Tech & Auto

Status WhatsApp Kemarin Jelaskan Layanan Barunya

Status WhatsApp Kemarin Jelaskan Layanan Barunya

Netizen pengguna smartphone terkejut dengan kemunculan status WhatsApp yang tidak seperti biasanya baru-baru ini, tepatnya Jumat (29/01). Kebijakan kali ini WhatsApp membagikan status lewat fitur aplikasinya sendiri.

Entah apa yang menjadi pertimbangan mereka, tapi kali ini menjadi sesuatu yang segar sekaligus aneh. Aplikasi ini memunculkan tanda tanya bagi pemilik HP smartphone yang memakai aplikasi WhatsApp karena tidak pernah ada sebelumnya.

Yang Baru Pada Status WhatsApp

Status WhatsApp
Yang Baru Pada Status WhatsApp

Jika kita melihat status WhatsApp secara sekilas, kita akan menemukan ada empat strip. Ini berjejer layaknya kita membagikan story setiap hari. Pada bagian awal mereka menuliskan story. Bunyinya adalah “WhatsApp is now on status, We’ll let you know about new features and updates here”.

Dari status pertamanya ini, kita mendapat informasi bahwa ada fitur yang baru pada perusahaan mereka. Ini berarti bahwa setiap kali mereka meluncurkan kebijakan baru ataupun fitur baru pada layanan mereka, kita bisa mengetahui informasi tersebut lewat storynya.

Pada strip kedua, mereka membagikan status di sosmed yaitu bertuliskan “One thing that isn’t new is our commitment to your privacy”. Disini kita diberitahu bahwa sejak dulu WhatsApp tidak ada perubahan untuk tetap melindungi privasi pemakai aplikasinya.

Kebijakan Baru Pasca Munculnya Story WhatsApp

Kebijakan Baru Pasca Munculnya Story WhatsApp
Kebijakan Baru Pasca Munculnya Story WhatsApp

Ini sekaligus menepis anggapan atau rumor yang menyebar di masyarakat bahwa WhatsApp akan meluncurkan kebijakan baru yang dianggap mereka bisa mengkhawatirkan keamanan privasi penggunanya.

Di status ketiga, WhatsApp membagikan tulisan berbunyi “WhatsApp can’t read or listen to your personal conversations as they’re end-to-end encrypted”. Ini menjadi kabar penyejuk bagi netizen yang merasa ragu atas keamanan privasinya ketika menggunakan jasa dari WhatsApp.

Pihak WhatsApp menjelaskan bahwa mereka menjamin atas data yang masuk lewat chat maupun telpon tidak akan bocor kepihak ketiga. Itu dikarenakan aplikasi tersebut sudah terlindungi dengan sistem kunci yang hanya memungkinkan kedua belah pihak sajalah yang dapat mengaksesnya. Jadi, tak perlu risau lagi ya.

Strip terakhir pada status WhatsApp itu berisi ajakan kepada kita untuk terus memantau informasi dari mereka melalui storynya untuk mengetahui informasi yang mereka bagikan selanjutnya. Dari statusnya yang terakhir ini berarti ke depan akan ada status-status lanjutan yang mereka share disitu. Siap-siap aja deh ya.

Menelisik Kebijakan WhatsApp

Seperti yang heboh diberitakan sebelumnya, 15 Januari 2021 kemarin, bahwa dalam waktu dekat pihak WhatsApp akan mengumumkan kebijakan barunya yakni bertukar data kepada induk perusahaannya yaitu Facebook. Ibarat ibu dan anak kandungnya, mereka sudah seperti satu keluarga yang saling tau informasi anggota keluarganya.

Kabarnya, mereka berdua akan berbagi akses data terkait nomor WhatsApp, nama dan foto profilnya, dengan siapa saja pengguna berkomunikasi lewat aplikasi hijau tersebut. Tak hanya itu, transaksi keuangan yang dilakukan di dalamnya, kabarnya juga akan tersorot.

Kebijakan Baru yang Mundur

Namun, dalam perjalanan, kebijakan tersebut akan mundur untuk berlaku hingga tengah Mei 2021. Pihak WhatsApp mengaku, dengan diundurnya diberlakukan kebijakan sinkron data, akan memberikan sosialiasi lebih dalam kepada penggunanya sehingga lebih terpahami maksud baik mereka.

Kebijakan yang hendak dilakukan oleh aplikasi hijau ini, tentunya juga mendapatkan respon dua sisi dari netizen. Untuk kemudahan akses, sinkronisasi adalah hal yang memudahkan penggunanya. Hal tersebut bisa terjadi karena kita sebagai pengguna pebih dari satu sosial media terkadang mengalami kesulitan akses karena lupa password atau kata sandi di sosmed tertentu.

Nah, dengan tersambungnya satu sosmed ke sosmed lainnya, maka jika kita lupa kata sandi di satu sosmed, kita bisa masuk lewat akses sosmed yang selainnya.

Di samping itu, rumor yang beredar tentang efek negatif dari berbagi akses adalah pada jaminan privasi penggunanya. Dengan adanya akses sosmed yang sinkron, maka secara tidak langsung kita menyetujui berbagi akses data pribadi kita. Terutama kepada pihak lain yaitu sosmed yang tersambung, dalam hal ini Facebook.

Fakta lain, mereka yang keberatan adanya fitur sinkron data antara WhatsApp dengan Facebook. Yaitu adalah karena mereka tidak mau identitasnya tersebar di salah satu sosmed itu. Terkadang kita memiliki identitas tertentu yang kita pakai di satu sosmed.

Bisa jadi itu identitas berbeda yang kita pakai pada sosmed selainnya. Dengan berbagai alasan, fakta itu terjadi di lapangan dengan jumlah yang tidak sedikit. Terbukti dari banyaknya fake akun yang berseliweran pada beranda kita.

Terlepas dari pro kontra kebijakan yang akan WhatsApp buat ada beberapa info penting. Banyak netizen menduga bahwa kemunculan stori baru berwarna hijau pada sosmed mereka baru-baru ini. Tentu ada hubungannya dengan mundurnya kebijakan yang akan pihak WhatsApp tersebut buat.

Respon netizen dari Status Whatsapp

Respon netizen dari Status Whatsapp

Melihat adanya tampilan status WhatsApp yang berbeda dengan kemarin, banyak respon yang lalu lalang pada berbagai sosmed, Twitter misalnya. Ramai jamaah pengguna Twitter mengomentari dengan mengcapture status WhatsApp lengkap dengan membuat tagar hingga menjadi trending topik.

Antara cuitannya, “Ada yang ingin berkomitmen bun, berat nih”. Ada juga yang mengomentari dengan nada menyindir, ” Ada yang kebakaran jenggot gan,” tulis salah satu akun Twitter. Dari banyaknya respon tersebut bisa kita baca bahwa memang untuk saat ini platform WhatsApp menjadi buah bibir masyarakat dunia maya.

Banyak harapan terselip dalam sindiran. Alih-alih mengabaikan, pihak WhatsApp ternyata juga bertindak seperti adanya status WhatsApp Jumat (29/01) kemarin. Semoga ke depan, kita bisa nyaman menggunakan aplikasi sejuta umat ini. Tentunya tanpa ada rasa khawatir. Karena privasi data yang sudah selayaknya tidak menjadi hal sepele oleh perusahaan manapun.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top