Tekno & Auto

Hanya 4 Minggu, Yakin Aspal Sirkuit Mandalika Selesai Diperbaiki Tepat Waktu?

Hanya 4 Minggu, Yakin Aspal Sirkuit Mandalika Selesai Diperbaiki Tepat Waktu?

Beberapa waktu lalu para pembalap MotoGP 2022 yang telah melakukan tes pramusim mengeluhkan aspal Sirkuit Mandalika yang terkelupas. Menanggapi hal tersebut pengaspalan ulang akan dilakukan pada beberapa bagian.

Pengaspalan ulang ini harus selesai seminggu sebelum MotoGP Mandalika digelar. Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (PP) Novel Arsyad, menuturkan proses pengaspalan ulang tersebut bakal dilakukan sebaik mungkin, sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

"Kita tak tanggung-tanggung melakukannya. Pertama kita akan melakukan pengelupasan pada lapisan aspal teratas kurang lebih 4 cm dan langsung kita bersihkan untuk kita lakukan aspal ulang," kata Novel dalam Press Briefing Pasca Mandalika MotoGP Official Test dan menyambut Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (16/2/2022).

Novel menegaskan bahwa hanya beberapa titik aspal Sirkuit Mandalika saja yang akan dilakukan pengaspalan ulang. Ia menyebut kurang lebih sekitar 15-17 persen dari lintasan. Yaitu mulai tikungan 16,5 hingga tikungan 5,5.

Lebih lanjut, Novel mengatakan, kini mesin Asphalt Mixing Plant (AMP) telah siap di Lombok. Sementara itu, sejumlah material yang diperlukan juga dalam proses pengiriman dari beberapa wilayah. Untuk mempercepat distribusi ke Mandalika, proses pengiriman beberapa alat pun menggunakan moda transportasi dan pengawalan khusus.

PT PP menargetkan proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dapat diselesaikan paling lambat pada 10 Maret 2022 atau seminggu sebelum MotoGP Mandalika berlangsung.

Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik dari Sepang, Tapi Kok Bisa Terkelupas?

Sirkuit Mandalika memakai aspal terbaik dari Inggris yang telah digunakan di beberapa sirkuit besar dunia seperti Sirkuit Philip Island (Australia) dan Sirkuit Silverstone (Inggris). Aspal Sirkuit Mandalika bahkan lebih baik dari Sirkuit Sepang, Malaysia. Namun, kenapa aspal Sirkuit Mandalika ada yang terkelupas ketika digunakan untuk tes pramusim MotoGP 2022?

Menjawab hal tersebut, Novel Arsyad menjelaskan bahwa pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika telah dilakukan sesuai standar dan dikerjakan dengan sangat hati-hati. Namun memang ia mengakui ada beberapa titik yang aspalnya terkelupas.

Lihat Juga: Pujian untuk Sirkuit Mandalika dari Pembalap hingga Tim WSBK: Nama Jokowi Ikut Disebut

Namun ia menyampaikan bahwa bagian yang terkelupas tersebut relatif kecil dan dapat diperbaiki dengan cepat. Beda cerita jika aspal yang terkelupas ada di seluruh lintasan utama Mandalika.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top