Tekno & Auto

Mengenal Fungsi Zebra Cross yang Digunakan untuk Citayam Fashion Week

Fungsi Zebra Cross

Citayam Fashion Week yang dilakukan oleh sejumlah remaja di zebra cross sekitar Dukuh Atas, Jakarta Pusat, sedang menjadi sorotan. Hampir setiap sore para remaja “Sudirman Citayam Bogor Depok” (SCBD) nongkrong dan memamerkan busana yang mereka kenakan. Para remaja tersebut juga menjadikan zebra cross layaknya catwalk tempat mereka berjalan ala model. Padahal fungsi zebra cross sendiri sebagai tempat penyeberangan orang.

Tak ayal, hal itu membuat Jalan Jenderal Sudirman macet sebab banyak orang yang ingin melihatnya. Pihak kepolisian pun mengatakan bahwa kegiatan Citayam Fashion Week melanggar UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Akibatnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menemukan solusi dan mencari lokasi baru untuk Citayam Fashion Week.

Lalu, Apa Sebenarnya fungsi Zebra Cross?

Melansir dari Smithsonian, Minggu (24/7/2022), zebra cross pertama kali dipasang pada 1951 di Slough, Inggris. Sebab motif yang bergaris itulah kemudian tempat penyeberangan tersebut dinamakan zebra cross.

Lihat Juga: Muncul Fenomena Citayam Fashion Week, Ternyata Begini Lho Awal Mulanya

Fungsi zebra cross yaitu sebagai tempat dan fitur keselamatan bagi orang-orang yang ingin menyeberangi jalan dan pengemudi. Dengan adanya zebra cross, pejalan kaki bisa lebih aman saat menyeberang.

Sebelum seperti saat ini, area penyeberangan bagi pejalan kaki ini awalnya ditandai menggunakan kancing logam di jalan serta tiang di samping. Tetapi, seiring waktu, pemerintah mencoba dengan menggunakan berbagai tanda cat yang berbeda untuk semakin meningkatkan keselamatan.

Hingga akhirnya, muncul sebuah ide untuk mengecat garis-garis hitam dan putih agar mudah dikenali.

Dikutip dari ground to ground, garis-garis hitam dan putih ini memudahkan para pejalan kaki dan pengemudi untuk mengenalinya. Dengan begitu, pengemudi juga dapat mulai mengurangi kecepatan kendaraannya saat melihat zebra cross dari jauh.

Lihat Juga: Tidak Ada Negara Di Dunia Yang Menerapkan Jalan Tol Pakai Sistem Ganjil-Genap

Oleh sebab itu, zebra cross diperlukan di lokasi yang memungkinkan pengendara mempunyai visibilitas yang baik dari pejalan kaki yang sedang menunggu. Selain itu, tidak diperbolehkan ada penghalang di trotoar yang dapat menghalangi pandangan pejalan kaki.

Zebra cross juga tak boleh dipasang di tempat yang memiliki sudut sempit ataupun bukit yang curam. Bukan itu saja, trotoar di area zebra cross juga harus dibuat lebih lebar. Dengan begitu fungsi zebra cross bisa maksimal sebagai tempat penyeberangan. Pengendara juga dapat melihat lebih jelas jika ada pejalan kaki yang menunggu di pinggir trotoar untuk menyeberang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top