Tekno & Auto

Baru Dirilis, iPhone 14 Series Alami Masalah dengan FaceTime dan iMessage

iPhone 14 series

Produk iPhone 14 Series sudah mulau terjual di beberapa negara mulai akhir pekan ini menemui banyak masalah.

Produk iPhone 14 Series yaitu iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max sudah dijual di beberapa negara mulai akhir pekan ini. Namun, tak lama kemudian, tiga ponsel terbaru dari Apple ini justru sudah bermasalah.

Dalam dokumen dukungan yang diunggah oleh Apple, iOS 16.0 memiliki masalah aktivasi. Masalah ini membuat aplikasi iMessage dan FaceTime tidak bisa berfungsi dengan benar saat iPhone 14 pertama kali diaktifkan. Masalah yang diungkap Apple antara lain kesulitan menerima pesan iMessage atau panggilan

Masalah yang diungkap Apple antara lain kesulitan menerima pesan iMessage atau panggilan FaceTime, muncul gelembung hijau alih-alih gelembung biru saat menghubungi pengguna iMessage lainnya, percakapan di Messages ditampilkan dalam dua utas yang berbeda, dan penerima melihat pesan yang dikirimkan pengguna datang dari akun yang salah.

Singkatnya, iOS 16.0 memiliki bug terkait set up perangkat terkait aktivasi perangkat dengan iMessage dan FaceTime. Tentu saja timing masalah ini tidak tepat mengingat hari ini konsumen sudah bisa membeli iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max dengan iOS 16.0.

Untungnya, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, ini sudah mengatasi dua masalah ini dengan update iOS 16.0.1. Update ini sudah diluncurkan sehari sebelum penjualan iPhone 14 dibuka, seperti dikutip dari 9to5Google, Minggu (18/9/2022).

Apple mengatakan masalah terkait iMessage dan FaceTime akan diperbaiki dengan memperbarui sistem operasi iPhone 14 ke iOS 16.0.1. Sebagai bagian dari proses set up perangkat baru, iPhone yang baru dibeli mungkin akan meminta pengguna untuk update sistem operasi terlebih dahulu sebelum masuk ke halaman utama.

Jika pengingat ini tidak langsung muncul saat set up perangkat baru, pengguna bisa memperbarui sistem operasi iPhone 14 dengan membuka Settings > General > Software Update.

Jika masih mengalami masalah dengan iMessage dan FaceTime setelah update iOS 16.0.1, pengguna mungkin harus mengotak-atik pengaturan iMessage. Apple menyarankan untuk cek Settings > Cellular dan pastikan iPhone terhubung dengan jaringan.

Setelah itu buka Settings > Messages > Send & Receive. Ketuk nomor telepon yang kalian gunakan untuk iMessage. Setelah itu buka Settings > FaceTime dan ketuk nomor telepon yang digunakan untuk FaceTime. Langkah-langkah tersebut seharusnya bisa me-reset proses aktivasi dan iPhone 14 yang baru dibeli bisa berfungsi dengan normal.

Pada produk sebelumnya yaitu iPhone 13, Sejumlah pengguna juga mengeluhkan layar ponselnya berubah menjadi merah muda pink. Gara-gara gangguan layar tersebut, pengguna harus me-restart iPhone 13 miliknya agar bisa dipakai kembali.

Dalam sebuah forum diskusi Apple, seorang pengguna mengunggah keluhan pada Oktober lalu. Pengguna tersebut melaporkan, layar iPhone 13 Pro-nya berubah jadi pink dan mengalami crash dengan sendirinya.

Baca juga: iPhone 14 Resmi Meluncur, Kapan Dijual di Indonesia?

iPhone 14 Series
Iphone 14 Series

Review iPhone 14 series

Berbarengan dengan masalah itu, berikut review dari beberapa pengguna iPhone 14 series. Pastikan kalian memahaminya dan membaca sampai habis sebelum memutuskan membeli produk teranyar dari Apple Inc. ini.

Banyak yang menilai HP anyar Apple itu mumpuni. Namun pada dasarnya ini adalah iPhone 13S, karena begitu sedikit peningkatan.

Alhasil sejumlah media luar negeri malah kurang merekomendasikan pengguna iPhone 13 dan iPhone 12 untuk ganti ke iPhone 14. Terkecuali beralih ke iPhone 14 series yang layar yang lebih besar, hal tersebut dinilai sepadan.

Apple memang hanya memberikan peningkatan kamera dan fitur darurat -deteksi tabrakan dan SOS satelit-. Selain itu ada perbedaan signifikan dari iPhone sebelumnya.

The Verge

“Temui iPhone 13S” demikian The Verge menuliskan judul review mereka. Tinjauan tersebut menunjukkan kurangnya peningkatan dan fakta bahwa iPhone 13 masih dijual, dan dengan harga USD 100 lebih murah daripada iPhone 14.

Ada hal yang menarik diungkap, yakni tonjolan kamera iPhone 14 yang sedikit lebih besar. Ini berarti casing iPhone 13 tidak muat, jadi harus membeli yang baru ketika beralih ke iPhone 14.

Sebagian besar ulasan menyebutkan jurang antara iPhone 14 standar dan model Pro semakin besar, terutama segi fitur, dengan fokus pada always on display dan notifikasi Dynamic Island.

CNBC

CNBC secara tegas menganjurkan orang-orang mengadopsi iPhone 14 Pro, atau bahkan iPhone 13 Pro saja. Begitu banyak fitur yang tidak dimiliki iPhone 14, salah satunya ProMotion yang membuat guliran layar semakin mulus.

CNET

Dalam video reviewnya, CNET sedikit manis. Mereka menilai iPhone 14 series adalah upgrade yang bagus untuk semua orang.

Namun yang paling disarankan untuk beralih ke iPhone terbaru adalah pemilik iPhone 11. “iPhone 14 series adalah peningkatan hebat yang memberi Anda masa pakai baterai yang lebih baik, peningkatan kinerja, layar yang jauh lebih baik, daya tahan dan kamera yang lebih baik, serta fitur keselamatan seperti deteksi tabrakan dan SOS darurat melalui satelit, “kata ulasan itu.

Engadget

Engadget mengatakan bahwa iPhone 14 series kontroversial dan mengecewakan. Kebanyakan orang dapat dengan mudah melewatkan ponsel ini. Tetapi siapa pun yang meningkatkan dari iPhone 11 atau lebih tua akan senang.

TechRadar

iPhone 14 series adalah smartphone yang mumpuni dengan CPU yang sangat mumpuni, layar yang indah, dan kamera yang bagus. Jika ingin mencari layar besar dengan anggaran terbatas bisa lihat iPhone 14 Plus. Pada kesimpulannya iPhone 14 series dinilai sebagai iPhone yang solid namun tidak spektakuler.

Tomsguide

iPhone 14 series adalah ponsel yang sangat baik secara budget, menawarkan kamera yang ditingkatkan, chip A15 Bionic yang lebih cepat, dan Action Mode yang menyenangkan untuk pengambilan video. Beberapa mungkin akan melirik iPhone 14 Plus karena layarnya yang lebih besar dan baterai yang lebih besar.

Jadi kalian sudah memutuskan mau memilih iPhone 14 series yang mana? iPhone 14, atau pilih iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top