Tech & Auto

Tips Merawat Kamera Agar Momen Hidup Tetap Terabadikan

Tips Merawat Kamera Agar Momen Hidup Tetap Terabadikan

This post is also available in: English

“To photograph is to hold one’s breath, when all faculties converge to capture fleeting reality. It’s at that precise moment that mastering an image becomes a great physical and intellectual joy.”

– Henri Cartier-BressonThe Mind’s Eye: Writings on Photography and Photographers

Fotografi dan traveling telah menjadi suatu gaya hidup baru di masyarakat Indonesia. Kamera pun menjadi salah satu barang yang disarankan dibawa saat berjalan-jalan. Sayang rasanya jika sudah berkunjung ke suatu daerah tetapi tidak diabadikan lewat foto. Apalagi bagi seorang fotografer, kamera adalah senjata utama mereka.

Di Indonesia, iklim tropis cukup memengaruhi daya tahan kamera. Oleh karena itu, merawat kamera sangatlah penting agar foto yang dihasilkan tetap bagus. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk memperbaiki dan merawat kamera ke jasa perbaikan/service.

Berikut beberapa tips umum (karena ada banyak jenis kamera) dalam merawat kamera yang bisa Anda aplikasikan.

  1. Lindungi kamera Anda dari goresan, debu, air, dan sebagainya. Misalnya Anda bisa menggunakan screen protector untuk melindungi LCD. Jika LCD tergores tentu akan sangat mengganggu tampilan saat melihat foto di kamera.
  2. Simpan kamera dengan baik. Perhatikan kelembapan agar tidak berlebih karena dapat menyebabkan kamera jadi berjamur. Anda bisa menyimpan kamera Anda di dalam tempat yang kering seperti dry box atau bisa juga dengan menggunakan wadah seperti toples atau tupperwear yang ditambahkan silica gel. Silica gel berguna untuk menyerap uap air di dalam kotak. Selain kelembapan, kamera juga tidak boleh kena sinar matahari langsung. Kamera memiliki rentang suhu standar dan akumulasi panas.
  3. Bersihkan kamera setiap kali selesai digunakan, terutama setelah digunakan di pantai. Hal itu dikarenakan di pasir di pantai mengandung garam yang bersifat korosif terhadap logam sehingga dapat membuat karat pada kamera. Gunakan peralatan khusus untuk membersihkan kamera yang biasanya sudah dijadikan satu set, seperti blower dan lap.
  4. Posisikan kamera dalam keadaan mati saat mengeluarkan baterai dan memory card, serta saat kamera disambungkan dengan komputer. Hal itu dikarenakan di dalam kamera ada komputer yang lama-lama bisa rusak karena tidak tahan dengan perubahan arus listrik yang mendadak.
  5. Saat menggunakan kamera, usahakan selalu gantung kamera Anda di pundak atau di tangan untuk menghindari resiko terjatuh.
  6. Bila terjadi kerusakan pada kamera jangan mengutak-atiknya sendiri. Bawalah kepada orang yang ahli agar kerusakan tidak semakin parah.
  7. Jangan meminjamkan kamera ke sembarang orang yang tidak mengerti cara menggunakan kamera. Jika mereka ingin meminjam, ajari mereka terlebih dahulu agar tidak salah dalam menggunakannya.
  8. Jangan sembarangan menyentuh lensa saat tangan kotor.

Demikian sedikit tips merawat kamera. Rawatlah baik-baik kamera Anda karena harga kamera tidaklah murah. Jangan sampai Anda menyesal sudah membeli kamera dengan harga yang mahal tetapi belum lama digunakan sudah rusak. Kerusakan pada kamera juga berpengaruh pada harga jual kamera. Maka sekali lagi, rawat dan jaga kamera Anda. Selamat mengabadikan momen dalam perjalanan Anda!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top