Tech & Auto

Tarif Parkir Di Jakarta Bakal Naik, Bisa Rp 60.000/Jam

Tarif Parkir Di Jakarta Naik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menaikkan tarif kendaraan mobil dan motor di sejumlah titik. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan kebijakan tersebut diberlakukan untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik.

“Tarif parkir terus naik di seluruh dunia beriringan dengan pendapatan, kemampuan, dengan kemacetan. Salah satunya kita usahakan agar orang beralih ke transportasi publik,” tutur Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Selain itu, Riza meyakini kebijakan tersebut juga terkait dengan pengurangan kemacetan di Jakarta. Walau begitu, ia menegaskan ini bukanlah satu-satunya upaya untuk mengentaskan kemacetan di Ibu Kota.

“Ya mengurangi kemacetan kan bukan saja satu sumber, tak hanya lewat tarif parkir, banyak cara lainnya. namun itu sangat berkaitan ya. Satu sama lain tersambung dengan baik,” terangnya.

“Saat ini masih penggodokan dan kajian,” lanjut Riza.

Seperti diketahui, tarif parkir motor dan mobil di DKI Jakarta akan naik. Hal tersebut nantinya termuat dalam revisi Pergub (Peraturan Gubernur) Provinsi DKI Jakarta No.31 Thn 2017.

Lihat Juga: Telan Anggaran 28 Miliar, Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Bakal Dibongkar

Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Perparkiran Dina Perhubungan Jakarta Dhani Grahutama menuturkan tarif parkir paling tinggi akan diberlakukan pada kendaraan yang bersinggungan dengan angkutan umum massal. Di mana kendaraan Golongan A untuk mobil dapat mencapai 60.000 rupiah/jam dan Golongan B 40.000 rupiah/jam.

“Tarif parkit tinggi diberlakukan kepada koridor utama angkutan umum missal meliputi ruas-ruas jalan utama pada koridor dan ruas jalan di sekitar jalan utama dengan batasan tertentu,” kata Dhani, Selasa (22/6/2021).

Sementara untuk motor di Kawasan Pengendali Parkir (KKP) Golongan A diwacanakan paling tinggi 18.000 rupiah/jam sedangkan Golongan B 12.000 rupiah/jam. Biaya parkir ini akan diberlakukan untuk offstreet dan onstreet di lahan milik Pemda.

Saat ini sendiri parkir mobil Golongan A paling tinggi yaitu Rp 9.000/jam dan Golongan B mencapai Rp 6.000/jam. Sedangkan parkir motor tertinggi untuk Golongan A Rp 4.500/jam dan Golongan B Rp 3.000/jam.

Nantinya, kenaikan tarif parkir juga berlaku di lahan milik swasta walaupun biayanya lebih murah. Usulan dari Pemprov DKI tarif parkir tertinggi di swasta yaitu Rp 25.000/jam.

To Top