Tech & Auto

Fitur Kamera Keren, Inilah Spesifikasi Vivo V20 Resmi Rilis Di Indonesia

Vivo V20

This post is also available in: English

Perusahaan Vivo yang ada di Indonesia resmi merilis dua ponsel yang masuk ke dalam series V terbaru yaitu Vivo V20 dan V20 SE dalam sebuah acara virtual Grand Launch yang ada di Jakarta, Selasa (29/9/2020). Kedua ponsel ini tentunya memiliki spesifikasi menarik terutama fitur dalam kameranya.

Melalui Vivo V20, pihak Vivo terlihat ingin menghadirkan sebuah perangkat yang dapat menunjang apa yang saat ini sedang trend di kalangan  muda yaitu melakukan  selfie vlogging.  Vivo V20 merupakan salah satu inovasi dari teknologi  terbaik untuk mendukung generasi muda yang aktif sehingga dengan hadirnya V20 diharapkan dapat menunjang kebutuhan anak-anak muda dalam hal fotografi maupun vlogging. Berikut ini ulasan spesifikasi yang membawa fitur-fitur kamera keren. Simak ya!

Vivo V20

Layar

Vivo V20 menggunakan layar berdiagonal 6.44  inch HDR 10+ dengan panel AMOLED beresolusi Full HD+ dan screen ratio 20:9. Layar ponsel ini telah mengantongi sertifikat SGS Eye Care Display yang digunakan untuk mengurangi cahaya biru kurang dari 7,5 %. Di bagian layar atas terdapat punch hole sebagai lubang untuk kamera depan

Desain

Vivo V20 hadir dengan desain yang sangat minimalis namun tetap terlihat elegan. Untuk body ponsel,  desainnya sama seperti seri V sebelumnya yaitu body ramping, tipis, dan ringan sehingga dijuluki sebagai ponsel dengan tampilan “Ultra Sleek Design” yang membuat ponsel ini sangat nyaman digenggam dan mudah dimasukkan ke tempat-tempat kecil.

Pada bagian belakang ponsel didesain dengan menggunakan AG  Matte Glass yang akan memunculkan kilauan ketika terkena cahaya sehingga menimbulkan kesan elegan. Selain itu, di bagian belakang dilengkapi dengan Anti Fingerprint sehingga dapat melindungi ponsel dengan sidik jari

Vivo V20 menggunakan Dual Tone Step untuk pilihan warnanya. Ponsel ini hadir dalam dua pilihan warna yang terinspirasi dari indahnya alam dengan kombinasi warna beserta dengan komposisi artistik yang unik. Dua pilihan warna tersebut adalah Midnight Jazz  yang terlihat sangat misterius dengan warnanya yang hitam elegan dan Sunset Melody yang akan menimbulkan warna lain jika digerakkan ke arah yang berbeda.

Warna Sunset Melody yang berubah ketika ponsel digerakkan

Mengenai dimensi ketebalan, kedua pilihan warna Vivo V20 memiliki dimensi dan berat yang berbeda . untuk warna Midnight Jazz memiliki ketebalan 7.38 mm dengan berat 171 gram, sedangkan untuk Sunset Melody mempunyai ketebalan 7.48 mm dengan berat 172 gram.

Kamera Vivo V20

Kamera Depan

Pada kamera depan dibekali dengan 44 MP dengan teknologi Eye Autofocus dengan resolusi Ultra HD yang mampu mengunci fokus secara tajam dari jarak hanya 15 cm sehingga kefokusan pada hasil foto jauh lebih jernih dan fokus. Selain itu, Vivo V20 juga dibekali dengan teknologi Eye Tracking sehingga dapat mengikuti gerakan arah pandang mata secara leluasa meskipun tidak melihat kamera. Hal tersebut berguna agar foto yang dihasilkan jauh lebih jelas dan tidak blur.


Kamera Belakang

Pada bagian kamera belakang, Vivo V20 memiliki empat kamera yang didesain dalam modul berbentuk persegi yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera multimode (super wide angle + super macro+depth ) 8 MPdan kamera mono 2 MP serta adanya LED Flash. Super Night Mode, Art Portrait Video, dan Motion Fokus.

Fitur-fitur pendukung kamera

Kamera yang dimiliki Vivo V20 dilengkapi dengan beragam fitur AI untuk meningkatkan kualitas foto maupun video yang dihasilkan diantaranya

  • Super Night Mode
    Fitur ini digunakan untuk mendapatkan hasil foto maupun video terbaik pada kondisi suasana yang gelap sekalipun
  • Fitur 4K Selfie Video
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil rekaman video selfie beresolusi 4K  dnegan frame rate 30 fps. Dengan demikian, hasil rekaman video tersebut nantinya memiliki kualitas warna dan detal yang lebih tajam dibandingkan dengan kualitas 1080p.
  • Fitur Slo-Mo Selfie Video
    Fitur ini digunakan untuk merekam video selfie dengan gerakan yang lambat. Meskipun fitur ini menghasilkan video dengan resolusi 240 fps, namun tetap smooth
  • Fitur Art Portrait Video
    Fitur ini bisa menghasilkan video yang memberikan efek bokeh dan monokrom di selfie video
  • Fitur Selfie Softlight Band
    Fitur ini akan bekerja secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi pencahayaan sehingga memberikan efek potret yang lebih nyata
  • Steadiface Selfie Video
    Fitur ini digunakan untuk meredam guncangan ketika pengambilan foto maupun video sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil foto maupun video yang tetap jernih, tidak blur dan stabil.
  • Fitur Dual-View Video
    Fitur ini digunakan untuk merekam video dari kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Dalam fitur ini terdapat dua mode yaitu Picture in Picture dimana video selfie ditampilkan di jendela kecildan Dual View dimana video selfie diletakkan bersandingan dengan video kamera utama.

Performa Vivo V20

Berbicara mengenai performa yang dihasilkan,Vivo V20 memiliki performa sistem yang tangguh dengan kinerja yang menakjubkan serta konsumsi energi yang rendah. Hal itu dikarenakan  ponsel ini menggunakan system on chip Qualcomm Snapdragon 720 G dengan RAM sebesar 8 GB dan kapasitas memori internal 128 GB yang memungkinkan dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tanpa adanya kelambatan sistem. Selain itu, V20 juga mendukung slot MicroSD dan Dual Sim.

Jaringan seluler yang mendukung Vivo V20 ini mulai dari 2G, 3G hingga 4G LTE. Untuk baterai yang digunakan, ponsel dibekali dengan baterai 4.000 mAh yang didukung fitur pengisi daya cepat FlashCharge 33 Watt yang diklaim mampu mengisi daya baterai 65-66% hanya dalam waktu 30 menit. Untuk sistem operasi yang digunakan, V20 menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android 11 yang ddukung dengan sistem antarmuka khas Vivo yaitu FunTouch OS 11.

Fitur Pendukung

Fitur Vivo V20

Vivo V20 dilengkapi dengan beragam fitur pendukung diantaranya WiFi, Radio, USB, Bluetooth, GPS, Hotspot, FingerPrint Scanner, 3.55 mm Headphone Jack dan fitur NFC Multifunctions  yang digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo e-money. Di samping itu, fitur ini juga dapat digunakan sebagai pengganti dari kartu akses pintu apartemen ataupun kantor yang tidak terenkripsi

Kini, Vivo V20 sudah resmi dirilis dan didistribudkan di Indonesia. Ponsel ini bisa diperoleh melalui platform offline seperti Vivo Official Store, dan retail partner Vivo maupun platform online melalui situs atau aplikasi e-commerce partner seperti Tokopedia, Lazada, dan Akulaku. Vivo V20 dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp. 4.999.000. Meskipun mahal tetapi sebanding dengan kualitas ponsel beserta fitur-fitur yang di dalamnya.

Harga dan Spesifikasi Vivo V20

Layar– 6.44  inch HDR 10+ dengan panel AMOLED
– Resolusi Full HD+ (2.400×1080)
– Screen ratio 20:9
-Satu punch hole
-Sertifikat SGS Eye Care Display
Kamera DepanKamera utama 44 MP
Kamera Belakang– Kamera utama 64 MP
– Kamera multimode (super wide angle + super macro+depth ) 8 MP
– Kamera mono 2 MP
– LED Flash
ProcessorQualcomm Snapdragon 720 G
Sistem OSAndroid 11 berbasis FunTouch OS 11.
Jaringan2G, 3G, 4G LTE
Sim CardDual SIM (Nano SIM, Dual Stan-by)
Baterai4000mAh, FlashCharge 33 Watt
RAM8GB
Memori128 GB Slot MicroSD
Fitur lainWiFi, Bluetooth, GPS, Hotspot, FingerPrint Scanner, 3.55 mm Headphone Jack dan fitur NFC Multifunctions
WarnaMidnight Jazz  dan Sunset Melody
HargaRp. 4.999.000
Harga Vivo V20


Itulah ulasan mengenai spesifikasi dari Vivo V20 yang mengunggulkan kamera di dalamnya. Jika kalian berniat untuk berganti ponsel, kalian bisa membeli produk baru dari Vivo ini dan dijamin tidak akan menyesal. Semoga beruntung dan selamat mencoba!

To Top