Tech & Auto

Waspada! Tiga Aplikasi Ilegal Ini Dapat Warning OJK

Waspada! Tiga Aplikasi Ilegal Ini Sudah Dapat Warning dari OJK

Sejumlah tiga aplikasi ilegal telah di take down atau bisa dikatakan dinyatakan sebagai aplikasi berbahaya karena dianggap menyesatkan. Bukan sekedar kabar atau isu lau, sebab OJK sendiri lah yang telah menyatakan informasi ini.

Ketiganya memang menawarkan uang untuk penggunanya dengan usaha yang sangat minim. Sampai-sampai rasanya kurang masuk akal jika uang bisa didapat dengan melakukan hal yang sangat sederhana. Dari awal tidak sedikit yang menilai adanya keanehan untuk masing-masing aplikasi, namun juga ada pihak-pihak yang masih percaya dengan sistemnya untuk mendapatkan keunungan lebih dari sana.

Ketiganya menawarkan sistem atau fitur yang kurang masuk akal untuk diikuti. Katakanlah seperti Tiktok Cash, di mana pengguna harus bayar sejumlah uang tertntu dulu untuk bisa mendapatkan lebih banyak uang. Juga untuk Vtube, hanya membuat penggunanya harus nonton video dulu untuk bisa mendapatkan uang.

Dari Otoritas Jasa Keuangan, telah secara resmi menyatakan Vtube dan Tiktok Cash ilegal. Sedangkan untuk Snack Video, masih diproses. Dalam artikel in akan dibahas satu per satu tentang ketiga aplikasi ilegal ini.

Vtube yang Telah Diumumkan Sebagai Aplikasi Ilegal

Vtube yang Telah Diumumkan Sebagai Aplikasi Ilegal
Vtube yang Telah Diumumkan Sebagai Aplikasi Ilegal

Sudah sejak tahun 2020 lalu aplikasi ilegal ini memang sudah sah ilegal oleh OJK. Apa yang Vtube tawarkan ini adalah keuntungan yang berwujud profit sharing. Sebenarnya memang ada pihak pengiklan yang melakukan pembayaran ke Vtube, namun dirasa apa yang didapat penontonya terlalu besar sehingga kurang logis.

Sudah lama menjadi aplikasi ilegal oleh OJK, pengguna Vtube masih saja ada sampai saat ini. Sebagai informasi tambahan, sistem yang Vtube kembangkan adalah untuk membuat penggunanya menonton video iklan.

Nantinya Vtube akan memberikan perintah-perintah atau video yang harus pengguna tonton. Semakin banyak video yang mereka tonton semakin besar pula penghasilan yang bisa pengguna dapatkan. Vtube juga memberikan sistem ajak teman, jika Anda bisa menambah banyak teman untuk ikut juga menonton video Vtube, maka akan semakin besar penghasilan Anda.

Karena sstem ini lah Vtube telah mempraktekkan sistem MLM atau multi level marketing. Anda bisa-bisa saja tidak mengajak orang lain, atau tidak menggunakan sistem MLM ini, namun Anda harus bayar sejumlah nominal tertentu untuk bisa naik peringkat.

Tongam L. Tobing selaku ketua Satgas Waspada Investasi menyatakan bahwa apa yang Vtube lakukan ini hanyalah mendompleng izin yang ada saja. Yang mana padahal produk atau kegiatan yang dilakukan Vtube tidak sesuai dengan izinnya.

Tiktok Cash

Tiktok Cash
Tiktok Cash

Menonton video dan membayar sejumlah uang di awal di aplikasi ilegal ini, Anda bisa mendapatkan uang. Setidaknya itulah yang ditawarkan oleh Tiktok untuk penggunanya yang masu mengaktifkan Tiktok Cash.

Dari OJK, aplikasi ini sudah jelas ilegal. Jadi kalau masih saja ada yang mencoba peruntungan, tidak ada tanggungan atau pihak yang akan mau bertanggung jawab jika ada penipuan, apapun bentukya.

Agak berbeda dengan Vtube, yang benar-benar hanya dengan nonton video saja. Pada Tiktok Cash Anda harus memilih paket berlangganan terlebih dahulu dengan harga yang berbeda-beda. Paket paling murah dengan harga sekitar 80 an ribu rupiah saja, sedangkan yang paling mahal harganya mencapai 49 jutaan rupiah.

Setiap paket keanggotaan memiliki masa atau durasi yang berbeda, dari yang paling murah hanya berlaku hingga delpan hari saja. Sedangkan yang paling mahal, alias yang 49 jutaan rupiah, bisa sampai satu tahun laamnya.

Sistemnya, anda akan membayar pada awal, dengan memilih paket mana terlebih dahulu. Sistemnya kemudian adalah unuk sering-sering menonton video Tiktok, menyukainya atau tap love, dan kemudian men screen shoot layarnya.

Hasil screen shoot ini harus Anda simpan, sebab untuk bisa membuat Tiktok Cash bisa cair Anda harus mengirimkannya sebagai bukti. Barulah kemudian uang akan mereka transferke rekening Anda sehingga bisa cair. Dengan sistem yang seperti ini, apakah logis jika aplikasi atau fitur ini akan bersifat kredibel?

Snack Video

Snack Video
Snack Video

Aplikasi ilegal lainnya adalah Snack Video, Snakck Video resmi menjadi ilegal statusnya karena terindikasi adanya praktek money game. Prinispnya hampir sama dengan Tiktok Cash dan Vtube. Pengguna akan menonton video yang pengguna lainnya bagikan, kemudian akan mendapat uang.

Ada sistem ajak teman, sehingga pengguna bisa dapat kesempatan untuk kumpulkan uang lebih banyak. Karena perpaduan sistem yang ada ini, Snack Video sangat mencerminkan sebuah aplikasi yang melakukan sistem money game.

Baru tanggal 18 Febuari 2021 kemarin Snack Video resmi menjadi aplikasi ilegal oleh OJK. Namun beberapa hari yang lalu statsnya masih saja proses, mungkin saja OJK membutuhkan waktu lebih banyak untuk benar-benar menghentikan praktek money game.

Lebih Berhati-Hati Atas Aplikasi Ilegal

Sebagai pengguna handphone atau perangkat elektronik memang Anda bisa bebas menginstal aplikasi apa. Menggunakan aplikasi apa saja adalah keputusan Anda. Naamun supaya kedepannya Anda lebih aman, ada beberapa tips berikut.

Pertama adalah untuk memstikan aplikasi pencari uang yang Anda gunakan sudah terdaftar dalam OJK. Setidaknya ini sbagai jaminan, meskipun untungnya tidak seperti yang para pengguna harapkan. Anda sudah punya jaminan keamannya.

Semakin tehidar dari aplikasi ilegal jika Anda mau memastikan keberadaan aplikasi tersbeut. Apakah aplikasi tersbeut ada karena lembaga resmi yang nyata, atau tidak.

Aplikasi ilegal memang bisa mempraktekan sistem yang berbagai rupa, bisa dengan bentuk multi level marketing, bahkan bisa juga dengan hanya menonton video. Yang terpenting adalah, usahakan untuk berpikir logis ketika Anda menggunakannya. Apakah uang atau keuntungannyalogis, atau tidak?

To Top