Tekno & Auto

Apa Itu NFT? Berikut Penjelasan dan Cara Menjualnya

Apa Itu NFT? Berikut Penjelasan dan Cara Menjualnya

Apa itu NFT? NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token yang tidak bisa ditukarkan dan biasa ditemukan di blockchain. Walaupun sudah ada sejak tahun 2014 lalu, NFT makin diminati pada akhir 2021.

Blockchain sendiri merupakan teknologi yang dipakai sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung lewat kriptografi. NFT bisa dibilang adalah aset digital baik berupa data digital maupun barang koleksi yang dapat digunakan untuk membeli sesuatu secara virtual.

Barang seni maupun koleksi berupa foto, video, gambar, game dan lain sebagainya. Walaupun dapat digunakan untuk bertransaksi, namun berbeda dengan kripto, NFT tergolong sulit untuk diperdagangkan.

Lihat Juga: Disenggol Elon Musk, Harga Uang Kripto Shiba Inu Meroket

NFT mempunyai beberapa keunggulan, salah satunya adalah tingkat keasliannya. NFT memiliki konsep yang memungkinkan pembeli mempunyai barang asli tanpa ada yang dapat menirunya. Tak hanya itu, NFT juga menyertakan sertifikat bukti kepemilikan.

Beberapa situs yang menjadi pasar jual beli NFT adalah Mintable, Rarible, Nifty Gateway dan OpenSea. Setelah mengetahui apa itu NFT berikut cara membuat dan menjualnya.

Sudah Tau Apa Itu NFT? Lalu Bagaimana Cara Menjualnya?

Hal pertama yang harus dimiliki saat melakukan jual beli NFT adalah kripto sesuai platform atau pasar yang digunakan. Misalnya pasar Crypto Punk dan Rarible yang menerima transaksi menggunakan dollar dan ETH. Berikut rincian caranya:

Pilih Platform NFT

Hal pertama tentunya Anda harus memilih pasar yang tepat. Ada banyak pasar NFT yang menawarkan spesialisasi aset digital tertentu. Salah satu pasar terbesar di dunia saat ini yaitu OpenSea.

Jika sudah menentukan pasarnya, silahkan tautkan dengan dompet cryptocurrency. Kemudian pilih “Mint of NFT” dan unggah dokumen digital Anda. Proses ini bisa berbeda pada tiap pasar, namun tidak terlalu berbeda jauh.

Lihat Juga: 6 Mata Uang Digital Selain Bitcoin Yang Cocok Dijadikan Investasi

Apabila tertarik untuk memonetisasi pekerjaan Anda secara pasif lewat royalti, Anda dapat menetapkan jumlah royalti selama proses pencetakan.

Unggah NFT yang Hendak Dijual

Apa itu NFT sudah, memilih platform juga sudah, sekarang saatnya mengunggah NFT yang akan anda jual, caranya yaitu:

Jika sudah mencetak NFT seperti penjelasan sebelumnya, Anda akan diminta untuk mendaftarkan NFT yang akan dijual. Dalam menjual NFT ini, mungkin Anda akan dikenai biaya tambahan.

Anda hanya perlu mengklik “Jual” kemudian mengikuti petunjuk lainnya sesuai pasar yang dipilih. Anda dapat menambahkan informasi rinci terkait transaksi seperti, mata uang kripto yang digunakan untuk pembayaran, harga hingga batas waktu penjualan.

Nantinya, Anda juga akan diminta membayar biasa gas alias gas fees yang merupakan biaya jaringan blockchain Ethereum. Selain itu juga akan ada biaya penanganan yang jumlahnya bervariasi tergantung pada kesibukan blockchain saat itu.

Sekarang sudah tahu kan apa itu NFT? Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top