Tekno & Auto

Ngerinya Perubahan Iklim yang Ditampilkan Google Doodle untuk Peringati Hari Bumi 2022

Ngerinya Perubahan Iklim yang Ditampilkan Google Doodle untuk Peringati Hari Bumi 2022

Hari Bumi 2022 diperingati Google Doodle dengan menampilkan foto dampak perubahan iklim dari tahun ke tahun yang terlihat nyata di berbagai tempat, termasuk Gunung Kilimanjaro.

Potret-potret itu ditampilkan Google dengan memanfaatkan citra real timelapse dari Google Earth Timelapse dari empat sudut Bumi.

Foto pertama memperlihatkan Gunung Kilimanjaro yang berada di Tanzania, Afrika. Tampak dengan jelas perubahan yang terjadi mulai Desember 1986 hingga Desember 2020 di mana gletser menjadi semakin sedikit dari tahun ke tahun.

Lihat Juga: Puncak Jaya Papua, Gletser Terakhir Di Asia Yang Makin Sekarat

Foto kedua menunjukkan mencairnya lapisan es di Sermersooq, Greenland sejak tahun 2000-2020. Es yang tadinya melapisi seluruh Greenland, kini perlahan mencair dan bahkan hampir tidak terlihat lagi.

Ketiga, gambar Great Barrier Reef yang terletak di Australia. Warna koral di bawa laut itu terlihat berubah. Sedangkan foto perubahan iklim terakhir yang ditampilkan Google Doodle adalah kondisi Harz Forests yang berlokasi di Elend, Jerman.

Harz Forests yang sebelumnya berwarna hijau karena tertutup pepohonan kini menjadi warna cokelat. Perubatan tersebut dikarenakan serangan kumbang kulit kayu yang jadi hama akibat kenaikan suhu dan kekeringan ekstrim sejak tahun 1995-2000.

Penyebab Perubahan Iklim

Melansir laman resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), perubahan iklim yaitu perubahan jangka panjang pada suhu maupun pola cuaca. Pergeseran tersebut terjadi secara alami, salah satunya lewat variasi siklus matahari.

Namun sejak 1800-an, aktivitas manusia menjadi penyebab utamanya, terutama karena pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara dan gas.

Pembakaran tersebut menghasilkan emisi gas rumah kaca yang menjadi layaknya selimut bagi Bumi. Efeknya, suhu Bumi pun semakin meningkat.

Lihat Juga: Mau Ikutan Game Kuis Hari Bumi? Begini Cara dan Link Mainnya

Contoh emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab perubahan iklim termasuk metana dan karbon dioksida.

Pembukaan lahan serta hutan juga bisa melepaskan karbon dioksida. Sementara emisi metana bersumber dari pembuangan sampah. Industri, energi, bangunan, tata guna lahan, transportasi dan pertanian termasuk sebagai penghasil emisi utama.

Lewat foto-foto itu Google seolah ingin membuat para penggunanya sadar betapa seriusnya perubahan iklim. Penduduk Bumi diminta untuk ikut bertanggung jawab atas apa yang terjadi.

“Bertindaklah sekarang dan bersama-sama demi hidup lebih berkelanjutan dan menghindari dampak terburuk dari perubahan iklim,” mengutip Google Doodle.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top