Travel

10 Kuliner Nusantara Terlezat, Ayam Betutu Masuk Di Daftar

Kuliner Indonesia dikenal sebagai makanan yang kaya akan rempah. Maka tidak perlu kaget lagi jika banyak makanan Indonesia masuk ke dalam daftar CNN’s World’s 50 Best Food. Mulai dari makanan berat hingga kuenya masuk dalam daftar. Bahkan Indomie Goreng Jumbo masuk dalam daftar mie instan atau ramen terenak di dunia oleh Los Angeles Times dalam food columnist.

Tidak hanya masuk dalam daftar, banyak kuliner nusantara yang masuk dalam pilihan kuliner terlezat. Indonesia memiliki lebih dari 30 provinsi dan ribuan kota yang punya kuliner khas yang memanjakan lidah. Berikut adalah rangkuman 10 kuliner khas nusantara terlezat yang bisa kamu cicipi.

1. Rendang

Rendang daging khas Padang/Foodizz.

Makanan khas Minangkabau ini merupakan olahan daging yang dimasak dengan rempah dan santan selama beberapa jam. Proses merendangnya merupakan kuliner olahan dengan daging yang berbumbu pekat dan gelap. Rasanya sangat lezat sekali. Rendang sangat lezat jika dimakan bersamaan dengan nasi dan sayur padang. Rasa dagingnya yang gurih dan kuah sayur padang yang menyatu dengan nasi benar-benar bikin lidah terasa dimanja.

2. Ayam Betutu

Ayam Betutu/Minenews ID.

Dikenal sebagai masakan khas Bali, Betutu bisa dibuat dengan ayam atau bebek utuh yang di dalamnya berisi bumbu. Ayam atau bebek utuh itu yang diisi dan dilumuri bumbu kemudian dipanggang di api sekam. Jika mengingat rasanya yang sangat lezat dengan bumbu yang sangat kuat karena dipanggang hingga bumbu benar-benar meresap ke dalam daging.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng/Merdeka.

Sama seperti rendang, nasi goreng masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia, bahkan di Indonesia. Nasi goreng merupakan makanan yang khas dengan rempah-rempah dan sering dijajakan di warung kaki lima. Bahkan nasi goreng banyak variannya, ada nasi goreng Semarang, nasi goreng kampung, nasi goreng Tegal, magelangan, nasi goreng teri Medan dan masih banyak lainnya. Rasanya juga beraneka ragam tergantung bumbu yang digunakan. Tidak sesulit masakan lainnya, nasi goreng dapat mudah dimasak di rumah, lho.

4. Sate

Sate Madura/Tribunnews Wiki.

Makanan yang dikenal dari berbagai wilayah ini memang memiliki rasa gurih nan lezat. Sate Madura adalah yang paling terkenal di antara sate-sate lainnya. Selain harganya lebih affordable, saus kacang dan kecap pedasnya benar-benar nikmat sekali. Ditambah dengan lontong sate yang kenyal. Saat ini ada berbagai varian sate seperti sate Maranggi, sate koyor, sate Taichan, dan masih banyak lainnya. Bahkan ada sate yang berbahan kambing, sapi, hingga kerbau.

5. Roti Gambang

Roti Gambang/Nawala Karsa.

Resep roti ini dikenal sebagai roti peninggalan Belanda. Bentuknya balok dengan warna kecoklatan yang dimasak dari gula merah dengan taburan wijen di atasnya. Cara makannya pun unik. Sobek sedikit roti gambang, lalu celupkan di kopi pahit atau teh tawar. Minuman yang digunakan harus tawar, sebab rasa manisnya berasal dari roti.

6. Mie Aceh

Mie Aceh/Befren.

Kuliner ini merupakan makanan paling ikonik dari Nanggroe Aceh Darussalam. Mienya yang kenyal dan bumbu rempahnya yang kuat membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Rasa lezatnya membuat orang-orang selalu ketagihan dan merindukan masakan ini. Jika sedang berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mampir mencobal mie Aceh yang melegenda itu, ya.

7. Sop Gangan Bangka

Sop Gangan Bangka/Indonesia Kaya.

Maknanan Sop ini terbuat dari ikan tenggiri yang dimasak dengan bumbu sop yang benar-benar gurih. Kuliner yang berasal dari Belitung ini memiliki kuah kuning dengan rasa asam dan gurih. Bumbu-bumbunya tidak seperti sop biasanya, yakni menggunakan rempah kunyit, bawang merah, lengkuas, dan cabai. Sop ini terasa dengan lebih segar dengan irisan nanas. Rasa ikannya juga tidak amis.

8. Gence Ruan

Gence Ruan/Merah Putih.

Jarang merasakan masakan khas Kalimantan? Anda perlu mencoba Gence Ruan. Kuliner ini berasal dari Kalimantan Timur. Bahan utamanya adalah “gence” atau dikenal dengan sambal goreng khas Kalimantan Timur dan “ruan” bahan ikan haruan atau gabus. Cara memasaknya, ikan tersebut dibakar kemudian disiram dengan sambal gence yang pedas. Tumisan sambalnya terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan berbagai rempah lainnya. Bagi kalian yang suka pedas, makanan ini bisa jadi rekomendasi kuliner.

9. Empal Gentong

Empal Gentong/Travel Kompas.

Kuliner khas Cirebon, Empal Gentong, sekilas mirip dengan gulai. Bahan utamanya adalah usus, babat, dan irisan daging sapi. Cara memasaknya menggunakan gentong. Bahan-bahan tersebut dimasak di dalam gentong tanah liat menggunakan api dari kayu bakar selama 5 jam. Makanan ini terkenal kelezatannya karena proses memasaknya yang tidak sembarangan. Gentong di sini dapat memperkuat rasa masakan melalui endapan bumbu dalam tanah liat tersebut. Makanan ini semakin lezat jika disajikan bersama dengan sambal kucai dan cabai kering giling.

10. Se’i

Daging Se’i/Takaitu.

Makanan khas Nusa Tenggara Timur tersebut terkenal karena aromanya yang sangat harum. Daging Se’i bukan sembarangan daging asap biasa. Se’i biasa menggunakan daging sapi. Se’i bermakna “daging yang diiris tipis”. Nama Se’i berasal dari bahasa Rote. Makanan asli Suku Rote ini menggunakan kayu kosambi dalam pengolahannya. Bahkan untuk mengasapinya membutuhkan waktu 1 hingga 9 jam untuk mendapatkan rasa terbaiknya.

To Top