Tekno & Auto

Kecelakaan Maut Bekasi Tewaskan 7 Anak-anak, Berapa Batas Kecepatan di Zona Sekolah?

Kecelakaan Maut Bekasi

Kecelakaan maut truk kembali terjadi. Kali ini, kecelakaan maut Bekasi disebabkan oleh truk trailer menabrak tiang BTS di sekitar Jalan Sultan Agung, Kranji, Bekasi. Sementara ini, diduga truk melaju dengan kecepatan lebih dari 60km/jam. Namun, kepolisian masih akan menyelidiki lebih lanjut.

“Untuk sementara yang kami lihat adalah letak persneling ada di gigi 3. Kami duga kecepatannya pasti di atas 60 km/jam. Ini masih kita duga, kecepatannya nanti kita ukur,” terang Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Akibat kecelakaan Bekasi ini, 10 orang tewas. Tujuh di antaranya yaitu anak SD.

Berdasarkan foto yang beredar, kecelakaan tersebut terjadi di kawasan Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Tulisn ZoSS juga tampak dengan marka jalan berwarna merah terpasang di jalan sebagai tanda khusus awal dan akhir.

Perlu diketahui, terdapat aturan berkendara di ZoSS yang tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.3582/AJ.403/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Pemberian Prioritas Keselamatan dan Kenyamanan Pejalan Kaki pada Kawasan Sekolah Melalui Penyediaan Zona Selamat Sekolah.

Lihat Juga: Kecelakaan Maut Cibubur, Tabrak Mobil dan Motor hingga Telan 10 Korban Jiwa

Dalam aturan tersebut dijelaskan, pengendalian lalu lintas pada kawasan ZoSS merupakan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mencegah kecelakaan. Ini untuk menjamin keselamatan siswa di sekolah. Karena itu, pengendara harus mematuhi peraturan yang ditetapkan.

Kemudian terkait kecepatan, di ZoSS terdapat rambu lalu lintas larangan mengendari kendaraan lebih dari 30km/jam atau larangan melaju melebihi 40km/jam. Artinya, batas kecepatan maksimal saat melintasi di ZoSS yaitu 40km/jam.

Kecelakaan Maut Bekasi: 10 Orang Meninggal Dunia, 20 Orang Luka-luka

Diketahui, kecelakaan maut Bekasi ini disebabkan oleh truk trailer dengan muatan besi. Truk tersebut dilaporkan melaju dari arah Kranji mengarah ke Cakung. Kemudian, truk maut itu diduga menabrak dua unit sepeda motor lebih dulu sebelum menghantam halte yang berada di depan sekolah dasar. Setelah itu, truk trailer tersebut menabrak tiang BTS.

Tiang itu lalu tumbang dan menimpa kendaraan di seberang jalan. Total, terdapat 30 orang yang menjadi korban. Di antaranya 10 orang meninggal dunia dan 20 orang lainnya luka-luka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top