Tech & Auto

Upgrade Aplikasi Avast Ke Versi Berbayar Dengan Mudah, Bagaimana Caranya?

Upgrade Aplikasi Avast

Smartphone termasuk salah satu benda yang paling penting yang harus ada di setiap kegiatan sehari-hari. Sayangnya, smartphone ternyata memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap malware, virus, peretasan, dan berbagai masalah lainnya. Solusi untuk mengatasi bahkan jika bisa mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut adalah dengan memasang sebuah aplikasi antivirus.

Salah satu aplikasi antivirus yang dimaksud adalah Avast Mobile Antivirus. Pembersihan sampah dengan menggunakan aplikasi ini dapat dilakukan secara gratis namun tentunya dengan fitur yang terbatas. Jika ingin mendapatkan fitur-fitur tambahan yang tidak bisa didapatkan di versi gratis, maka harus mengupgrade ke versi berbayar atau yang biasa dikenal dengan versi premium/pro.

Berikut ini ulasan mengenai cara mengupgrade aplikasi Avast ke versi berbayar dengan mudah. Sebelum itu, alangkah baiknya diulas secara singkat mengenai seperti apa aplikasi Avast itu. Simak baik-baik ya!

Pengertian Aplikasi Avast Mobile Antivirus

Avast adalah salah satu perusahaan dibidang keamanan terbesar di dunia yang menggunakan teknologi baru untuk memerangi serangan cyber secara real time. Avast merilis sebuah program antivirus yang diberi nama Avast! yang tersedia di semua perangkat termasuk smartphone. Di smartphone sendiri, software ini dapat di install di semua sistem operasi termasuk Android.

Avast! merupakan salah satu aplikasi antivirus terbaik yang memberikan perlindungan secara real time dari ancaman malware-malware maupun virus ataupun yang lainnya serta kerentanan router. Perangkat smartphone khususnya Android sangat rentan terhadap pembobolan dan peretasan. Hal itu dikarenakan Android mudah dalam memberikan izin pada situs-situs yang tidak resmi.

Software Avast! yang tersedia di Android diberi nama Avast Mobile Antivirus dimana aplikasi ini dapat digunakan untuk pemindaian sampah secara gratis. Selain dapat diakses secara gratis, aplikasi Avast juga bisa diakses secara berbayar. Jika digunakan secara gratis, maka pengguna tidak mengeluarkan biaya sepersen pun untuk mengakses aplikasi ini, sedangkan jika menggunakan versi berbayar, maka akan dikenakan biaya tergantung pada pilihan harga yang harus dibayar untuk berlangganan ke versi berbayar dari Avast.  

Pada versi berbayar Avast tentunya akan mendapatkan beragam fitur yang tidak tersedia di versi gratis seperti app lock, bebas iklan, perlindungan VPN, dan masih banyak lagi. Untuk mengalihkan dari versi gratis ke versi berbayar, maka harus melakukan upgrade aplikasi terlebih dahulu.

Cara mengupgrade aplikasi Avast ke versi berbayar atau pro

Sebelum menggunakan akun pro, yang pertama harus dilakukan adalah memiliki aplikasi Avast terlebih dahulu. Setelah itu, baru bisa mengupgrade ke versi pro atau berbayar. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Unduh dan install aplikasi Avast Antivirus melalui Google Play Store untuk pengguna Android maupun App Store untuk pengguna iOS

2. Tunggu hingga aplikasi terinstall. Setelah itu, buka aplikasi

3. Sebelum masuk ke tampilan beranda aplikasi, akan muncul tampilan untuk memulai perizinan aplikasi agar dapat mengakses data yang ada di handphone. Pilih “Pindai Sekarang” kemudian akan muncul tampilan dan pilih “Izinkan”

4. Setelah itu akan muncul tampilan untuk memilih tingkat perlindungan. Jika ingin menggunakan versi pro, maka pilih yang bagian “Dapatkan perlindungan lengkap”.

5. Di sini akan muncul tampilan harga penawaran untuk menggunakan versi pro. Pengguna bisa memilih harga per tahunnya dikenakan sebesar Rp. 85.000, namun di tahun pertama hanya dikenakan sebesar Rp. 50.628. atau harga per tahunnya Rp 170.000, namun di tahun pertama hanya dikenakan sebesar Rp. 101.628. Setelah itu, pilih “Tingkatkan Sekarang”

6. Setelah memilih harga, maka akan muncul tampilan total harga yang harus dibayar beserta pajaknya. Kemudian pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa provider, kartu kredit atau debit, menukarkan kode maupun membeli saldo Google Play di Alfamart. Jika sudah, klik “Langganan”

7. Kemudian muncul tampilan untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan password dari email yang digunakan di Google Play sebagai bukti bahwa pembelian ini sah. Ikuti semua hingga pembayaran di nyatakan berhasil dan akun pro bisa digunakan.

Selain cara yang dilakukan di atas, ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu:

1. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi

2. Sebelum masuk ke tampilan beranda aplikasi, akan muncul tampilan untuk memulai perizinan aplikasi agar dapat mengakses data yang ada di handphone. Pilih “Pindai Sekarang” kemudian akan muncul tampilan dan pilih “Izinkan”. Di sini aplikasi akan melakukan pemindaian secara otomatis.

3. Setelah itu akan muncul tampilan untuk memilih tingkat perlindungan. Jika ingin langsung masuk ke tampilan beranda aplikasi, maka pilih “Lanjutkan dengan versi gratis”. Setelah itu akan muncul tampilan mengenai catatan privasi yang berisikan pemberitahuan bahwa aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. apabila setuju maka “Lanjutkan secara gratis”

4. Pada tampilan beranda aplikasi, pilih “Upgrade” di bagian pojok kanan atas

5. Setelah itu akan muncul langkah selanjutnya yang sama seperti ketika mengupgrade ke versi pro mulai dari tampilan tentang pilihan harga penawaran sampai dengan metode pembayaran hingga pembayaran berhasil. Ikuti semua langkahnya hingga akun pro bisa digunakan.

Keuntungan dan Kekurangan yang didapatkan ketika mengupgrade aplikasi Avast ke versi berbayar

Dengan menggunakan versi berbayar ini tentunya akan mendapatkan banyak keuntungan yang tidak didapatkan di versi gratis. Selain itu ada pula kekurangan dari Avast jika meupgrade ke versi berbayar.

Keuntungan:

  • Bebas iklan
    Dengan menggunakan versi berbayar dari Avast, pengguna akan dibebaskan dari iklan-iklan yang mengganggu ketika mengakses smartphone
  • Memiliki App Lock
    Fitur ini digunakan untuk mengunci sebuah aplikasi yang ingin diberikan proteksi. Penguncian ini sebenarnya sangat diperlukan agar aplikasi tidak bisa dibuka dengan sembarang orang sehingga data yang tersimpan di dalam smartphone akan terjamin keamanannya.
  • Memiliki fitur untuk memproteksi website
    Kegiatan browsing internet hampir dilakukan setiap hari oleh semua orang di seluruh dunia. Dengan browsing, tentunya kita akan mendapatkan sebuah informasi tanpa peduli kualitas dari informasi tersebut. Browsing internet secara bebas ternyata memiliki risiko yang cukup besar dimana resiko tersebut dapat mengancam pengguna seperti pecurian data, virus, malware, dan berbagai hal lainnya.

    Untuk mengatasi hal tersebut, pada versi berbayar Avast terdapat fitur melindungi setiap website yang digunakan untuk mencari informasi dengan melakukan pemblokiran situs web berbahaya sehingga apabila pengguna memasuki website berbahaya maka akan muncul peringatan. Fitur tersebut tidak bisa digunakan jika mengakses aplikasi Avast secara gratis.
  • VPN Protection
    VPN digunakan untuk membuka berbagai situs yang diblokir. Cara kerja dari VPN adalah dengan mengubah alamat IP pengguna menjadi alamat IP virtual dengan area luar negeri. Hal tersebut tentunya akan menghasilkan suatu resiko yang tinggi terutama keamanan. Solusi dari masalah tersebut adalah adanya fitur VPN Protection yang ada di dalam versi berbayar dari Avast  yang berguna untuk melindungi privasi pengguna secara online
  • Adanya fitur WiFi Inspector
    Fitur ini digunakan untuk memonitor pengguna WiFi, memeriksa kerentanan di router, mendeteksi kelemahan jaringan WiFi di pumah maupun publik dan memperingatkan ketika ada perangkat baru yang mencoba bergabung dengan jaringan rumah secara proaktif. Selain itu, fitur ini dapat membantu memperkuat jaringan dengan memindai password.

Kekurangan:

  • Sistem proteksi yang dinilai kurang kuat dalam memproteksi keamanan data smartphone
    Meskipun sudah menggunakan versi yang berbayar dari Avast, tetap saja terjadi sebuah peretasan. Aplikasi yang ada di dalam smartphone terbuka dan berjalan dengan sendirinya. Terkadang tidak terkendali, bahkan seringkali mencoba untuk meretas pin yang ada di smartphone. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dikunci dengan fitur app lock.
  • Sering terlambat mendeteksi virus-virus lokal baru (di Indonesia)
    Versi berbayar ini dinilai sering terlambat untuk mendeteksi jika ada virus lokal terbaru. Aplikasi ini baru terdeteksi beberapa bulan kemudian. Hal itu mungkin saja bisa terjadi karena pengguna aplikasi ini sangat banyak sehingga aplikasi ini tidak bisa fokus meneliti virus-virus Indonesia secara maksimal.

Nah itulah ulasan mengenai cara mengupgrade aplikasi Avast ke versi berbayar beserta keuntungan dan kekurangan yang didapatkan. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber informasi bagi pembaca yang sudah menggunakan aplikasi Avast sebagai aplikasi antivirus tetapi ingin menikmati fitur tambahan yang ada di Avast, maka bisa mengupgrade-nya ke versi berbayar.

To Top