Tech & Auto

Teknologi Ramah Lingkungan Tahun Lalu, Apa Kejutan Tahun Ini?

Kilas Info Teknologi Ramah Lingkungan Tahun Lalu, Apa Kejutan Tahun Ini?

Teknologi ramah lingkungan merupakan inovasi baru yang diciptakan dengan kecanggihan yang modern dengan tujuan agar lingkungan tetap seimbang. Manfaat teknologi ramah lingkungan dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang bisa membahayakan bagi kesehatan penduduk bumi.

Tentu saja semakin bertambahnya populasi penduduk bumi sangat berpotensi mengkhawatirkan bagi kesehatan manusia akibat limbah suatu produk. Oleh sebab itu, perlunya karya inovatif. Karya inovatif inilah yang nantinya akan membuat suatu dobrakan baru yang bersifat mengembangkan suatu energi, memodifikasi untuk meningkatkan suatu kualitas kemajuan hidup manusia nantinya.

Karya Anak Bangsa Berteknologi Ramah Lingkungan

Kreativitas anak bangsa sudah banyak yang go international. Hal ini karena sudah banyak bukti yang mengatakan bahwa mereka sanggup untuk menemukan beberapa penemuan yang sangat luar biasa. Generasi penerus bangsa memiliki beragam karya yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup masa depan.

Karya anak bangsa yang unik tak lain adalah teknologi yang ramah lingkungan, sehingga menghindari kerusakan alam. Penemuan-penemuan tersebut tidak hanya mendapatkan apresiasi dari dalam negeri, namun mereka juga mendapatkan banyak dukungan serta penghargaan dari luar negeri.  Apa sajakah karya anak bengsa yang tersebut?

1. Motor Listrik

Karya Anak Bangsa Berteknologi Ramah Lingkungan
Karya Anak Bangsa Berteknologi Ramah Lingkungan

Motor yang selama ini ada kebanyakan masyarakat bisa menimbulkan dampak polusi udara. Udara yang tercemar bisa menyebabkan dampak yang lebih buruk lagi, hingga lapisan ozon yang menipis akibat pemanasan global. Teknologi ramah lingkungan telah anak bangsa ciptakan sebagai solusi dari pemanasan global.

Teknologi ramah lingkungan bidang industri telah tercipta yakni motor dengan bahan bakar listrik.  Mahasiswa institut Sepuluh November mengembangkan teknologi motor listrik dengan kapasitas baterai sebesar 5000 Wh. Lama charger sekitar 4 jam yang bisa untuk perjalanan dalam jarak tempuh 80 km hingga 100 km.

Bahkan baru-baru ini,Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memperkenalkan dengan bangganya tentang inovasi ramah lingkungan yang telah mereka ciptakan tersebut. Ia mengatakan bahwa motor listrik ini dapat Anda pakai untuk menunjang kampanye demi mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

Ternyata inovasi ini juga terus mendapat perhatian yang teliti oleh mahasiswa mahasiswa kota semarang dengan harapan dapat mengurangi populasi yang sekarang sedang padat di Kota Semarang.

2. Lampu Seumur Hidup

Lampu memiliki masa hidup. Suatu saat dayanya tidak bisa Anda gunakan lagi sebagai penerang, sehingga perlu ada pergantian. Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dari Universitas Brawijaya menciptakan suatu teknologi mengatasi masalah krisis energi listrik dengan lampu seumur hidup.

Artinya, masa hidup lampu berumur panjang alias tak gampang rusak. Mahasiswa tersebut memanfaatkan bakteri Bioluminescence agar lampu bisa bertahan dalam seumur hidup. Selain ayu, adanya teknologi pendukung yakni, biolie. Uniknya dari teknologi ini mampu menerangi hingga 68 meter karena adanya bakteri yang bisa menghasilkan 10.68 Watt.

Dari penemuan ini kita tahu bahwa ternyata bahkan sebuah bakteri dapat sangat bermanfaat sebagai teknologi ramah lingkungan. Penggunaan lampu ini sebaiknya harus dengan pengetahuan juga.

Karena bakteri yang ada merupakan bakteri yang hidup pada tubuh cumi cumi, dan untuk bisa merawatnya Anda harus dapat memberikan bakteri itu nutrisi seperti sayuran yang sudah Anda fermentasikan.

3. Teknologi Ramah Lingkungan Pendingin Tanpa Listrik

Teknologi Ramah Lingkungan Pendingin Tanpa Listrik
Teknologi Ramah Lingkungan Pendingin Tanpa Listrik

Tak disangka teknologi ramah lingkungan ini tercipta dari karya oleh seorang siswa yang duduk di bangku SD. Pendingin sederhana selayak kulkas tanpa listrik ini menghasilkan inovasi yang menakjubkan hingga mengantarkan keberhasilannya dalam mendapatkan medali perunggu.

Materi teknologi ramah lingkungan tersebut hanya dengan styrofoam, pasir, kaleng, dan air dingin. Tujuan teknologi ramah lingkungan sebagai cara alternatif mendapatkan energi dan tentunya bisa menghemat pengeluaran. 

Prinsipnya yaitu memanfaatkan energi yang bisa diperbarui sebagai bahan alternatif untuk kepentingan keberlangsungan hidup mania. Dalam hal teknologi pendingin tersebut tanpa menggunakan energi listrik, sehingga memberikan solusi krisisnya listrik.

4. Teknologi Ramah Lingkungan Kompor Hidrogen

Salah satu contoh penerapan teknologi ramah lingkungan adalah pembuatan kompor hidrogen yang dilakukan anak bangsa. Siapakah yang menciptakan teknologi tersebut? Ya, dari mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia inilah yang menciptakan ide brilian tersebut hingga saat ini membentuk sebuah CV.

Latar belakang dari inovasi tersebut berawal adanya kelangkaan gas elpiji pada suatu kampung. Suatu solusi tersebut digunakan untuk keluar dari masalah tersebut. Tak hanya menuntaskan masalah, ternyata teknologi ini sangat ramah lingkungan daripada elpiji.

Seperti pada prinsipnya bahwa syaratnya tidak lain bisa menyeimbangkan dengan kondisi lingkungan agar tetap sehat.

5. Penyegar Udara Dari Kotoran Sapi

Penyegar Udara Dari Kotoran Sapi
Penyegar Udara Dari Kotoran Sapi

Hal ini termasuk penemuan yang tidak disangka sangka akan menarik banyak orang. Kita semua tahu bahwa kotoran sapi memiliki bau yang sangat menyengat. Namun ternyata hal ini tidak membuat Dwi Nailul .I. serta partnernya Rintya A.M. menyerah.

Penermuan penyegar udara ini bermula dari keresahan mereka tentang zat kimia berbahaya yang ada di penyegar udara pada umumnya. Mereka ingin mengolah limbah itu menjadi sesuatu yang unik dan kemudian terciptalah penemuan ajaib ini.

Meskipun penyegar ini terbuat dari kotoran sapi, tapi sebenarnya penyegar udara ini tidak benar benar murni dari kotoran sapi. Mereka menyempurnakan limbah tersebut dengan menambahkan aroma dari tumbuhan-tumbuhan alami disekitar mereka. Penemuan ini tergolong aman digunakan karena berasal dari makanan sapi yang telah dicerna dengan baik dan kemudian diolah.

Teknologi yang ramah lingkungan bisa membantu mengentaskan krisis suatu energi. Masyarakat hendaknya mendukung akan teknologi inovatif tersebut.

Dampak baiknya begitu beragam, selain menghemat pengeluaran. Teknologi yang telah diciptakan anak bangsa ini seharusnya dikembangkan terus menerus hingga menjadi suatu produk yang bisa diandalkan hingga mampu bersaing di ranah perdagangan internasional.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top