Tech & Auto

Fitur Baru Di Aplikasi Zoom Dapat Mengeluarkan Pengganggu Saat Rapat Virtual Berlangsung

Zoombomber Fitur Baru Di Aplikasi Zoom

Saat ini, siapa yang tidak mengenal aplikasi Zoom? Semua orang pastinya mengenal aplikasi ini karena termasuk salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang mana banyak kegiatan yang dikerjakan dari rumah.

Banyaknya pengguna Zoom dari seluruh dunia membuat pihak pengembang terus menerus menambahkan fitur-fitur terbaru di setiap updatenya. Ketika pengguna aplikasi Zoom yang terus bertambah khususnya di tengah pandemi ini, sejumlah serangan mendadak muncul di aplikasi ini dimana aplikasi tersebut kadang menampilkan sejumlah video yang mengejutkan dan tentunya mengganggu. Hal itu dikenal dengan istilah Zoombombing.

Fitur Baru Zoom

Zoom telah mengumumkan beberapa fitur terbaru yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan ketika rapat virtual sedang berlangsung. Ada dua fitur baru yang diperkenalkan Zoom yang dapat digunakan pengguna untuk menjeda rapat untuk sementara waktu. Adanya dua fitur terbaru ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan di aplikasi Zoom. Selain itu, fitur baru tersebut juga dapat mengeluarkan seseorang yang mengganggu rapat atau dikenal dengan Zoombomber.

Hal itu seperti yang ditulis oleh Matt Nagel, Security & Privacy PR Leader dalam blog resmi Zoom, Senin, (16/11/2020)  bahwa “Zoom telah merilis dua fitur keamanan terbaru yang akan diluncurkan pada akhir pekan ini. Fitur ini digunakan untuk menghapus dan melaporkan adanya peserta rapat yang mengganggu. Selain itu, kami juga ingin membagikan informasi terkait  alat internal yang kami gunakan untuk mencegah sebelum terjadinya gangguan ketika rapat berlangsung”.

Dengan adanya fitur keamanan terbaru dari Zoom ini, kini pengguna yang ikut dalam suatu konferensi video dapat menghentikan jalannya rapat sementara untuk memblokir tampilan konten-konten buruk kemudian melaporkan Zoombomber ke pihak Zoom.

Pengguna yang memiliki tugas untuk menjeda rapat adalah seseorang yang bertindak sebagai host dan co-host atau penyelenggara rapat. Mereka dapat menjeda rapat dengan mengklik ikon “Keamanan” kemudian pilih Opsi “Tangguhkan Aktivasi Peserta” dan aktifkan. Setelah diaktifkan, semua video, audio dan obrolan yang sedang berlangsung di rapat akan berhenti sementara dan Breakout Room.

Host dan co-host jugalah yang bertugas melaporkan dan mengeluarkan peserta yang menjadi pengganggu rapat atau Zoombomber.  Sebelum itu, mereka akan ditanyai apakah mereka ingin melaporkan peserta yang ada di rapat yang dicurigai sebagai Zoombomber atau tidak.

Di sini, Host dan co-host akan membagikan detail dan menyertakan tangkapan layar sebagai bukti bahwa ada salah satu pengguna yang bertindak sebagai Zoombomber. Jika ingin melakukannya, host dan co-host bisa mengklik “kirim”. Setelah itu,  peserta yang dilaporkan akan dihapus dari rapat dan tim dari Trust & Safety Zoom akan langsung bertindak.

Setelah itu, rapat bisa kembali dilanjutkan dengan mengaktifkan kembali fitur yang ingin digunakan. Zoom juga akan mengirimi para peserta rapat email setelah rapat selesai untuk mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai Zoombomber tersebut.

Selain yang melaporkan adanya Zoombombers adalah host dan co-host yang bertindak sebagai penyelenggara rapat, kini  peserta rapat juga bisa melaporkan Zoombombers secara langsung dari klien Zoom dengan mengklik ikon “Keamanan” seperti yang dilakukan oleh host dan co-host.

 

Report

Fitur “Tangguhkan Aktivasi Peserta” ini diaktifkan secara default untuk semua pengguna baik yang gratis maupun berbayar.  Perlu diketahui bahwa kedua fitur baru yang dimiliki oleh Zoom ini tersedia di Mac, PC, Linux dan sistem operasi smartphone baik itu Android maupun iOS dengan dukungan klien web dan VDI yang akan hadir di akhir tahun 2020 nanti.

Nah itulah informasi mengenai fitur baru yang dimiliki oleh Zoom dimana fitur tersebut dapat mengeluarkan pengganggu atau Zoombomber dari jalannya rapat yang sedang berlangsung. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan informasi bagi kalian mengenai update terbaru dari Zoom. Selamat membaca.

To Top