Tech & Auto

Dikabarkan Sebagai Pesaing Clubhouse, Twitter Akan Merilis Fitur Spaces Di Bulan April 2021

Twitter Spaces

This post is also available in: English

Setelah aplikasi Clubhouse booming, Twitter diketahui telah melakukan uji coba fitur terbarunya yang dikenal dengan nama Spaces. Spaces ini bisa dibilang hampir mirip dengan Clubhouse yang sama-sama berbentuk ruang audio chat agar orang-orang bisa mendengarkan percakapan dengan orang lain. Namun, Clubhouse hanya tersedia di iOS saja, sedangkan untuk Spaces sendiri kabarnya akan hadir untuk perangkat Android maupun iOS.

Spaces dihadirkan oleh Twitter untuk menyaingi popularitas dari Clubhouse yang masih menjadi aplikasi audio chat populer. Untuk itu, Twitter dikabarkan bakalan merilis Spaces ke publik di bulan depan lho. Kira-kira kapan tepatnya Spaces akan dirilis oleh Twitter dan apa saja yang dibawa fitur yang digadang-gadang sebagai pesaing dari Clubhouse ini? yuk simak ulasannya di bawah ini!

Waktu perilisan Twitter Spaces.

Twitter dikabarkan akan meluncurkan fitur Spaces secara publik pada bulan April 2021. Tentunya hal ini menjadi langkah yang tepat bagi Twitter mengingat saat ini tren aplikasi audio chat masih belum menurun. Fitur ini nantinya akan hadir di perangkat Android dan iOS.

Jadwal perilisan ini diumumkan langsung di akun resmi Twitter Spaces. Dalam pengumuman tersebut, pihak Twitter akan mengizinkan semua pengguna untuk menjadi host dalam Spaces di awal perilisannya. Menurut keterangan juru bicara Twitter yang dikutip dari TechCrunch (13/03/2021)  mengatakan bahwa:

“Pihak kami mengonfirmasi bahwa perilisan Spaces ini ditujukan untuk semua pengguna, baik pengguna Android maupun iOS, bukan hanya untuk para penguji beta saja”

Perilisan Spaces ini terbilang cukup cepat dibandingkan dengan fitur-fitur Twitter lainnya. Padahal, Spaces baru dilakukan uji coba di iOS pada akhir Desember 2020. Bahkan, pengguna Android baru mencoba fitur ini selama beberapa minggu setelah dilakukan uji coba.

Semua pengguna nantinya bisa bergabung dan mendengarkan percakapan di Spaces, namun hanya pengguna yang tergabung menjadi penguji coba yang bisa membuat percakapan. Akan tetapi, penguji beta untuk membuat percakapan tidak ada di Android, penguji beta hanya tersedia di iOS.

Adanya fitur musik untuk menyambut pendengar di ruang obrolan

Twitter diketahui tidak hanya terburu-buru merilis Spaces ke publik, tetapi juga mengembangkan semua fitur di dalam Spaces. Baru-baru ini, Twitter sedang mempertimbangkan akan dukungan musik di Spaces  ketika menyambut pengguna-pengguna yang masuk ke ruang obrolan. Tidak hanya itu, mereka juga sedang memikirkan cara untuk mengintegrasikan dengan tweet di Spaces.

Untuk fitur musik, Twitter ingin menyediakan musik yang bisa digunakan host untuk menyambut para pendengar, sedangkan untuk tweet, Twitter berencana akan menampilkan tweet di Spaces yang tidak akan terlihat di timeline publik pengguna Twitter.

Perilisan Spaces ke publik ini dinilai terlalu cepat sehingga sedikit muncul kekhawatiran. Mengingat aplikasi Clubhouse yang saat ini masih bermasalah pada moderasi konten dimana banyak pengguna yang mengalami pelecehan verbal dan banyak orang yang menggunakan Clubhouse untuk menipu orang lain. Tentunya hal tersebut membuat banyak pihak khawatir apakah nasib Spaces nantinya akan sama dengan Clubhouse.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top