Tech & Auto

Muncul Di TENAA, Xiaomi Bakal Rilis Dua Varian baru Redmi Note 9 Series Dengan Dukungan Jaringan 5G

Xiaomi Bakal Rilis Dua Varian baru Redmi Note 9 Series Dengan Dukungan Jaringan 5G

This post is also available in: English

Salah satu produsen ponsel yang ada di China yaitu Xiaomi bakal merilis varian terbaru yang masuk ke dalam Redmi Note 9 series. Bocoran yang beredar dari akun Twitter Digital Chat Station (@StationChat), Jum’at (6/11/2020), ponsel ini akan hadir dalam dua varian yang  mendukung jaringan 5G di pasar Tiongkok, China yaitu Redmi Note 9 5G Standard Edition dan Redmi Note 9 5G High Edition.

Digital Chat Station Tweet

Varian pertama yaitu Redmi Note 9 5G Standard Edition diketahui berukuran lebih kecil dengan spesifikasi yang sederhana, sedangkan untuk Redmi Note 9 5G High Edition kemungkinan memiliki spesifikasi yang lebih baik dari pada varian yang Standard Edition mulai dari kamera, chipset, serta kapasitas baterai.  

Varian ponsel Xiaomi ini telah muncul di lembaga sertifikasi TENAA dimana juga mengungkapkan bocoran spesifikasi yang terbatas. Di bulan Oktober 2020 lalu diketahui bahwa badan sertifikasi China 3C telah memberikan sertifikasi untuk dua ponsel Xiaomi dengan masing-masing nomor model M2007J17C dan M2007J22C.

Nomor model M2007J17C diketahui untuk ponsel varian Redmi Note 9 5G High Edition, sedangkan nomor M2007J22C diketahui milik Redmi Note 9 5G Standard Edition. Bisa dikatakan bahwa kedua ponsel ini telah mendapatkan izin edar dari TENAA.

Postingan lainnya dari Twitter Digital Chat Station (@StationChat) juga mengungkapkan spesifikasi dari dua varian Redmi Note 9 5G. Untuk Redmi Note 9 5G Standard Edition memiliki layar 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ (2400x1080p) yang memiliki aspek ratio 20:9. Ponsel ini berukuran 161,96×77,25×9.20mm dengan berat 200g.

Di bagian pojok kiri atas layar varian Standard Edition ini terdapat punch hole sebagai tempat kamera depan. Bagian kamera belakang terdiri dari tiga kamera yang disusun dalam modul berbentuk lingkaran. Varian ini menggunakan chipset Dimensity 800U dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung Fast Charging 22,5W.

Untuk Redmi Note 9 5G High Edition atau yang dikenal dengan versi Pro akan hadir dengan layar LCD 6.67 inci dengan resolusi 2400X1080p. Refresh rate yang dimiliki pun lebih baik daripada yang varian Standart Edition yaitu 120Hz dengan sampling rate 240Hz.

Redmi Note 9 5G High Edition adalah versi tweak dari Xiaomi Mi 10T Lite dengan kamera yang berbeda. Ponsel ini didukung dengan chipset Snapdragon 750G dengan kapasitas baterai 4.820mAh yang mendukung Fast Charging 33W. Varian ini berukuran 165,4×76,8×9.0mm dengan berat sekitar 214 gram.

Berbicara mengenai kamera, dua varian Redmi Note 9 5G ini memiliki resolusi kamera yang berbeda. Untuk varian Standard Edition, pada kamera depannya beresolusi 13MP dan tiga buah kamera belakang yang disusun dalam modul lingkaran dengan kamera utama 48MP, sedangkan untuk varian High Edition memiliki kamera depan 16MP dan empat kamera belakang yang disusun dalam modul persegi dikelilingi bentuk lingkaran dimana kamera utamanya beresolusi 108MP dengan sensor HM2 buatan Samsung.

Untuk kapasitas penyimpanan masing-masing varian memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda. Untuk varian Standard Edition memiliki empat pilihan RAM dengan kapasitas memori internal yang berbeda. Varian ini memiliki beberapa pilihan RAM seperti RAM 4GB dengan memori internal 64GB, RAM 4GB dengan memori 128GB, RAM 6GB dengan memori 128GB, dan RAM 8GB dengan memori 256GB.

Sedangkan untuk varian High Edition bisa dikatakan memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang berbeda dari versi yang standard. Pilihan RAM dan memori internal pada varian High Edition diantaranya RAM 6GB dengan memori 64GB, RAM 8GB dengan memori 128GB, dan RAM 12GB dengan memori 256GB. Dua varian Redmi Note 9 series ini nantinya menggunakan sistem operasi yang sama yaitu OS Android 10 dengan dukungan UI khas Xiaomi yaiti MIUI 12.

Dengan adanya bocoran mengenai spesifikasi dari kedua varian Redmi Note 9 5G series ini, baik varian Standard Edition maupun High Edition membuat penggemar Xiaomi semakin tidak sabar untuk segera memiliki ponsel dengan dukungan 5G ini. Meskipun belum bisa dipastikan kapan dua ponsel ini akan rilis, tetapi beredar kabar bahwa ponsel ini akan segera dirilis dalam waktu dekat di China. Keduanya akan hadir dengan berbagai pilihan warna menarik seperti hitam, merah, biru, pink, putih, hijau, ungu, dan abu-abu.  

Untuk harganya sendiri masih belum diketahui pasti kedua ponsel ini akan dibandrol dengan harga berapa karena pihak Xiaomi sendiri belum memberikan pengumuman resmi terkait hal ini. Jadi, sebagai penggemar Xiaomi diharapkan untuk bersabar sampai ada pengumuman dari pihak mereka.

Nah, itulah informasi mengenai kabar terbaru dari Xiaomi yang akan segera merilis dua varian dari Redmi Note 9 Series yang mana akan mendukung jaringan 5G. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini memberikan kabar terbaru dari Xiaomi yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh banyak konsumen Xiaomi di China maupun Indonesia. Selamat membaca dan jangan lupa berikan komentar ya.

To Top