Tekno & Auto

Di Rumah Pakai TV Analog atau Digital? Ini Cara Mengeceknya

Cara Membedakan TV Analog dan Digital

Siaran TV analog bakal bermigrasi ke siaran digital alias Analog Switch Off (ASO) secara bertahap. Ada beberapa cara mengecek siaran TV sudah digital atau masih analog.

Tidak sedikit masyarakat yang belum paham bagaimana cara mengetahui TV di rumah masih analog atau sudah digital. Masyarakat yang televisi miliknya masih menangkat siaran TV analog maka harus memasang perangkat Set Top Box (STB) agar siaran TV digital bisa ditangkap.

Lalu, bagaimana cara mengecek siaran TV sudah digital atau masih analog? Berikut tipsnya.

Cara Mengecek TV Analog atau Digital

1. Cek Fitur HDTV

Fitur HDTV biasanya terletak di bodi TV. Pada TV digitan akan memiliki label atau jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan lainnya.

Jika tidak menemukan salah satu dari label di atas, maka dapat dipastikan televisi Anda adalah TV analog.

2. Cek di Situs Kominfo

Kominfo memiliki laman khusus bagi masyarakat untuk mengetahui apakah perangkat TV sudah mendukung siaran digital. Untuk mengeceknya, anda bisa langsung menuju ke laman ini https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi.

Jika merek dan tipe televisi milik Anda tercantum, berarti Anda telah menggunakan TV digital dan tak perlu STB.

3. Ketahui Spesifikasinya

Ketahui TV masih analog atau sudah digital lewat spesifikasi televisi yang Anda miliki. Untuk mengeceknya, Anda bisa mencarinya di internet atau lewat halaman resmi merek televisi tersebut.

Lihat Juga: Mengenal TV Analog yang Mulai Hari Ini Siarannya Dihentikan di Indonesia

4. Cari Saluran Digital

Cara paling mudah untuk mengecek apakah TV Anda sudah digital atau masih analog adalah dengan mengetesnya. Anda hanya perlu mencari channel menggunakan remot TV.

Jika muncul pilihan channel digital atau DTV, artinya TV milik Anda sudah bisa menerima siaran digital. Tapi jika tidak muncul, bisa dipastikan TV Anda masih analog karena tidak bisa memproses channel-nya.

Itulah cara mengecek TV analog atau digital agar tidak salah, jika memang masih analog, tidak ada salahnya untuk segera membeli STB.  

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top