Tekno & Auto

Perbandingan Sirkuit Ancol dengan Mandalika, Apa Saja Bedanya?

Sirkuit Ancol

Indonesia pantas berbangga sebab mempunyai dua sirkuit bertaraf internasional untuk menggelar ajang balap mobil dan motor bergengsi. Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebelumnya sukses menjadi tuang rumah MotoGP edisi Maret 2022 lalu. Sementara Sirkuit Ancaol, Jakarta, tidak lama lagi akan menggelar ajang balap mobil listrik Formula E pada 4 Juni 2022. Lalu, seperti apa perbandingan Sirkuit Ancol dengan Mandalika dari segi layout trek utama?

Sebagai lintasan yang diutamakan untuk balap motor seperti MotoGP dan WSBK, Sirkuit Mandalika tentu mempunyai desain yang lebih kompleks. Selain itu, waktu pembangunannya juga lebih lama. Sirkuit Mandalika pun dilengkapi oleh service road yang mengelilingi bagian luar dan dalam lintasan utama.

Berdasarkan laman resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika secara total memiliki panjang 4,3 km dan 17 tikungan. Yakni 6 tikungan ke kiri dan 11 ke kanan. Sementara lebar Sirkuit Mandalika adalah 15 meter dan lintasan lurus paling panjang yaitu 723 meter.

Lihat Juga: Pujian untuk Sirkuit Mandalika dari Pembalap hingga Tim WSBK: Nama Jokowi Ikut Disebut

Sedangkan secara konsep, Sirkuit Mandalika mengusung konsep sirkuit jalan raya. Maksudnya, jika sedang tak digunakan untuk balapan, service road pada bagian luar dapat diakses oleh masyarakat. Selain itu, pada akhir pekan lintasan utama juga dapat digunakan untuk arena bersepeda atau jogging oleh publik.

Bedanya Sirkuit Ancol dengan Sirkuit Mandalika

Beralih ke Sirkuit Ancol di Jakarta. Sirkuit yang akan menggelar ajang balap mobil listrik pada pekan ini tergolong cepat dalam pembangunannya. Lintasan yang didesain mirip kuda lumping itu membentang sepanjang 2,4 km dengan lebar 12 meter.

Meskipun lebih sempit dan lebih pendek dari Mandalika, namun Sirkuit Ancol mempunyai jumlah tikungan yang lebih banyak, yaitu 18 tikungan. Sirkuit Formula E ini didominasioleh tikungan sempit dan patah, sehingga sangat tepat digunakan untuk balapan mobil seperti Formula E.

Lihat Juga: Final! Sirkuit Formula E di Ancol, Berbentuk Kuda Lumping

Karena khusus digunakan untuk balap mobil, Sirkuit Ancol ini tak memiliki area run off yang lebar atau gravel layaknya di sirkuit balap motor.

Nah, itulah beberapa perbedaan Sirkuit Mandalika dengan Sirkuit Ancol yang sebentar lagi akan menggelar kompetisi balap Formula E. Jadi lebih tahu kan?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top