Tech & Auto

Setelah Di Upgrade, Kini Speedtest Bisa Lakukan Dua Hal Ini

aplikasi Speedtest

Mungkin ada sebagian orang yang menggunakan aplikasi Speedtest untuk menguji kecepatan akses internet. Baru-baru ini, aplikasi tersebut telah melakukan pembaruan pada (3/2/2021).

Di upgrade terbaru ini, aplikasi speedtest bisa digunakan untuk mengetahui cakupan dan kualitas jaringan seluler di suatu wilayah. Untuk mengetahui hal tersebut, pengguna bisa melihatnya melalui fitur Coverage Maps.

Speedtest manfaatkan teknologi Geolokasi

Kini, Speedtest diketahui tengah memanfaatkan sebuah teknologi geolokasi di upgrade terbaru. Dengan teknologi tersebut, aplikasi Speedtest bisa menunjukkan cakupan jaringan seluler di suatu wilayah secara realtime.

Jaringan-jaringan yang ada di daerah yang telah diuji ditandai dengan kotak dengan warna-warna yang berbeda didasarkan pada kualitas penerimaan.

Untuk jaringan 2G/3G ditandai dengan warna kuning, jaringan 4G ditandai dengan warna biru muda, jaringan 5G warna biru, dan tidak ada jaringan sama sekali berwarna merah.

Baca Juga : Begini Caranya Menggunakan Google Maps Offline

Mengenai kualitas dari jaringan dalam upgrade terbaru ini berhubungan dengan generasi teknologi dari jaringan yang didapatkan. Semakin tinggi generasi teknologi yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan jaringan selulernya.

Bagaimana melihat seberapa cepat jaringan di suatu wilayah?. pengguna bisa menggunakan fitur Coverage Maps yang ada di bawah layar tampilan utama.

Tampilan fitur Coverage Maps lebih detail

Dulu, aplikasi Speedtest telah menyediakan fitur yang hampir mirip. Namun, dalam update terbaru ini, tampilan peta lebih detail dan bisa dilakukan zoom untuk memperjelas atau memperbesar coverage daerah tertentu.

speedtest fitur Coverage Maps lebih detail
Speedtest – Coverage Maps

Data yang ditampilkan oleh fitur Coverage Maps didapatkan dari pengujian yang dilakukan oleh para pengguna aplikasi Speedtest. Data yang diperoleh kemudian dikalkulasikan dan diambil rata-ratanya untuk tiap area.

Ketika pengguna menggunakan fitur ini, akan terlihat tampilan berupa kotak-kotak saat dilihat dari dekat yang menunjukkan jaringan di suatu wilayah. Fitur Coverage Maps ini sangat membantu pengguna terutama saat bepergian jauh.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengetahui lebih awal mengenai kualitas jaringan internet di daerah yang akan dikunjungi dan seberapa jauh cakupan jaringan tersebut.

Sebagai contoh:  ketika pengguna membuka fitur Coverage Maps untuk mengetahui kualitas jaringan di daerah Sidoarjo sebagai destinasi tujuan beserta seberapa luas cakupannya.

Setelah dicek, daerah yang dikunjungi ternyata kualitas dari jaringan kartu provider yang digunakan jelek, bahkan tidak ada jaringan sama sekali di daerah tersebut.

Baca Juga : Google Maps Segera Perbarui Beberapa Fitur Yang Berhubungan Dengan Pandemi Covid-19

Maka dari itu, kita harus mengganti provider sementara yang memiliki jaringan bagus di daerah itu serta cakupannya yang luas sebelum menuju ke daerah Sidoarjo.

Untuk bisa menggunakan fitur ini agar mengetahui kualitas dan cakupan jaringan di suatu wilayah, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi Speedtest versi 4.5.32 di Google Play Store untuk pengguna Android.

Bagi yang sudah memiliki aplikasi ini, bisa langsung mengupgrade ke versi terbaru agar bisa merasakan pembaruan dari aplikasi Speedtest.

To Top