Tech & Auto

Toyota Rilis All New Rush 2018

Toyota Rilis All New Rush 2018

Toyota akhirnya meluncurkan generasi baru dari sport utility vehicle (SUV) Rush (All New Rush 2018). Di generasi termutakhirnya ini, terdapat perubahan yang sangat drastis pada Rush.

Setelah berkali-kali mengalami ubahan minor sejak diluncurkan pertama kalinya pada 2006, Toyota akhirnya merilis versi all-new untuk Rush di Jakarta, Kamis (23/11). All-New Rush terdiri dari dua varian yaitu G dan TRD Sportivo dengan pilihan transmisi manual, dan otomatis pada masing-masingnya.

“Kami senang Rush telah menjadi salah satu SUV paling laris di Indonesia dengan total penjualan lebih dari 250 ribu unit sejak perkenalannya,” kata Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor, Yoshihiro Nakata dalam seremoni peluncuran.

Chief Engineer Rush, Eiji Fujibayashi, menjelaskan All-New Rush merupakan model pertama dalam strategi global Toyota untuk negara berkembang. Mobil ini dikembangkan sesuai dengan kondisi berkendara, dan jalan yang memiliki ‘karakteristik khusus’ di negara berkembang.

“Saya menghabiskan lebih dari satu tahun tinggal di Indonesia demi mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat Indonesia,” ujar dia.

Adapun ubahan-ubahan pada All-New Rush terdapat mulai dari dimensi, desain tampilan eksterior dan interior, hingga fitur keamanan. Secara dimensi, panjang All-New Rush lebih panjang 230 mm menjadi 4.435 mm demi kabin lebih lapang yang kini fokus pada kapasitas tujuh penumpang. Ini berbeda dari Rush terdahulu yang berkapasitas lima penumpang.

Ground clearance ditambah dari 200 mm menjadi 220 mm. Tata letak ban serep pun diubah dari yang tadinya menempel di pintu belakang menjadi di bagian bawah lantai belakang.

Tampang All-New Rush juga berubah total. Ada perombakan signifikan di desain kap depan, grille depan kromium, bemper depan dan belakang, sampai desain lampu depan dan belakang LED. Garis karakter di sisi samping bodi juga membuatnya lebih maskulin, dan dinamis.

Pada varian TRD Sportivo, ada diferensiasi di sisi interior melalui cover lampu kabut, side moulding, dan skid plate depan dan belakang beraksen merah. Pelek alloinya pun 17 inchi, lebih besar 1 inchi dari varian G, namun tetap berdesain sama.
interior Toyota Rilis All New Rush 2018
Interior All-New Rush sendiri dihiasi warna dua nada, jok kursi berbahan fabric, dan sentuhan aksen kromium di konsol tengah plus tuas transmisi. Adapula overhead console box dan 13 cup holder.

All-New Rush diberkahi fitur-fitur kenyamanan serta keamanan standar berlimpah. Ada Start/Stop Button, Rear Parking Camera, tombol pengaturan audio pada setir, 6 SRS Airbag, Vehicle Stability Control, 7 Seat Belt Indicators, Anti-lock Braking System, Hill Start Assist, dan Emergency Brake Signal.

Pada varian TRD Sportivo, Toyota menambahkannya lagi antara lain dengan fitur Smart Entry Key, layar WSVGA 7 inchi, ACC Connector di tiga barisnya, dan delapan pengeras suara.

Dapur pacu All-New Rush, di sisi lain, masih menggunakan mesin 2NR-VE, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVT-i. Dayanya mencapai 104ps di 6.000 rpm dan torsi 13,9 Kgm di 4.200 rpm.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top