Tech & Auto

Spotify Jadi Trending Twitter Setelah Musik Kpop Menghilang Dari Kakao M, Kenapa?

Spotify Jadi Trending Twitter Setelah Musik Kpop Menghilang Dari Kako M, Kenapa?

This post is also available in: English

Fans musik Kpop baik di Korea maupun internasional sudah tak dapat lagi menjumpai album maupun lagu Kpop favorit mereka di Spotify mulai tanggal 1 Maret 2021. Memang tidak semuanya, hanya musisi yang lagu-lagunya didistribusikan Kakao M saja yang menghilang dari aplikasi streaming musik tersebut.

Hal tersebut dikarenakan Kakao M sudah menghapus semua lagu yang didistribusikan oleh mereka melalui Spotify di seluruh dunia. Sempat membuat netizen heboh, Spotify akhirnya buka suara jika konten musik yang didistribusikan Kakao M sudah memasuki tenggat kadaluarsa lisensi mereka.

Dalam klarifikasi resminya, mereka mengatakan jika musik-musik tersebut bisa tetap didengar melalui Spotify harus ada persetujuan pembaruan lisensi.

“Terlepas dari usaha terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami punya dengan Kakao M sudah berakhir,” terang Spotify.

Kakao M sendiri telah mendistribusikan banyak musik asal agensi terbesar Kpop, namun lagu-lagu dari grup musik tersebut akhirnya benar-benar terhapus dari platform.

Hal ini pun membuat penikmat lagu-lagu Kpop dari seluruh dunia merasa kecewa. Hingga artikel ini dirilis, Spotify menjadi topik yang ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Total lebih dari 1,61 juta cuitan terkait dengan Spotify dan didominasi oleh perbincangan hilangnya sejumlah lagu Kpop di plaform tersebut.

Lihat Juga: Upgrade Terbaru, Spotify Berencana Menaikkan Harga Paket Pengguna Premium

Dikutip dari KoreaBoo pada (28/2/2021), berikut ini sejumlah artis Kpop yang lagu-lagunya tidak bisa ditemukan atau hilang dari situs tersebut.

  1. IU
  2. GFRIEND
  3. MAMAMOO
  4. MONSTA X
  5. SEVENTEEN
  6. (G)I-DLE
  7. LONNA
  8. BtoB
  9. The Boyz
  10. Sunmi
  11. Dreamcatcher
  12. Epik High
  13. Apinl
  14. SISTAR
  15. P1Harmony
  16. Cosmic Girls
  17. CRAVITY
Lihat Juga: Rekomendasi 8 Aplikasi Streaming Musik Terpopuler 2020, Apa Saja?

Selain daftar artis Kpop di atas, masih banyak artis lain yang lagunya menghilang dari Kakao M. Spotify sendiri mengatakan kalau pihaknya telah berupaya agar dapat membarui lisensi bersama Kakao M. Selain itu, mereka juga berharap agar kesepakatan tersebut segera tercapai.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top