Tekno & Auto

Jadi Google Doodle, Mangkuk Ayam Jago Ternyata Bukan dari Indonesia

Google Doodle Mangkuk Ayam Jago

Desain Google Doodle kembali mencuri perhatian warganet Indonesia. Kali ini, desain rooster bowl alias mangkuk ayam jago yang ikonik muncul pada laman penelusuran Google Search.

“Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikon, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jago berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang,” tulis Google seperti mengutip dari situs resmi Doodle, Senin (12/9/2022).

Google menampolkan mangkuk ayam jago di laman penelusurannya untuk memperingati pendaftaran dari pemerintah Thailand atas desain tersebut pada 9 tahun lalu atau 2013.

Dari Mana Desain Mangkuk Ayam Jago Berasal?

Pada 2013 lalu, desain mangkuk ayam jago didaftarkan oleh pemerintah Thailand sebagai Produk Indikasi Lampang, yakni salah satu provinsi di Thailand. Menurut Google, meski didaftarkan oleh Thailand, namun desain mangkuk yang ikonik ini sebetulnya berasal dari Tiongkok.

Oleh karenanya, desain mangkuk ini menjadi salah satu yang banyak tersebar di wilayah Asia. Bahkan, masyarakat Indonesia masih menggunakannya hingga sekarang.

Pada desin aslinya, ayam jago memiliki arti sebagai kerja keras, sementara daun pisang dan bunga peony merah menjadi lambang mimpi untuk keberuntungan.

Sebagai informasi, popularitas Lampang sebagai produsen mangkuk ini dimulai sejak 1957. Saat itu, banyak pabrik pembuatan mangkuk dibuka oleh para pengusaha di wilayah tersebut.

Lihat Juga: Profil Sandiah Ibu Kasur yang Jadi Google Doodle 16 Januari 2022

Lampang dipiling karena wilayahnya banyak mengandung mineral lempung, sehingga cocok dijadikan keramin. Ketika produksi peralatan makan di Lampang dimulai, mangkuk ini jadi salah satu yang terlaris dan dampaknya ekonomi masyarakat pun ikut meningkat.

Diketahui, hingga kini, Lampang masih memproduksi mangkuk ayam jago tersebut. Namun, tidak banyak yang membuatnya dengan bahan dan gaya tradisional. Hal ini menyebabkan mangkuk ayam asli yang dilukis secara manual menjadi barang koleksi langka.

Sementara itu, desain mangkuk ayam jago yang ditampilkan Google Doodle hari ini, Senin (12/9/2022) adalah karya Helene Leroux. Dalam desainnya, ayam jago terlihat berlari dalam mangkuk. Bunga peony dan daun tampak mengapit mangkuk tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top