Tech & Auto

Ini Tips Mencegah Android dari Panas yang Perlu Diketahui!

iPhone 7 Tahan Air Walaupun Tidak Sekuat Galaxy S7 !!!!

Beredarnya ponsel cerdas di masyarakat kini tidak hanya dari satu atau dua vendor saja. Beberapa pemain baru turut meramaikan persaingan di bisnis ponsel cerdas. Jika beberapa vendor memilih untuk memproduksi ponsel cerdas mereka menggunakan sistem operasi milik mereka sendiri, lain halnya dengan kebanyakan perusahaan yang memilih untuk memproduksi perangkat keras ponsel dan menggunakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh perusahaan lainnya yaitu Android. Sejak kemunculannya, sistem operasi Android cukup membuat beberapa perusahaan meliriknya hingga membuat Raja Ponsel selama 14 tahun, Nokia, bangkrut dan terpaksa diakuisisi Microsoft karena keangkuhannya menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Sistem operasi Android memang tidak hanya digunakan oleh ponsel produksi satu vendor saja. Banyak pemain baru yang berusaha memenangkan pasar hingga pada lapisan terbawah dengan mengeluarkan produk ponsel Android yang dibandrol dengan harga cukup rendah. Jika Anda termasuk pengguna ponsel Android, Anda pasti mengalami salah satu masalah yang sama dengan pengguna ponsel Android lainnya yaitu panas berlebih pada ponsel atau overheating.

Kami akan menyediakan ulasan singkat mengenai tips mencegah Android dari panas. Namun alangkah lebih baik bila Anda sebagai pengguna Android juga turut mengetahui penyebab overheating yang kerap terjadi pada ponsel cerdas ini. Beberapa kemungkinan penyebab ponsel Android Anda menjadi cepat panas adalah

  1. Kinerja berlebihan. Hal ini bisa jadi karena Anda terlalu sering menggunakan ponsel atau memaksa ponsel Anda untuk bekerja keras menjalankan aplikasi yang dirasa cukup berat sehingga menjadikan ponsel lebih cepat panas. Hal ini bisa diperburuk dengan prosesor yang tidak mendukung kinerja ponsel.
  2. Terjadi kerusakan pada baterai seperti menggelembung, lembap, atau baterai memang sudah tidak layar pakai. Hal ini berpengaruh pada suhu ponsel yang meningkat dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada perangkat keras lainnya.
  3. Anda mungkin tidak sadar mengaktifkan aplikasi pada background. Aplikasi tersebut bisa jadi tidak ditutup setelah digunakan sehingga tetap berjalan dan membuat ponsel terus bekerja tanpa istirahat. AKibatnya ponsel Android Anda menjadi lebih cepat panas.
  4. Bisa jadi kebiasaan Anda menggunakan ponsel di tempat dengan suhu udara yang tinggi. Hal ini turut memicu terjadinya overheating pada ponsel.
  5. Debu yang menutup saluran udara ponsel juga memicu timbulnya panas pada perangkat keras ponsel yang tidak bisa keluar. Jika dibiarkan terus menerus bukannya tidak mungkin ponsel Anda menjadi lebih cepat rusak.
  6. Sinyal bermasalah yang mungkin dialami bagi Anda pengguna ponsel Android di daerah yang kurang terjangkau sinyal operator. Kurangnya sinyal ini memaksa ponsel untuk bekerja lebih keras agar mendapatkan sinyal sehingga pada akhirnya ponsel menjadi lebih cepat panas.

Dari beberapa kemungkinan yang memicu timbulnya overheating pada ponsel tersebut, kami memiliki beberapa tips mencegah Android dari panas sebagai berikut:

  1. Pahami spesifikasi ponsel Android Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Spesifikasi yang mendukung penggunaan ponsel akan mengurangi kemungkinan ponsel menjadi panas karena ponsel masih mampu menangani pekerjaan tanpa harus membuatnya bekerja lebih keras.
  2. Jangan menggunakan baterai rusak. Jelas hal ini akan membuat ponsel Anda cepat panas bahkan merusak perangkat keras lainnya yang terdapat di dalam ponsel.
  3. Selalu jaga kebersihan ponsel Anda dari debu yang bisa jadi menutup saluran udara. Kebiasaan membiarkan kotoran menempel pada ponsel akan membuat ponsel ini menjadi lebih cepat panas.
  4. Jangan gunakan ponsel untuk berinternet ketika sinyal sedang lemah. Ketika sinyal lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari dan mendapatkan sinyal sehingga membuatnya lebih cepat panas.

Itulah ulasan singkat mengenai tips mencegah Android dari panas. Kuncinya adalah penggunaan ponsel itu sendiri dan hal tersebut berasal dari pengendalian diri penggunanya. Gunakan ponsel secara bijak sehingga hal itu juga akan memperpanjang usia penggunaan ponsel Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top