasuki pasar gawai Indonesia.

Indikasi tersebut berasal dari sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) oleh Kemenperin. Sertifikat tersebut bernomor 123/SJ-IND.8/TKDN/2/2021. Dalam sertifikat tersebut tampak bahwa Samsung telah mengajukan produk buatannya dengan nomor model SM-M127F pada 3 Februari 2021.

Nomor model tersebut merupakan seri Samsung yang terbaru yang juga telah terdaftar pada banyak negara-negara lain. SM-M127F merupakan nomor produk dari Samsung Galaxy M12. Produk ini pun akhirnya lulus sertifikasi TKDN dengan angka presentase sebesar 37,6 persen.

Sebelum terdaftar pada TKDN di Indonesia, produk yang sama juga muncul pada laman FCC Amerika Serikat terlebih dahulu. Hal itu mengindikasikan bahwa Samsung juga telah mendaftarkan produknya di Amerika. Beberapa hal terkait spesifikasi yang ada pada produk juga tercantum dalam laman situs tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang produk ini, Ada baiknya untuk menyimak spesifikasi dari Samsung Galaxy M12 berikut ini.

1. Bahan dan Ukuran Fisik

Spesifikasi Samsung Galaxy M12
Bahan dan Ukuran Fisik

Samsung memberikan penampilan yang tampak cukup jauh berbeda dengan seri sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy M11. Tampaknya Samsung ingin agar pengguna gawai seri M11 yaitu versi lama untuk berpindah ke seri M12. Sebab, Samsung mendesain gawai ini dengan dimensi yang lebih besar yaitu 164 x 75.9 x 9.7 mm. Meski hanya terpaut beberapa mm, hal itu menjadi nilai lebih untuk Samsung Galaxy M12.

Dari segi berat, Samsung Galaxy M11 jauh lebih ringan apabila dibandingkan dengan Samsung Galaxy M12 yang terasa lebih mantap dalam genggaman. Berat dari Samsung Galaxy M12 adalah 221 gram, cukup berat sebagai sebuah telepon pintar.

Meski segi desain tubuh mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan. Sepertinya hal itu tak berlaku untuk bahan yang Samsung gunakan pada seri terbarunya. Samsung seri terbaru ini masih sama-sama menggunakan layar berbahan Corning Gorilla Glass yang tahan dengan goresan. Pada bagian belakang masih berbahan plastik, begitu pula dengan frame yang ada.

2. Memori dan SIM

Samsung Galaxy M12 menyuguhkan lebih banyak kelebihan dengan 3 varian, 2 diantaranya memiliki RAM dan Memori internal yang masih sama dengan yang ada pada Samsung Galaxy M11.

Varian untuk RAM pada Samsung seri M12 memiliki pilihan yang cukup beragam. Pertama, terdapat RAM yang memiliki ukuran 3 GB, untuk varian 3 GB akan memiliki memori internal sebesar 32 GB.

Varian kedua memiliki RAM yang lebih besar, yaitu 4 GB. Untuk varian RAM 4 GB akan mendapatkan memori internal sebesar 64 GB. Tidak berhenti sampai disitu, Samsung ternyata memberikan satu varian lagi untuk seri M12.

Varian ketiganya ialah dengan RAM 6 GB sebagai yang terbesar. Varian RAM yang besar ini juga memiliki memori internal yang cukup besar, yaitu 128 GB. Seluruh memori masih dapat Anda perluas melalui slot MicroSDXC.

Untuk SIMCard pun telah memiliki dual nano SIM sehingga dapat Anda pasangkan dua kartu SIM yang Anda miliki.

3. Baterai

Dengan RAM dan juga memori internal yang besar, tentu akan sangat memakan banyak daya dalam penggunaanya. Meski begitu, tampaknya Samsung telah memperhitungkan hal tersebut jauh-jaih hari. Pihaknya memberikan Baterai sebesar 6000 mAh untuk mendukung kinerja produknya yang memiliki memori besar.

4. Dapur Pacu

Samsung menanamkan versi Android terbaru, yaitu Android 11. Meski dengan Android versi yang terbaru, tampaknya Samsung masih nyaman dengan sistem antarmuka miliknya One UI 0.3. Samsung hingga kini belum mengupgrade sistem antarmuka untuk meningkatkan performa antarmuka miliknya. Hal itu berbeda dengan sistem antarmuka milik vendor lain yang meningkat secara masif.

Jika pendahulunya, Samsung Galaxy M11 menggunakan chipset besutan Qualcomm yang bernama Snapdragon. Kini, tampaknya Samsung mulai menggunakan chipset buatannya sendiri yaitu Exynos 850 dengan fabrikasi 8 nm.

5. Layar

layar Samsung Galaxy M12
Layar Samsung Galaxy M12

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya M11, Samsung tampaknya enggan memberikan layar Super Amoled untuk produk kelas menengahnya. Samsung masih tak bergeming dengan berkutat dengan layar IPS.

Layar IPS dari Samsung Galaxy M12 ini memiliki resolusi hingga 720 x 1600 pixels. Meski tidak setajam layar Super Amoled, layar tersebut sudah cukup membantu Anda dalam penggunaan sehari-hari.

6. Kamera Depan dan Belakang Samsung Galaxy M12

kamera Samsung Galaxy M12
Kamera Depan dan Belakang

Main camera pada Samsung Galaxy M12 mendapatkan peningkatan yang tak main-main. Kamera utama tersebut beresolusi 48 MP. Tidak hanya itu, Samsung juga memberikan 3 kamera lainnya. Tidak banyak peningkatan pada kamera pendukung ini, 5 MP untuk kamera Ultrawide, 2 MP untuk kamera macro, dan 2 MP lagi untuk depth.

Untuk kamera depan juga masih sama dengan seri Galaxy M11, yaitu 8 MP. Meski begitu, telah terdapat fitur HDR untuk membuat gambar menjadi lebih tajam. Selain itu, kamera depan ini dapat mengambil video hingga resolusi 1080 pixels.

Itu tadi 6 spesifikasi utama dari Samsung Galaxy M12 yang perlu Anda ketahui. Hingga kini, masih belum ada kepastian tentang kapan Samsung akan merilis gawai tersebut ke Indonesia. Samsung juga tampaknya masih merahasiakan harga dari produknya tersebut sehingga belum diketahui berapa harga dari Samsung Galaxy seri M12. Jadi, bagi Anda yang menanti untuk membeli produk ini, harap bersabar.

To Top