Tekno & Auto

Sejarah Pesawat Terbesar di Dunia, Antonov-225 yang Dihancurkan Rusia

Sejarah Pesawat Terbesar di Dunia, Antonov-225 yang Dihancurkan Rusia

Minggu (27/2/2022) waktu setempat, Rusia melakukan serangan udara ke Ukraina yang menghancurkan pesawat Antonov-225. Pesawat terbesar di dunia ini memiliki sejarah luar biasa, salah satunya sebagai pengangkut pesawat ulang alik ke antariksa.

Di masa Uni Soviet belum runtuh, Antonov-225 dirancang untuk bisa membawa pesawat yang lebih kecil di atasnya. Pesawat ini dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Kiev bernama Antonov.

Tujuannya sebagai pesawat pengangkut yang nantinya setelah berada di ketinggian tertentu, ‘muatan’ tersebut bakal melepaskan diri untuk menuju luar angkasa. Roket Energia dan pesawat ulang alik Buran adalah penumpang pesawat terbesar di dunia ini.

Lihat Juga: Spesifikasi Pesawat Terbang Sriwijaya Air SJ 182

Bahkan, pada penerbangan pertamanya pada 1988, pesawat ini langsung mencatatkan 106 rekor dalam sekali penerbangan. Alhasil, pesawat yang kemudian dinamakan Mriya ini pun menjadi perhatian dunia penerbangan kala itu.

Perjalanan Pesawat Terbesar di Dunia, Antonov-225

Pesawat satu ini setinggi 18,1 meter yang memiliki bodi badan sepanjang 84 meter dan rentang sayap hingga 88,4 meter.

Meskipun hanya mampu memuat enam kru, namun pesawat yang disokong oleh enam mesin turbofan tersebut mampu membawa beban mencapai 250 ton kargo. Antonov-225 dapat melesat dengan kecepatan 850 km/jam di udara.

Lihat Juga: Sejarah Konflik Rusia vs Ukraina yang Kini Makin Memanas

Mengutip dari Space, Rabu (2/3/2022) dari dua pesawat tipe AN-225, hanya satu pesawat yang selesai. Konstruksi pesawat kedua tidak rampung seiring dengan berakhirnya Uni Soviet pada tahun 1991. Pesawat terbesar di dunia ini pun terdampak yang kemudian hanya tersimpan di hangar pangkalan udara Ukraina.

Perusahaan Antonov dan perusahaan dari Inggris, Air Foyle, lalu membangunkan Antonov-225 menjadikannya sebagai pesawat angkut komersial.

Lihat Juga: Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Pesawat ini pun berjasa dalam pengiriman pasokan dalam jumlah banyak dalam satu penerbangan. Seperti, pasokan darurat untuk daerah bencana dan terakhir untuk mengangkut pasokan medis di tengah pandemi COVID-19.

Namun, pesawat terbesar di dunia yang tengah terparkir di Bandara Hostomel, dekat kota Kiev, menjadi sasaran Rusia yang tengah melakukan invasi ke Ukraina sejak 24 Februari.

"Pesawat terbesar di dunia, Mriya dihancurkan oleh Rusia di sebuah lapangan terbang dekat Kiev," tulis akun Twitter resmi negara Ukraina, Minggu (27/2/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top