Tech & Auto

Super Mario 3 Jadi Game Termahal Di Dunia

Super Mario 3

Para gamer pasti tidak asing dengan Super Mario, game dengan tokoh yang memiliki kumis tebal dan berbaju merah ini sudah hadir di berbagai game bikinan Nintendo sejak 35 tahun lalu. Toloh game ini bukanlah sosok superhero, melainkan tukang ledeng. Pemilihan karakternya sebagai profesi tukang ledeng memang disengaja, ungkap Shigeru Miyamoto yang merupakan pencipta Mario.

Mario bahakn sempat menjadi tukang katu di game arcade Donkey Kong pertama yang bernama “Jumpman”. Karakter ini tidak diciptakan sebagai sosok tokoh istimewa yang mempunyai banyak kelebihan. Ia hanyalah manusia dan memiliki kedekatan dengan dunia sehari-hari, sehingga menjadikannya sebagai karakter yang fleksibel.

Pecahkan Rekor Game Termahal

Cartridge atau “kaset” original konsol NES (Nintendo Entertainment System dari seri Super Mario Bros berhasil memecahkan rekor sebagai game termahal di dunia. Balai lelang Heritage Aucation yang berada di kota Texas, Amerika Serikat baru-baru ini menjula salah satu koleksi game lawas, Super Mario Bros 3 sekitar 2,2 miliar rupiah.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Super Mario Bros seri pertama yang laku terjual 1,6 miliar rupiah. Hal ini menjadikan seri Super Mario Bros berhasil menyandang gelar game termahal di dunia sepanjang masa. Tidak disebutkan siapa orang yang membeli game harga selangit itu.

Namun ada beberapa alasan yang membuat para kolektor rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkannya. Pertama, kaset game tersebut masih dilapisi oleh stiker original dan masih tersegel rapat. Skor pengemasannya pun mendapat nilai 9,2 dari Wata Games dengan kondisi segel A+. Artinya, kondisi fisik cartridge tersebut masih bagus, dan belum dimainkan.

Alasan kedua yaitu, cover art dari kaset game yang dilelang tersebut berbeda dari versi lainnya. Karena, kata “Bros” yang melapisi bagian depan kaset diletakan di sisi kiri, lebih tepatnya di bawah judul “Super Mario”. Berbeda dengan versi reguler yang meletakkan kata “Bros” di sisi kanan, atau berada di atas topi Mario. Kondisi seperti diyakini sangat langka, sehingga tidak heran kalau para kolektor game jadul rela merogoh kocek yang tidak sedikit.

Edisi Spesial Ulang Tahun Ke-35

Pada tahun ini Super Mario Bros merayakan ulang tahunnya yang ke-35. Untuk merayakannya, Nintendo merilis Game Watch atau gimbot” dalam versi yang lebih modern dibanding dengan versi aslinya.

Cukup berbeda dengan versi aslinya, Game Watch Super Mario Bros dengan versi modern ini menggunakan LCD berwarna. Konsol game ini juga bisa digunakan untuk bermain game Super Mario Bros: The Lost Lavel dan Game & Watch: Ball. Kalau anda belum tahu, Ball merupakan game Super Mario yang dimainkan dengan dua tombol untuk menahan bola tetap di arena sambil membasi jamur yang merupakan musuh Mario. Walaupun lebih modern, desain dan Control Pad Game Warch ini masih menggunakan versi lamanya, yang telah rilis pada tahun 1980 lalu. Seperti versi aslinya, perangkat ini juga bisa digunakan untuk bermain game sekaligus sebagai penunjuk waktu dalam bentuk digital.

Selain itu, Nintendo juga menambahkan 35 “sentuhan kecil” dan pesan tersembunyi yang menjadi ciri khas game ini. Karena sudah cukup lama ada, mungkin salah satu versi game Mario Bros ini pernah menemani masa kecil kalian.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top