Tekno & Auto

Sedang Diperbincangkan, Apa Itu Metaverse?

Sedang Diperbincangkan, Apa Itu Metaverse?

Mengutip news18.com, ‘meta’ berasal dari bahasa Yunani yang berarti setelah, di luar atau di seberang. Jadi, Metaverse bisa dikonotasikan sebagai tempat yang terletak di luar dunia atau alam semesta yang berada di dunia maya, namun terasa seperti nyata.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg sendiri telah mengumumkan perusahaannya berganti nama jadi Meta Paltforms Inc., yang kemudian disingkat Meta. Namun, konsep ini bukanlah hal baru.

Konsep Metaverse

Metaverse merupakan konsep yang melibatkan dunia maya di mana orang bisa berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi dan berkolaborasi tanpa harus berada di tempat yang sama. Hal ini sama seperti Zoom atau Google Meet.

Walaupun hanya menatap layar, namun masyarakat bisa benar-benar melihat kerabat atau orang lain seperti di hadapannya.

Pada 2014 lalu, Facebook telah merilis produknya yakni headset Oculus VR, pasca mengakuisisi perusahaan sebesar USD 2 miliar.

Lihat Juga: Mark Zuckerberg Umumkan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Facebook juga mengeluarkan perangkat lunak pertemuan yang disebut Horizon Workrooms. Perangkat lunak ini menggunakan headset Oculus VR-nya, walaupun berdasarkan ulasan awal belum memuaskan.

Cara Kerja

2019 lalu, Facebook untuk pertama kalinya menciptakan dunia virtual reality  (VR) dengan meluncurkan Facebook Horizon. Dunia virtual ini bisa dimasuki pengguna dengan menggunakan headset Oculus.

Lalu pada bulan Agustus, Horizon Workrooms dirilis, yang merupakan fitur di mana rekan kerja yang menggunakan headset VR bisa melakukan rapat di ruang virtual. Dalam rapat virtual tersebut pengguna akan muncul dalam versi 3D diri mereka sendiri.

Namun dalam perkembangannya, Metaverse menjadi sebuah ruang yang berkembang lebih jauh lagi. Dalam wawancara bersama The Verge, Mark Zuckerberg menyampaikan, Metaverse bukan saja realitas virtual, tapi juga akan bisa diakses oleh berbagai platform komputasi.

Di antara platform komputasi yaitu virtual dan augmented reality, komputer pribadi, konsol game dan perangkat seluler.

Menurut pendiri Facebook ini, Metaverse akan jadi lingkungan di mana orang-orang bisa bersama. Layaknya hibrida antara platform sosial yang ada saat ini, lalu “diwujudkan kembali di dalamnya”.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top