Tech & Auto

Yang Perlu Diketahui Soal Penggolongan SIM C

Yang Perlu Diketahui Soal Penggolongan SIM C

Penggolongan SIM (Surat Izin Mengemudi) C yang disesuaikan dengan kapasitas mesin motornya telah memiliki aturan. Namun, hingga kini penggolongan SIM C tersebut masih dalam tahap sosialisasi dan penyiapan sarana serta prasarana yang dibutuhkan.

Peraturan baru tersebut tertulis dalam Perpol (Peraturan Kepolisian) No 5 Thn 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM yang diteken pada 19 Februari 2021.

“Sudah (berlaku). Perpol itu berlaku mulai diundangkan Februari 2021. Namun memang terdapat masa sosialisasi untuk aturan baru,” tutur AKBP Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (2/6/2021).

Lihat Juga: Kini Perpanjang SIM Makin Mudah Dengan Aplikasi Online

Penggolongan SIM C, SIM CI, SIM CII

Dalam peraturan tersebut ada penambahan golongan SIM untuk sepeda motor dan juga penyandang disabilitas. Bagi sepeda motor yaitu C,CI dan CII yang dibedakan berdasarkan kapasitas isi silinder. Berikut isi pembagian SIM C yang disesuaikan dengan kapasitas motor.

SIM C untuk pengemudi kendaraan bermotor jenis sepeda motor berkapasitas silinder mesin hingga 250 cc.

SIM CI berlaku untuk pengemudi jenis sepeda motor berkapasitas silinder mesin di atas 250 cc hingga 500 cc atau sepeda motor listrik.

SIM CII berlaku untuk pengemudi sepeda motor yang berkapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau sepeda motor listrik.

Masih Dalam Tahap Sosialisasi

Menurut AKBP Arief Budiman, masa sosialisasi ini akan berlaku minimal 6 bulan sejak aturan diresmikan. Selain itu, beleid tersebut jua masih menunggu kelengkapan sarana serta prasarana yang diperlukan.

“Sekalian (masa sosialisasi) kita lengkapi mekanisme dan sarana prasarana yang dibutuhkan,” kata Arif.

Sementara alasan pembagian SIM C jadi tiga kategori ini disebabkan mengendarai motor besar dan motor kecil memerlukan keterampilan yang berbeda.

“Alasan peningkatan golongan SIM yaitu peningkatan kompetensi. Sebab terdapat perbedaan kompetensi antara SIM C, CI dan CII,” terang Arief.

Biaya Pembuatan SIM C

Arief Budiman menuturkan biaya pembuatan SIM baru tersebut masih tertulis dalam PP No 60 Thn 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Tarif pembuatan PNBP sama,” kata AKBP Arief Budiman.

Pada lampiran peraturan tersebut tertulis pembuatan SIM baru SIM C, SIM CI dan SIM CII yaitu Rp 100.000. Sedangkan untuk memperpanjangnya, ketiga golongan SIM C tersebut memiliki tarif yang sama yaitu Rp 75.000. tetapi, biaya tersebut belum termasuk biasa asuransi dan pemeriksaan kesehatan.

To Top