Tekno & Auto

Panduan Google Maps dengan Sepeda Motor Agar Tidak Nyasar Masuk Tol

Panduan Google Maps dengan Sepeda Motor Agar Tidak Nyasar Masuk Tol

Berikut ini panduan Google Maps pakai motor supaya tidak tersesat ke tol.

Aplikasi peta digital seperti Google Maps memang cukup membantu pengendara untuk memandu perjalanan supaya tak tersesat. Namun, beberapa kasus kerap terjadi ketika penggunanya justru hilang arah atau salah jalan saat keliru pada arahan peta digital itu.

Terbaru kasus seorang pelajar SMP berinisial KS (16) yang salah jalan hingga masuk ke ruas Tol Jakarta-Cukampek (Japek) KM 0.800 ketika mengendarai sepeda motor, Kamis (17/2/2022) pukul 06.30 WIB.

Dia pun mengalami kecelakaan sebab motornya terserempet mobil yang melaju di jalan bebas hambatan tersebut. Ternyata KS masuk tol karena dirinya salah membaca Google Maps.

Panduan Google Maps Pakai Sepeda Motor

Supaya tak salah jalan, berikut ini panduan Google Maps untuk sepeda motor yang harus kamu simak.

Lihat Juga: Travel Apps Gratis yang Anda Butuhkan saat Traveling

Aturlah Peta Sesuai Kebutuhan

Pastikan telah mengatur pengaturan  peta digital sesuai dengan kebutuhan. Paling mudah yaitu dengan memastikan moda transportasi yang digunakan adalah mobil sehingga tak diarahkan ke jalan sempit yang biasanya hanya cukup untuk dilalui sepeda motor atau pejalan kaki. Pelajari juga menu maupun fitur lainnya seperti pilihan penggunaan jalan tol.

Tapi jika Anda adalah pengguna motor, aturlah rute hanya untuk perjalanan kendaraan roda dua. Hal ini untuk menghindari Anda untuk diarahkan ke jalan tol. Pilihan menggunakan sepeda motor atau mobil yaitu dengan memilih fitur yang tersedia sebelum perjalanan dimulai.

Pelajari Rutenya

Ini adalah langkah terpenting yang wajib dilakukan. Setelah memasukkan alamat yang ingin dituju, jangan langsung berkendara ke lokasi.

Lihat Juga: Geger Google Street View Diprotes Warga Sampai Bawa-bawa Surat KSP

Baca dulu rute yang ditunjukkan pada peta digital untuk memastikan Anda akan diarahan kemana. Hal ini untuk memberikan gambaran rute yang akan Anda lalu agar menghindari tersesat.

Perhatikan pula kemacetannya, biasanya ditandai dengan warna lajur merah. Tidak ada salahnya untuk mempelajari juga rute alternatif yang berwarna abu-abu, mungkin rutenya justru lebih familiar dan cepat.

Ikuti Peta Digital

Panduan Google Maps selanjutnya yakni usahakan untuk fokus kea rah jalan dan jangan terlalu sering melihat layar ponsel karena berbahaya. Anda bisa fokus ke perintah suara yang akan keluar saat menunjukkan arah yang dituju dari aplikasi peta digital sehingga tidak mengganggu konsentrasi mengemudi.

Namun jangan begitu saja percaya 100% dengan peta digital, perhatikan rambu-rambu lalu lintas mengingat akurasi aplikasi peta digital di RI masih perlu ditingkatkan.

Itulah beberapa panduan Google Maps atau peta digital yang bisa anda ikuti untuk menghindari tersesat karena salah mengambil arah atau rute.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top