Tech & Auto

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 Dibandrol Dengan Harga Fantastis

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 Dibandrol Dengan Harga Fantastis

This post is also available in: English

Di antara semua ponsel yang dimiliki Samsung, ada salah satu ponsel keluaran Samsung yang dibandrol dengan harga yang tinggi. Ponsel yang dimaksud adalah Samsung Galaxy Z Fold 2 yang merupakan bagian dari seri Galaxy Z.

Di China, Ponsel ini dikenal dengan nama Samsung Galaxy W21 5G. Ponsel ini berbentuk ponsel lipat, penerus Galaxy Fold yang hadir dengan beberapa peningkatan yang signifikan. Bisa dibilang Galaxy Z Fold 2 ini termasuk ponsel premium dengan spesifikasi tinggi dan desainnya yang begitu mewah sehingga sangat cocok untuk dimiliki oleh kaum sultan. Tidak heran jika Galaxy Z Fold 2 dibandrol dengan harga yang fantastis. Berikut ini spesifikasi dari Galaxy Z Fold 2. Yuk simak baik-baik!

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2

Desain

2 Warna Z Fold 2

Galaxy Z Fold 2 hadir dengan palet halus dengan warna-warna yang canggih dan  menampilkan kesan premium. Ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu warna Mystic Bronze dan Mystic Black. Pada bagian body belakang dibuat dengan Gorilla Glass 6 dengan bingkai alumunium sehingga bertekstur haze.

Samsung Galaxy Z Fold 2 termasuk ponsel lipat dimana jika terlipat akan terlihat seperti ponsel pada umumnya, sedangkan jika terbuka maka akan menjadi seperti tablet.

Desain Z Fold 2

Sebagai ponsel lipat, Galaxy Z Fold 2 menggunakan desain engsel Hideaway Hinge yang dibuat dengan mekanisme paling canggih. Bagian engsel ponsel dipadukan dengan mekanisme CAM yang membuat ponsel ini bisa berdiri dengan tegak. Selain itu, engselnya juga menggunakan teknologi Sweeper  untuk mencegah masuknya debu. Engsel ini menyokong dari 75o sampai 115o.

Galaxy Z Fold 2 memiliki berat 282 gram dengan ukuran yang begitu pas untuk dimasukkan ke tempat-tempat yang tidak terduga seperti dompet kecil, kantong baju, kantong, celana, dan lainnya ketika dilipat. Ketika ponsel ini dilipat memiliki dimensi ketebalan 16.8 mm dan saat dibuka, ponsel ini memiliki dimensi ketebalan sekitar 6,9 mm sehingga sangat nyaman ketika digenggam.

Di bagian body ponsel sebelah kanan terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor fingerprint yang terletak di bawah tombol volume. Di sisi body bagian kiri terdapat slot untuk SIM Card. Body ponsel bagian atas dan bawah terdapat lubang speaker yang didukung Dolby Atmos. Kemudian di bagian bawah juga terdapat port USB type-C tanpa port audio jack 3,5 mm.

Layar

Tidak seperti model sebelumnya, Galaxy Z Fold 2 memiliki layar yang dilindungi oleh kaca ultra tipis yang memiliki ketebalan 30 μm dimana layar yang digunakan mengadopsi dari Samsung Ultra Thin Glass. Desain yang ada di layar sampul Galaxy Z Fold 2 ini dibuat dari bahan Schott AG yang dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus yang membuat layar ponsel terhindar dari goresan. Lapisan tersebut hanya tersedia di ponsel Samsung Galaxy.

Layar Lipat Galaxy Z Fold 2

Karena ini ponsel lipat sehingga Galaxy Z Fold 2 memiliki dua layar. Kedua layar tersebut mendukung HDR10+. Ketika dilipat tertutup, layar cover depan Galaxy Z Fold 2 berdimensi 6.2 inci yang telah didukung dengan panel Super AMOLED.

Ketika lipatan dibuka, layar Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki dimensi 7.6 inci yang didukung dengan panel Dynamic AMOLED 2x. Layarnya mengusung Infinity –O dengan refresh gate hingga 120Hz dengan bezel tipis dan punch hole. Infinity Flex Display yang dapat meminimalkan adanya gangguan visual sehingga pengguna akan nyaman ketika streaming video atau film. 

Layar yang dimiliki Galaxy Z Fold 2 memiliki beberapa kelebihan diantaranya terdapat mode Flex dimana pengguna dapat menonton dengan layar dilipat 45o. Kemudian terdapat sistem App Continuity yang mana aplikasi akan terbuka secara otomatis di layar utama ketika lipatan ponsel dibuka.

Mode Flex Galaxy Z Fold 2

Kamera Samsung Galaxy Z Fold 2

Kamera Belakang Galaxy Z Fold 2
Camera Depan Galaxy Z Fold 2

Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki tiga kamera belakang yang disusun dalam modul bentuk persegi panjang ke bawah yang kekinian. Tiga kamera belakang terdiri dari kamera utama Wide f/1.8 dengan resolusi 12MP, kamera ultrawide f/2.2 beresolusi 12MP dan telephoto f/2.4 beresolusi 12MP. Untuk kamera depannya memiliki dua kamera yaitu kamera beresolusi 10MP yangterdapat di cover depan dan kamera 10MP yang berada di layar utamanya.

Performa

Galaxy Z Fold 2 memiliki performa yang begitu tangguh karena ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865+ dengan fabrikasi 7 nm+ yang didukung dengan CPU OctaCore Kyro 585 dimana chipset tersebut adalah chipset tercepat yang dimiliki Android.

Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas RAM dan memori internal. Galaxy Z Fold 2 ada yang memiliki RAM berkapasitas 12GB dengan memori internal 256GB, ada juga RAM dengan kapasitas 12GB dengan memori internal 512GB. Dengan demikian, ketika bermain game pun tidak akan menimbulkan lag ataupun membuat ponsel panas.

Untuk OS yang digunakan, Galaxy Z Fold 2 menggunakan sistem operasi Android 10 yang didukung dengan User Interface khas Samsung yaitu Samsung One UI. Ponsel ini telah mendukung jaringan 5G. Selain itu juga mendukung jaringan GSM dan LTE/4G.

Fitur Pendukung Samsung Galaxy Z Fold 2

Galaxy Z Fold 2 didukung dengan mode Muli Window yang telah ditingkatkan. Mode tersebut membuat  tiga aplikasi dapat ditempatkan dalam satu layar sekaligus dengan fitur drag and drop. Kemudian terdapat Split Screen Capture, fitur DeX untuk koneksi ke laptop dan smart TV, speaker stereo yang telah dituning oleh AKG yang juga mendukung Dolby Atmos dan fitur Link to Windows.

Fitur baru yang ada di Z Fold 2 adalah adanya fungsionalitas layar terbelah dengan mengaktifkan mode Fleksibel dimana mode tersebut kompatibel dengan aplikasi tertentu seperti YouTube dan Google Duo.

Baterai

Baterai Galaxy Z Fold 2

Samsung Galaxy Z Fold 2 menggunakan dua baterai dengan total kapasitas baterai sebesar 4.500mAh didukung dengan Fast Charging 25W. Adanya dua baterai tersebut membuat baterai ponsel menjadi tahan lama sepanjang hari. Ponsel ini diklaim dapat mengisi daya baterai hingga 100% dalam waktu sekitar 60-70 menit.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold 2 dibandrol dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 33.888.000 dimana harga tersebut masih cukup tinggi untuk masyarakat kelas bawah. Mahalnya harga ponsel tersebut tentunya sebanding dengan spesifikasinya yang tinggi serta desainnya yang mewah.

Itulah informasi mengenai spesifikasi dari salah satu ponsel mewah milik Samsung yaitu Galaxy Z Fold 2. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan informasi bagi kalian mengenai salah satu ponsel Samsung yang memiliki harga fantastis. Selamat membaca.

To Top