Tekno & Auto

Siapa Hacker Bjorka Dan Kenapa ‘Serang’ Indonesia?

Identitas dan Alasan Hacker Bjorka Serang Indonesia

Identitas Hacker Bjorka banyak dicari, namanya pun melejit setelah mengunggah data registrasi hingga dokumen untuk Presiden RI. Lalu, adakah petunjuk terkait siapa sebenarnya sosok anonym ini?

Pada akun Twitter miliknya, Hacker Bjorka memberikan informasi profil berupa frasa “yea catch me if you can. email: [email protected]”.

Tercatat dirinya bergabung pada September 2022 dengan lokasi di Warsaw, Polandia. Hanya mengikuti satu akun, dia memiliki lebih dari 183.000 pengikut. Hal serupa juga terjadi di akun Telegram-nya.

Mengutip profil BreachForums, Bjorka yang memiliki status gender undisclosed (rahasia), dan baru bergabung di situs tersebut pada 9 Agustus 2022. Sementara waktu online-nya per Senin (12/9/2022) pagi, hanya 1 hari, 12 jam, 49 menit.

Baru bergabung selama dua bulan, reputasinya telah mencapai 537 dengan bintang enam.

Rekam Jejak Bjorka

Di breached.to, pembocoran pertama Bjorka yaitu data pelanggan Tokopedia pada April 2020 dengan ukuran 11 GB (compressed) dan 24 GB (uncompressed). Isinya yaitu user ID, password hash, email hingga nomor telepon.

Lihat Juga: Curigai Motif Hacker Bjorka, Founder Drone Emprit: Hati-hati Pencurian Data Pribadi

Selanjutnya, yakni 270.904.989 data pengguna Wattpad, 20 Agustus. Data tersebut dibobol pada Juni 2020. Isinya yaitu password, login, nomor telepon hingga nama pegguna.

Pada hari yang sama, hacker Bjorka juga mengunggah data 26 juta pelanggan IndiHome. Isinya yaitu nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), IP Adress, gender hingga situs yang dikunjungi.

Pada 31 Agustus, ia mengunggah 1,3 miliar data registrasi SIM Card yang disebut dirinya bobol dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Isinya NIK, nomor telepon, provider, hingga tanggal registrasi.

Tidak bergenti di situ, Bjorka kembali membobol 105 juta data kependudukan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 6 September lalu. Isinya adalah NIK, Nomor Kartu Keluarga (KK) hingga nama lengkap.

Yang lebih mengejutkan adalah, 9 September lalu ia melakukan pembocoran dokumen rahasia untuk Presiden Joko Widodo pada periode 2019-2021. Salah satunya ialah surat dalam amplop tertutup yang dikirim Badan Intelijen Negara (BIN).

Apa Motif Hacker Bjorka?

Rangkaian unggahan hacker Bjorka dominan mengenai Indonesia. Beberapa komentarnya ditujukan untuk Pemerintah RI, termasuk Kominfo pun sarkastis.

Lihat Juga: Kominfo Dapat Pesan Pedas dari Hacker Bjorka: “Berhenti Jadi Idiot!”

Bjorka memberikan petunjuk bahwa pembobolan data alias leak ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa lembaga pemerintah akan tetap bobrok jika dipimpin oleh orang yang bukan ahlinya.

this is a new era to demonstrate differently. nothing would change if fools were still given enormous power. the supreme leader in technology should be assigned to someone who understands, not a politician and not someone from the armed forces. because they are just stupid people,” kicau hacker Bjorka.

(ini adalah era baru untuk berdemo dengan cara berbeda. Tidak ada yang akan berubah jika orang bodoh masih diberi kekuatan yang sangat besar. Pemimpin tertinggi dalam teknologi harus ditugaskan kepada seseorang yang mengerti, bukan politisi dan bukan seseorang dari angkatan bersenjata. Karena mereka hanyalah orang-orang bodoh).

Kenapa Terobsesi dengan Kebijakan Indonesia?

Lewat akun Twitter miliknya @bjorkanisme, yang kini telah di-suspend, Bjorka sempa mengaku mempunyai hubungan emosional dengan RI karena seroang temannya di Polandia menjadi korban kebijakan Indonesia di masa lalu.

i have a good indonesian friend in warsaw, and he told me a lot about how messed up indonesia is. i did this for him (Saya punya teman orang indonesia yang baik di warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. saya melakukan ini untuknya),” tulis dia.

Lihat Juga: Hacker Bjorka Ancam Bocorkan Data Berisi Dokumen Rahasia Presiden RI

yea don’t try to track him down from the foreign ministry. because you won’t find anything. he is no longer recognized by indonesia as a citizen because of the 1965 policy. even though he is a very smart old man.”

(Ya jangan coba lacak dia dari kementerian luar negeri. karena Anda tidak akan menemukan apa-apa. dia tidak lagi diakui oleh indonesia sebagai warga negara karena kebijakan 1965. meskipun dia adalah orang tua yang sangat pintar), lanjut hacker Bjorka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top