Tekno & Auto

Kominfo Bakal Blokir Whatsapp, Instagram hingga Google, Apa Alasannya?

Kominfo Blokir WhatsApp

Sejumlah aplikasi dan situs asing populer di Tanah Air seperti Whatsapp, Instagram hingga Google bisa diblokir pemerintah jika tidak mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menyampaikan, aturan PSE Lingkup Privat wajib bagi seluruh perusahaan teknologi, baik lokal maupun asing. Semua wajib mendaftar ke negara.

“Seluruh penyelenggara sistem elektronik privat, PSE, baik swasta murni maupun yang badan usaha milik negara harus melakukan pendaftaran PSE untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan kita paling lambat tanggal 20 Juli ini sudah harus ya melakukan pendaftaran,” ujar Johnny kepada awak media, Minggu (17/7/2022).

Menurutnya, pendaftaran tersebut sangat mudah sehingga tak ada alasan secara administrasi.

“Pendaftaran mudah karena itu dilakukan melalui OSS atau online single submission, jadi tidak ada alasan hambatan administrasi,” kata Johnny.

Lihat Juga: WhatsApp Bagikan Informasi Bagi Pengguna, Begini Isi Statusnya

Dia menilai pendaftaran tersebut adalah wujud kepatuhan pada peraturan negara, di mana kesempatan yang begitu luas diberikan kepada sektor digital.

“Saya tidak memisahkan apakah ini PSE global atau PSE lokal, tapi PSE privat, baik swasta murni maupun BUMN harus melakukan pendaftaran. PSE publik seperti PeduliLindungi misalnya juga perlu melakukan pendaftaran, mekanismenya adalah mekanisme pendaftaran PSE publik. Ya perlu saya sampaikan PeduliLindungi sudah terdaftar sebagai PSE publik,” jelasnya seperti mengutip laman detikcom.

Daftar Aplikasi yang Belum Daftar PSE, Termasuk WhatsApp

Sejauh ini beberapa PSE besar telah mendaftarkan diri, di antaranya Traveloka, Gojek, Ovo, Tokopedia, Resso, TikTok, Capcut, Helo, Mi Chat, Linktree, Dailymotion dan Spotify.

Menurut pantauan LoperOnline.com pada Senin (18/7/2022) di laman daftar PSE Kominfo, aplikasi seperti YouTube, Google, Meta beserta anak perusahaannya (Instagram, WhatsApp, Facebook), Twitter, Netflix hingga PUBG Mobile belum tercantum di daftar PSE.

Lihat Juga: Per Februari 2021, Ini Pembaruan Kebijakan WhatsApp

Sebelumnya, pihak PUBG Mobile mengatakan sedang melakukan proses registrasi, sebagai bentuk menaati peraturan pemerintah.

Perlu diketahui, pendaftaran PSE dapat dilakukan hingga 20 Juli 2022. Apabila tak dilakukan, maka operasinya di Indonesia akan diblokir pada hari selanjutnya, yaitu 21 Juli 2022.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top