Tech & Auto

Tahap Pembaharuan MIUI 12.5 Untuk Ponsel Xiaomi

Kelebihan dan Tahap Pembaharuan MIUI 12.5 Ponsel Xiaomi

This post is also available in: English

MIUI 12.5 akan segera hadir sebagai pendukung teknologi beberapa ponsel dari perusahaan gadget ternama asal negeri tirai bambu, yaitu Xiaomi. Apabila Anda merupakan salah satu pengguna ponsel besutan Xiaomi, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan MIUI.

MIUI merupakan sebuah perangkat tegar stok hasil pengembangan Xiaomi. MIUI ini mencakup segala macam fitur yang tidak tersedia pada stok Android. Oleh karena itu, Xiaomi mengembangkan MIUI dengan harapan dapat melengkapi kekurangan pada Android.

Sebelumnya, Xiaomi telah hadir dengan MIUI terbarunya yaitu MIUI 12. Kini, Xiaomi telah memperbarui kembali perangkat miliknya tersebut dengan versi yang lebih baru.  Versi terbaru tersebut, yaitu MIUI 12.5.

Sebelumnya Xiaomi telah memperkenalkan perangkat MIUI versi 12.5 tersebut di negara asalnya, China. Sebelum pada akhirnya Xiaomi melakukan oerilisan secara global. Pembaruan tersebut lebih berfokus untuk desain yang lebih baik, dan juga untuk memberikan performa yang lebih baik daripada MIUI 12.

MIUI versi 12,5 mencakup beberapa bloatware yang khas dan istimewa ada pada smartphone milik Xiaomi. Kini, dalam MIUI 12.5 ada beberapa bloatware yang tidak akan lagi Anda temukan, diantaranya Mi Calculator, Notes App, Compass, Weather, Scanner, hingga MI Recorder.

Kelebihan MIUI 12.5

Kelebihan MIUI 12.5
Kelebihan MIUI 12.5

Meski terdapat penghapusan untuk beberapa aplikasi bawaannya. MIUI versi 12,5 tentu hadir untuk mengembangkan beberapa fitur yang telah ada sebelumnya. Berikut ini kelebihan dari MIUI 12.5.

1. Menyembunyikan Aplikasi

Jika sebelumnya Anda tidak dapat menyembunyikan beberapa aplikasi dengan alasan privasi atau mengotori home, kini sudah lain cerita. Xiaomi tampaknya memperhatikan hal tersebut dan memperbaikinya.

Kini, Dalam pembaruan MIUI versi 12.5, Anda dapat menyembunyikan beberapa aplikasi bawaan dari Xiaomi. Aplikasi bawaan yang dapat Anda sembunyikan tersebut antara lain, Themes, Mi Music, Downloads, Mi Calculator, hingga Mi File Manager. Anda perlu menyembunyikan aplikasi yang rawan dengan privasi Anda.

2. Keamanan

keamanan MIUI 12.5
Contoh Tampilan MIUI Version Terdahulu yang Akan Diupgrade

Pembaruan pada MIUI 12.5 tersebut memberikan beberapa perubahan pada sistem keamanan yang terdapat pada ponsel. Pengguna tidak hanya mendapatkan kontrol atas aplikasinya secara terbatas. Kontrol tersebut akan lebih luas dan mencakup lebih banyak hal. Dengan hal tersebut, Xiaomi berharap dapat melindungi privasi penggunanya dengan lebih baik.

3. Super Wallpaper

Versi MIUI sebelumnya memiliki wallpaper yang beragam melalui aplikasi bawaan dari MIUI. Kini, pengguna ponsel Xiaomi dapat menikmati wallpaper yang lebih beragam.

Xiaomi memperkenalkan fitus Super Wallpaper untuk pengguna gunakan pada layar belakang (Background). Super Wallpaper tersebut memiliki beberapa variasi gambar pegunungan, seperti : Siguniang Mountain, Shipwreck Bay, dan Blade’s Edge Mountain.

4. Performa MIUI

Xiaomi mengklaim bahwa performa dari MIUI 12.5 akan jauh lebih baik dari MIUI versi sebelumnya. MIUI versi 12.5 memiliki konsumsi daya yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan MIUI 12 dan sebelum-sebelumnya. Bahkan keiritan penggunaan daya MIUI versi 12.5 ini mencapai 15 persen lebih rendah.

Tidak hanya pada penggunaan daya, MIUI versi 12.5 juga diklaim lebih irit dalam hal penggunaan memori. Bahkan persentasenya hingga 20 persen lebih irit.

Tahap Peluncuran MIUI 12.5

Peluncuran MIUI 12.5
Tahap Peluncuran MIUI 12.5

Peluncuran MIUI 12,5 tidak akan langsung selesai pada satu kali tahapan. Xiaomi rencananya akan melakukan peluncuran hingga dua tahap. Tahap-tahapan tersebut akan melalui peluncuran gawai baru hingga pembaruan pada ponsel-ponsel Xiaomi.

Apabila Anda merupakan pengguna setia ponsel Xiaomi, coba perhatikan dengan baik tahapan yang ada pada artikel ini. Siapa tahu ponsel milik Anda kebagian MIUI 12.5 yang terbaru.

Untuk melakukan pembaruan pada ponsel milik Anda agar MIUI meningkat pada versi 12.5, Anda dapat mengecek pada setting atau pengaturan. Kemudian, apabila terdapat pembaruan pada Software Setting, Anda hanya perlu untuk menekan tombol Upgrade Now. Dan ponsel Anda telah mendapatkan pembaruan MIUI 12.5.

Meski Xiaomi mengatakan bahwa sebanyak 20 perangkat seluler yang akan mendapatkan pembaruan MIUI versi 12.5, tapi hingga saat ini tidak demikian. Kini, hanya sebanyak 16 perangkat seluler dari Xiaomi yang terkonfirmasi akan mendapatkan pembaruan MIUI versi terbaru.

Berikut ini dua tahapan peluncuran dan ponsel yang akan mendapat kan pembaruan.

1. Tahap Pertama

Tahapan pertama ini akan terlaksana pada Kuartal kedua sekitar bulan april 2021. Terdapat 5 ponsel yang mendapatkan pembaruan MIUI. Antara lain, Xiaomi MI 11, Xiaomi Mi 10 Pro, Xiaomi MI 10, Xiaomi MI 10T Pro, hingga yang terakhir adalah Xiaomi MI 10 T.

2. Tahap Kedua

Berbeda dengan tahapan yang pertama, pada tahap kedua ini terdapat banyak ponsel yang mendapat pembaruan MIUI. Tahapan kedua ini akan terlaksana sekitar akhir bulan Juni 2021. Sebanyak 11 perangkat seluler mendapatkan pembaruan. Mulai dari Xiaomi MI 10 Lite 5G, Xiaomi MI 10T Lite, Xiaomi MI Note 10 Pro, Xiaomi MI Note 10, Xiaomi MI Note 10 Lite.

Baca Juga : Harga Dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 11 Yang Resmi Rilis Di China

Selain MI 10, perangkat seluler seperti Redmi Note 9T, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9S, Redmi Note 9, Redmi Note 8 Pro, dan Redmi 9 mendapatkan pembaruan.

Apakah ponsel Anda salah satu yang mendapatkan pembaruan tersebut? Tentu Anda harus senantiasa mengecek update pada perangkat seluler Anda. Sebab biasanya setiap perangkat Xiaomi akan menerapkan sistem update secara otomatis.

Apabila perangkat Anda tidak mendapatkan notifikasi, Anda perlu memperbarui MIUI secara manual. Pembaruan secara manual dapat Anda lakukan melalui Updater, TWRP, Fastboot, atau aplikasi lain yang menjadi Andalan Anda.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top