Tech & Auto

Sempat Down Tadi Pagi Dan Jadi Trending Topic Di Twitter, Kini YouTube Bisa Diakses Kembali

youtube down

Saat ini, YouTube menjadi salah satu aplikasi maupun situs web yang populer karena diakses banyak orang. Dengan YouTube memungkinkan pengguna menonton konten-konten video, bahkan mengunggah dan berbagi video.  Kini, banyak sekali orang-orang yang beralih menjadi YouTuber tidak terkecuali para selebritis Indonesia yang berlomba-lomba mengunggah konten video di channel YouTube-nya.

Perlu diketahui bahwa tadi pagi tepatnya pada Kamis, (12/11/2020), YouTube dilaporkan mengalami gangguan atau down dalam memuat video. Meskipun tetap menampilkan sejumlah video di halaman utama, namun pengguna tidak bisa memuat video tersebut. Ketika memutar video, maka tampilan yang keluar hanya berupa ikon loading terus menerus kemudian muncul tulisan peringatan eror “Terjadi kesalahan. Ketuk untuk coba lagi”.

Sebelumnya YouTube juga pernah mengalami gangguan dimana pengguna tidak bisa mengakses YouTube Studio. Hal itu diketahui dari tweet @TeamYouTube pada 3 November 2020 yang mengungkap bahwa:

“Jika Anda melihat kesalahan di YouTube Studio dalam satu jam terakhir (ketika mencoba mengupload, menayangkan, mengelola / mengedit video, dll). Masalah ini sekarang telah diselesaikan sepenuhnya. Kami sangat menghargai kesabaran Anda ketika kami memperbaiki ini!” terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Gangguan pada YouTube pada Kamis, (12/11/2020) dimulai di pagi hari sekitar pukul 07.00 hingga sekitar pukul 08.21 WIB. Gangguan tersebut tidak hanya dialami oleh pengguna Indonesia tetapi juga di sejumlah negara yang melaporkan juga terkena dampak dari server YouTube yang down seperti Amerika Serikat, Meksiko, India, Jepang, eropa, Amerika Selatan, sebagian kecil Australia, dan masih banyak lagi.

Masalah gangguan pada YouTube ini juga menjadi perhatian masyarakat, khususnya di Indonesia. Laporan terbanyak berasal dari wilayah Jakarta. Di Twitter, masalah ini menjadi trending topic yang populer di Indonesia dengan hashtag #YouTubeDOWN dengan jumlah tweet yang terus bertambah dari yang 253 ribu tweet, kini mencapai lebih dari 255 ribu di jam 15.39 WIB.

Beberapa tweet dari pengguna Twitter yang merasakan dampak gangguan dari YouTube down diantaranya:

“2x restart hp, hidup matiin hp ternyata….. #YouTubeDOWN” tulis akun bernama @Sylvia-nilam.

“Gua kira punya adik gua doang yang down jadi gua bilang ke dia “itu akun lu diblokir kali ama youtube” padahal udah senang gue biar dia gak youtube-an mulu. Eh ternyata salah duga ternyata rata dong semuanya down wkwk #YouTubeDOWN” tulis akun bernama @asrulaffandi04.

Masalah tersebut rupanya sudah sampai di telinga pihak YouTube. Pihak YouTube juga mengonfirmasi bahwa ada masalah di platform miliknya namun penyebab gangguan tersebut tidak dijelaskan. Mereka melakukan konfirmasi melalui akun Twitter (@TeamYouTube).

“If you’re having trouble watching videos on YouTube right now, you’re not alone – our team is aware of the issue and working on fix. We’ll follow up here with any updates”.

“Jika saat ini Anda mengalami masalah ketika menonton video di YouTube, maka Anda tidak sendirian. Tim kami telah mengetahui masalah gangguan ini dan berupaya untuk segera memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti di sini dengan pembaruan apapun” ungkap pihak YouTube di akun Twitter-nya dan terjemahan bahasa Indonesia

Dengan adanya masalah tersebut, pihak YouTube tidak tinggal diam. Mereka langsung bertindak cepat dengan memperbaiki sistem YouTube agar tidak down.

Setelah dilakukan perbaikan dan gangguan hampir 2 jam, YouTube mengkonfirmasi bahwa kini telah normal dan bisa diakses kembali. Tidak hanya itu, melalui akun Twitternya mereka juga meminta maaf atas gangguan yang telah terjadi.

“…And we’re back–we’re so sorry for the interruption. This is fixed across all devices & YouTube service. Thanks for being patient with us”.

“…Dan kami sudah kembali lagi-kami memohon maaf atas gangguannya. Ini sedang diperbaiki di semua perangkat & layanan YouTube. Terima kasih telah bersabar untuk kami” tulis di akun @TeamYouTube dalam bahasa Indonesia

Setelah pihak YouTube mengkonfirmasi bahwa platform mereka sudah kembali normal lantas banyak pengguna yang juga ikut mengkonfirmasi dengan menulis tweet yang mengungkapkan bahwa mereka sudah bisa mengakses YouTube kembali. Seperti yang diungkapkan dalam beberapa tweet di bawah ini:

“YouTube-nya udah bisa :(:(: ungkap akun @hobie57152773

“Youtube udah sehat lagi 🙂 #YouTubeDOWN” ungkap di akun @sptnrch94_

“Alhamdulillah Youtube sudah bisa dibuka #YouTubeDOWN” tulis akun @NurZizi96

“#YouTubeDOWN beberapa menit yang lalu brader…liat jam di video gua dah normal” tulis di akun @romanasw15

“Baru beberapa jam #YouTubeDOWN aja rasanya kek hidup hampa wkwkwk. Tapi sekarang dah bisa lah” tulis di akun @PutriDewiAnggr5

 “Akhirnya bisa streaming lagi #YouTubeDOWN” tulis di akun @ChannelHilwa

Nah itulah informasi mengenai YouTube yang sempat mengalami gangguan atau down, bahkan masalah ini menjadi trending topic di Twitter dengan hashtag #YouTubeDOWN. Kini, YouTube sudah berjalan dengan normal kembali dan pengguna bisa mengaksesnya setelah dilakukan perbaikan oleh pihak YouTube.

Semoga apa yang ditulis  ini dapat memberikan informasi bagi kalian tentang apa yang terjadi pagi tadi di platform YouTube. Selamat membaca dan jangan lupa beri komentar di bawah ya.

To Top