Tech & Auto

Teknologi Isocell GN2 untuk Produk Samsung Terbaru

Teknologi Isocell GN2 yang Disematkan untuk Produk Samsung Terbaru

This post is also available in: English

Lagi-lagi Samsung memberikan kabar gembira untuk pecinta teknologi handphone, sebuah Isocell GN2 akan disematkan pada produk terbaru. Ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan gambar bagus dengan mudah. artian ‘bagus’ adalah untuk mendapatkan gambar yang jernih, fokus, dan kecerahan yang sesuai.

Bukan hanya untuk dapatkan gambar bagus saja, namun mendapatkan gambar bagus dengan effortless. Dengan begitu, pengguna handphone dengan fitur kamera ini tidak perlu waktu lama-lama untuk menyesuaikan fokus, kecerahan, dan kejernihan yang Anda inginkan.

Kabarnya, Isocell GN2 dari Samsung ini bisa-bisa saja memberikan hasil gambar dengan kualitas 100 megapixel. Bisa mencapai ukuran tersebut meski resolusi native hanya sebesar 50 megapixel saja.

Harus Anda pahami awal bahwa Isocell GN2 ini kabarnya akan tersemat pada handphone-handphone Samsung kelompok seri Galaxy saja. Untuk kelompok seri lainnya mungkin akan menyusul, atau akan lengkap dengan fitur teknologi terbaru lainnya? Mari kita berkenalan dulu dengan teknologi terbaru dari Samsung ini dulu.

Tentang Isocell GN2

Tentang Isocell GN2
Tentang Isocell GN2

Isocell menjadi sebuah inovasi dalam bentuk teknologi yang tepatnya pada fitur kamera handphone. Kendalanya selama ini adalah kesulitan para pengguna untuk mendapatkan hasil gambar yang benar-benar tepat pada fokusnya. Memang sulit terkadang, bisa itu karena pengambilan gambar secara outdoor, pengambilan dengan tangan yang sering bergetar, bisa juga karena teknologi pada handphone nya yang memang kurang canggih.

Isocell seri GN2 ini dihadirkan untuk memberikan solusinya. Dengan teknologi ini, pengguna handphone mungkin tidak akan membutuhkan penstabil untuk bisa dapatkan gambar sempurna dengan handphone saja.

Siapapun yang akan mengambil gambar, tetap punya kesempatan untuk bisa dapatkan gambar bagus. baik itu yang masih pemula maupun yang sudah profesional pada bidang fotografi.

Jadi, Isocell ini ada sebagai teknologi canggih yang bisa membuat kamera semakin ‘profesional’. Informasi tambahannya, Samsung memang sudah berikan fitur kamera yang cukup sempurna pada keluaran sebelum ini. Bisa autofokus, namun tetap saja ada perbandingan antara teknologi sebelumnya dengan teknologi terbaru ini.

Jika tak ada perbedaannya, untuk apa Samsung membuat inovasi ini dan sudah memantapkan untuk menyelamatkannya pada handphone? Sampai sekarang belum ada pengumuman terkait seri Galaxy mana saja yang akan punya teknologi ini.

Cara Kerja Isocell GN2

Cara Kerja Isocell GN2
Cara Kerja Isocell GN2

Nama teknologinya memang Isocell, namun teknologi spesifik yang akan diterapkan disebut dengan Dual Pixel Pro. Jadi, jika sebelumnya Anda berjumpa dengan teknologi Dual Pixel, kali ini Anda akan mendapatkan Dual Pixel Pro.

Karena berwujud sebagai Dual Pixel Pro, autofokus yang bisa dilakukan kamera akan lebih canggih dan tepat sasaran. Bukan berarti Dual Pixel tidak bisa tepat sasaran, hanya saja yang Dual Pixel Pro ini bisa sangat tepat sasaran.

Akan kurang pembahasan cara kerja Isocell ini jika hanya membahas Dual Pixel Pro saja. Dual Pixel Pro akan memberikan kecanggihan pada bagian autofokus, namun tahukah Anda apa alasannya?

Teknologi ini bisa menciptakan perubahan pada deteksi fasa. Adapun deteksi fasa yang biasa ada pada teknologi kamera masa kini antara lain phase-detect AF, pernah dengar namanya?

Oleh Dual Pixel Pro yang akan tersemat pada Samsung, phase-detect AF yang biasanya hanya mengubah titik menjadi garis vertikal, kini juga bisa mengubahnya menjadi garis miring.

Perubahan arah atau bentuk garis fasa inilah yang membuat autofocus lebih canggih dari sebelumnya. Juga membuat sebuah kamera bisa lebih tepat sasaran meski tanpa harus penggunanya atur.

Dari yang tadinya hanya bisa melakukan deteksi garis, ke atas, ke bawah, kanan, dan kiri, kini sudah bisa mendeteksi secara miring juga. Itu pun masih ada dengan sentuhan akhir berupa penguncian fokus secara otomatis. Fokus tidak akan berpindah-pindah meski tangan goyang.

Keuntungan yang Didapat Pengguna

Keuntungan Isocell GN2
Keuntungan yang Didapat Pengguna

Samsung memang belum secara resmi menyebutkan seri mana saja yang akan memiliki teknologi atau inovasi terbaru ini. namun, sneak peek dulu apa saja yang akan Anda dapatkan oleh pengguna tidak salah bukan?

Berdasarkan penjelasan cara kerja Isocell GN2 tersebut, Anda bisa mendapatkan pengalaman mendapatkan gambar yang minim usaha. Jika biasanya Anda harus memencet-mencet layar demi letak atau titik fokus yang tepat, kini hal ini sudah tidak Anda perlukan lagi.

Isocell ini akan melakukan pencarian fokus secara otomatis. Boleh jadi sebelumnya Anda pernah berjumpa kamera handphone Samsung yang sudah cari fokusnya sendiri saat akan membidik gambar. Yakinlah bahwa apa yang akan Anda dapat dari Isocell ini akan lebih canggih.

Keuntungan lainnya adalah penggunanya bisa dapatkan video dengan kualitas full HD apabila menggunakan frame rate sebesar 480 fps.Dan apabila menggunakan frame rate sebesar 120 fps saja, sudah bisa mengambil video dengan kualitas 4K.

Sangat canggih tentunya, sebab sebelumnya tidak ada kamera dengan frame rate 120 frame per second yang bisa berian video dengan kualitas 4K. Dari yang sudah-sudah, frame rate sebesar ini hanya bisa berikan 300 hingga 400 an pixel saja.

Tak ketinggalan keuntungan soal besarnya kualitas gambar yang terambil. Sebab Isocell GN2 ini tak hanya akan berikan pengalaman menyenangkan dalam mengambil gambar saja, namun pengalaman mendapatkan hasilnya juga.

Hasil gambar yang akan terjepret dengan kamera yang punya teknologi Isocell GN2 adalah gambar dengan kualitas mencapai 100 megapixel. Mungkin akan ada ukuran megapixel yang kurang dari ini saat handphone nya rilis nanti. Namun berdasarkan perhitungan algoritma phase nya, pengguna bisa-bisa saja mendapatkan gambar hingga setara kualitas ini. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top