Tekno & Auto

Pelat Nomor Putih Diterapkan Mulai Juni 2022, Kendaraan Ini yang Diprioritaskan

Pelat Nomor Putih

Pelat nomor putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan pribadi akan diterapkam mulai bulan Juni 2022. Penerapannya bakal dilakukan serentah di seluruh wilayah Indonesia.

“Kemarin saya sudah bilang tahun ini, secepatnya. Proses lelang sudah selesai, jadi mudah-mudahan,” kata Dirregident Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus kepada CNNIndonesia, seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com, Selasa (17/5/2022).

“Mudah-mudahan bulan-bulan ini sudah bisa. Mudah-mudahan bulan depan sudah bisa jalan,” sambungnya.

Kendaraan yang Diprioritaskan Dapat Pelat Nomor Putih

Yusri juga memaparkan teknis penerapan pelat nomor kendaraan ini bakal dilaksanakan secara bertahap. Kendaraan baru diregistrasi dan kendaraan yang telah memasuki waktu berganti pelat atau pajak lima tahunannya telah berakhir akan diprioritaskan.

“Kita prioritaskan dulu untuk kendaraan baru dan kendaraan yang sudah 5 tahun matinya, jadi bertahap,” tuturnya.

Walau nantinya pelat nomor putih telah resmi diberlakukan, namun penggunaan pelat nomor hitam masih tetap berlanjut bagi kendaraan yang belum waktunya ganti pelat nomor.

“Hitam tetap jalan, putih tetap jalan. Pelat nomor hitam yang mati tahun depan masih tetap digunakan sampai habis,” jelas Yusri.

Soal biaya, Yusri mengatakan tak ada perubahan dan seluruh biaya pengurusan pelat nomor atau biaya cetak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) masih sama seperti sebelumnya.

Lihat Juga: Kontroversi Pelat Nomor Khusus Anggota DPR

Karena penerapan aturan ini dilakuan serentak di seluruh Indonesia, maka tak ada wilayah yang akan didahulukan. Tetapi Yusri menegaskan proses ini bakal dijalankan secara bertahap bagi kendaraan baru lebih dahulu.

“(Untuk wilayah) tidak ada yang didulukan, serentak se-Indonesia, tapi kan bertahap. Yang kendaraan baru dulu, nanti bulan depan kalau beli kendaraan baru sudah menggunakan warna putih,” tutupnya.

Di sisi lain, ada baiknya jika pengemudi tak terburu-buru memakai pelat nomor putih di jalan. Lantaran, penggantian pelat nomor sebelum waktunya dapat dikenai tilang polisi.

Bahkan, beberapa waktu lalu petugas telah memberlakukan sanksi tilang di Jambi. Dilansir dari Antara, pelat nomor dengan warna baru itu telah banyak digunakan di sana.

Oleh sebab itu, sebaiknya tunggu dulu hingga Anda benar-benar dapat menggunakan pelat nomor putih secara resmi dari kepolisian.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top