Tech & Auto

Update Terbaru, Xiaomi Bakal Gunakan Lensa Telescopic Pada Kamera Ponselnya

xiaomi lensa telescopic di kamera

This post is also available in: English

Produsen gadget terus melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan pada spesifikasi ponselnya terutama dalam sektor kamera. Hal itulah yang dilakukan oleh Xiaomi dimana kabarnya akan menggunakan lensa telescopic untuk mengembangkan produk ponselnya di sektor kamera.

Seperti yang diungkapkan oleh Digital Chat Station melalui akun Twitternya (@StationChat), Kamis, (5/11/2020) bahwa Xiaomi telah meluncurkan lensa telescopic dengan ukuran lubang lensa (aperture) yang menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus meskipun di minim cahaya karena lensanya dikabarkan bisa meningkatkan jumlah cahaya yang masuk hingga 300% dengan tingkat kejernihan 20%.

Digital Chat Station Tweet

Sebenarnya kamera dengan model seperti ini sudah terlebih dahulu digunakan oleh Samsung yang diterapkannya di Samsung Galaxy K Zoom keluaran tahun 2014. Ponsel ini dibekali lensa dengan optical zoom 10x dengan body ponsel yang tebal karena harus memuat rangkaian lensa tersebut.

Untuk, saat ini Samsung Galaxy K Zoom sudah jarang ditemukan di toko-toko ponsel, bahkan mungkin sudah tidak ada karena kalah dengan ponsel-ponsel baru yang tentunya didukung dengan spesifikasi tinggi dan teknologi canggih.

Samsung Galaxy K Zoom

Kembali lagi ke pembahasan lensa telescopic yang akan digunakan Xiaomi bahwa konsep yang belakang ini telah diumumkan oleh Xiaomi yang ada di China memiliki rangkaian lensa memanjang hingga menonjol ke luar body ponsel. Kelebihan kamera dengan lensa seperti ini pun bisa melakukan zoom optis sama halnya dengan kamera saku digital yang juga memiliki lensa dengan mekanisme kerja zoom yang serupa.

Lensa telescopic yang akan digunakan oleh Xiaomi nanti tentunya akan berbeda dengan kamera telephoto yang diterapkan di ponsel Android yang kebanyakan model periskop baik ponsel low-end maupun flagship. Kamera ponsel masa kini lebih banyak disusun model periskop yang menyamping sehingga tidak menonjol ke luar body, sedangkan lensa telescopic nantinya memiliki ukuran yang lebih ringkas dan bentuknya tidak terlalu menonjol ke luar body ponsel.

Selain itu, kamera masa kini bersifat fixed atau bisa dikatakan tidak bisa digunakan untuk zoom optis dan ukuran lubang lensa (aperture) yang relatif kecil sehingga hasil bidikan objek khususnya di situasi minim cahaya tidak akan sebagus kamera utama yang memiliki ukuran lubang lensa (aperture) yang besar. Jika melakukan zoom yang terlalu diperbesar di kamera periskop, maka akan menurunkan kualitas gambar sehingga kadang gambar menjadi buram dan pecah. Sedangkan lensa telescopic pada Xiaomi nantinya akan menghasilkan hasil bidikan yang lebih bagus karena ukuran lubang lensanya yang lebih lebar.

Akan tetapi, Xiaomi sendiri belum mengatakan seberapa persisnya ukuran lubang lensa dari lensa telescopic yang akan digunakan maupun berapa persen zoom optisnya. Jika dilihat dari ponsel-ponsel yang masa kini, lensa periskop yang digunakan biasanya memiliki ukuran lubang lensa sekitar f/3.0 dimana angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lubang lensa kamera utama yang biasanya sekitar f/1.8 atau bahkan lebih besar. Hal ini seperti dilansir oleh LoperOnline di TeknoKompas dari Android Authority, Selasa (10/11/2020).

Mengenai kapan digunakannya model lensa telescopic ini di ponsel Xiaomi masih belum jelas karena pihak Xiaomi sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi. Kini, Xiaomi masih fokus mengembangkan ponsel dengan model kamera periskop dengan peningkatan fitur kamera yang lebih baik lagi dibandingkan ponsel-ponsel sebelumnya. Selain itu, Xiaomi juga meningkatkan teknologi yang digunakan di dapur pacunya dimana mereka menggunakan chipset-chipset terbaru yang membuat performa ponsel semakin tangguh. 

Nah itulah informasi mengenai produsen Xiaomi yang akan menggunakan kamera berlensa telescopic di produk ponsel di masa yang akan datang. Masih belum ada pernyataan mengenai hal ini, namun berdasarkan thread yang diunggah oleh Digital Chat Station video, lensa telescopic ini nantinya berukuran lebih ringkas daripada lensa telescopic yang ada di Samsung Galaxy K Zoom.

Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Dengan adanya tulisan ini tentunya kalian mengetahui kabar dari Xiaomi yang akan menggunakan model lensa telescopic di kamera ponselnya. Selamat membaca dan jangan lupa beri komentar ya!

To Top