Tekno & Auto

Suzuki Keluar dari MotoGP, Apa Alasannya?

Suzuki Keluar dari MotoGP

Pihak Suzuki angkat bicara terkait isu mundur dari kontestasi MotoGP. Mereka betul-betul mengindikasikan Suzuki keluar dari MotoGP.

"Suzuki Motor Corporation sedang dalam diskusi dengan Dorna terkait kemungkinan mengakhiri partisipasi di MotoGP pada akhir 2022," rilis pernyataan resmi Suzuki, Kamis (12/5/2022).

Suzuki mengatakan ada masalah ekonomi yang memaksa perusahaan untuk mengalihkan fokus pendanaan pada sektor vital. Akibatnya, tim Suzuki Ecstar diduga jadi lini yang bakal dikorbankan dalam waktu dekat ini.

"Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk fokus terhadap perubahan dunia otomotif dalam beberapa tahun terakhir, memaksa Suzuki mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru."

"Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang terdalam kepada tim Suzuki Ecstar, lalu pihak-pihak yang mendukung segala aktivitas tim sepeda motor balap Suzuki selama bertahun-tahun, dan kepada seluruh penggemar Suzuki yang sudah memberikan kami antusiasme dan dukungan," pungkas mereka.

Lihat Juga: Suzuki Akan Tambah Varian Ignis di Indonesia

Pernyataan Suzuki itu senada dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta yang membenarkan niat Suzuki keluar dari MotoGP.

"Kami sudah berbicara dengan Suzuki, pernyataan resmi pasti akan keluar besok (Kamis), dan kami sudah berbicara bagaimana mereka akan melakukannya," ujar Ezpeleta.

Suzuki keluar dari MotoGP setelah musim 2022 usai melakukan comeback tahun 2015 lalu. Krisis finansial menjadi alasan Suzuki memilih mundur dari MotoGP.

Alasan Suzuki Keluar dari MotoGP

Hingga kini, Suzuki belum menjelaskan alasan pengundurannya itu. Salah satu dugaan yang muncul yaitu Suzuki sedang mengalami krisis finansial setelah dihantam pandemi COVID-19. Suzuki disebut harus menyimpan uang untuk kebutuhan riset e-mobility.

Di sisi lain, mereka juga bakal merogoh kantong cukup dalam untuk tampil di kelas premier tanpa kehadiran sponsor utama. Dikutip dari Speedweek, pada November 2021 manajemen Suzuki memang hanya menyepakati final kontrak lima tahun.

Lihat Juga: MotoGP Portugal 2022: Valentino Rossi Kembali ke Paddock

Sementara untuk rencana enam bulan di Jepang semua dibatalkan meski Alex Rins dan Joan Mir sedang berjuang merebut kejuaraan dunia MotoGP 2022. Rins kini menempati posisi keempat klasemen sementara, sedangkan Mir menduduki urutan keenam.

Jika kabar ini benar, Suzuki akan keluar untuk kedua kalinya dari MotoGP. Sebelumnya, Suzuki mundur dari MotoGP periode 2012-2014. Saat itu Suzuki keluar dari MotoGP di ujung musim 2011 karena krisis finansial global.

Dengan demikian maka hanya lima tim pabrikan yang bakal balapan yakni, Yamaha, Honda, KTM, Aprilia dan Ducati.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top