Tech & Auto

Warga Bandung Kini Bayar Pajak Bisa Online

Portal Berita

Ridwan Kamil selaku walikota Bandung meluncurkan aplikasi pembayaran pajak dan mobil pelayanan pajak di Balai Kota Bandung (31/5).

Ridwan Kamil menegaskan bahwa terobosan baru itu dibuat untuk meminimalisir transaksi langsung atau tatap muka antara masyarakat dan petugas pajak yang selalu melahirkan aktivitas pungutan liar.

“Inovasi ini akan membuat tidak ada lagi warga yang datang ke Dinas Pelayanan Pajak untuk pembayaran. Intinya sih warga cukup duduk-duduk cantik di rumah.. Transaksi PBB biasa via online, bisa dicek di website,” ujarnya.

Inovasi dalam pelayanan pajak ini didasari dengan kondisi masyarakat perkotaan yang cenderung sibuk.

“Tidak ada lagi layanan di Pemkot dimana warga harus datang. Kenapa, karena ini kota. Kalau kota orangnya sibuk. Kalau sibuk dia tidak punya waktu sehingga ingin melaksanakan kewajiban kepada negara tapi tanpa menggangu jam kerjanya. Itulah harapan kita,” kata ridwan.

Selain itu, Ema Sumarna selaku Kepala Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung menjelaskan, selain aplikasi pembayaran pajak dan PBB, pihaknya juga meluncurkan tiga kendaraan layanan pajak.

Kendaraan ini dimaksudkan untuk dapat menjangkau warga yang cukup jauh dari pusat pemerintahan. Kendaraan tersebut nantinya akan berkeliling juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat seputar perpajakan.

Tujuan kendaraan pelayanan pajak adalah mensosialisasikan berbagai hal masalah regulasi aturan tentang perpajakan kita juga akan memberikan edukasi tentang perpajakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top