Tekno & Auto

Whatsapp Segera Update 2 Minggu Lagi! Ini Daftar HP yang Tak Support Systemnya

Whatsapp

Pengumuman untuk menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp. Sejumlah tipe handphone (hp) berikut tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp mulai 24 Oktober 2022. 

“WhatsApp akan setop memberikan dukungan pada versi iOS ini, setelah 24 Oktober 2022,” tulis mereka.

Namun, tak ada rincian tanggal penghentian dukungan untuk sistem operasi yang lebih lawasnya.

WhatsApp memang terbilang rutin menyuntik mati akses aplikasinya di ponsel jadul pada setiap tahun. Perusahaan meninjau tiap perangkat dan software yang telah lama dan dengan pengguna yang sudah sedikit.

“Gawai dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara teratur meninjau sistem operasi apa yang kami dukung dan melakukan pembaruan”.

Lalu, apa yang jadi pertimbangan penghentian dukungan? Perusahaan pesan daring ini mengungkap itu terkait jumlah pengguna dan pembaruan keamanannya.

“Untuk memilih mana yang harus dihentikan dukungannya, setiap tahun kami, seperti perusahaan teknologi lainnya, melihat perangkat dan perangkat lunak mana yang paling tua dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit,” kata perusahaan.

“Perangkat ini juga mungkin tidak punya pembaruan keamanan terbaru, atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” lanjut WhatsApp.

Menanggapi berita ini, penting bagi Anda untuk mengecek, apakah hp Anda termasuk daftar yang tidak bisa menggunakan WhatsApp. Berikut bisa kalian cek lengkapnya disini:

Perangkat iOS yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp

Dikutip dari Tech Meta, WhatsApp, telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk perangkat iPhone apa pun yang tidak dapat menjalankan iOS 12 atau lebih tinggi. 

Pengguna iOS 11 dan yang lebih lama memiliki waktu hingga 24 Oktober 2022 untuk meningkatkan operating system (OS) mereka. Namun, belum jelas berapa banyak dari pengguna yang akan terpengaruh oleh berita ini. 

Tipe utama yang akan terpengaruh adalah iPhone 5 dan 5c yang dapat menjalankan iOS 11 tetapi tidak dapat menjalankan iOS 12 atau sistem operasi berikutnya yang dirilis oleh Apple. 

Dua OS tersebut pertama kali diluncurkan masing-masing pada 2016 dan 2017. Pengguna iPhone 4 dan 4s akan menghadapi masalah serupa karena alasan yang sama.

Perangkat Android yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp

Nasib yang sama akan dialami oleh pengguna dengan perangkat Android yang menjalankan OS Android apa pun sebelum OS 4.1 atau umumnya dikenal sebagai JellyBean. 

“Perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru Atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” Tulis Whatsapp dalam pers releasenya sambungnya 

Aplikasi yang menghentikan dukungan untuk model OS yang sudah ketinggalan zaman adalah praktik yang cukup umum. Perusahaan yang memproduksi perangkat lunak secara teratur membuat keputusan sulit mengenai kapan harus berhenti meluncurkan pembaruan untuk menjalankan sistem operasi yang lebih lama. 

Bahkan untuk perusahaan seukuran Meta tidak masuk akal apabila terus memperbarui aplikasi untuk model iOS yang semakin sedikit digunakan orang. Seperti diketahui, iPhone baru-baru ini merilis iPhone 14 series. 

Ada empat model iPhone 14 yang dirilis. Tiga di antaranya adalah model dengan penamaan lama, yakni iPhone 14 versi “reguler”, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Perangkat yang masih bisa menggunakan WA 

  • HP Android yang menjalankan OS 4.1 atau Jelly Bean dan yang lebih baru 
  • iPhone yang menjalankan iOS 12 dan yang terbaru
  • KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2

(mt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top