Travel

10 Perpustakaan Modern Terindah Di Dunia

Diantara kita tentu ada yang menyukai traveling dan ada juga yang suka membaca. Jika Anda termasuk diantara orang yang menyukai keduanya, maka mengintip perpustakaan unik dari seluruh penjuru dunia adalah merupakan kesempatan yang tidak akan kita sia-siakan begitu saja. Saat traveling, mungkin salah satunya bisa menjadi tujuan kita.

Bisa jadi sampai saat ini perpustakaan yang kita kenal selain yang ada di sekitar kita adalah perpustakaan indah dengan bangunan klasik yang menyimpan sejuta cerita. Namun yang akan diungkap disini adalah perpustakaan yang berbeda dari yang Anda bayangkan. Perpustakaan indah dunia bukan hanya milik perpustakaan dengan bangunan klasik, namun juga milik gedung-gedung dengan arsitektur kekinian. Temukan pengalaman baru dalam membaca dengan menyimak apa saja 10 perpustakaan indah di dunia dengan arsitektur modern yang unik.

SCHMIDT HAMMER LASSEN’S DOKK1 LIBRARY, AARHUS, DENMARK

Perpustakaan inilah yang ditetapkan sebagai perpustakaan terbaik pada tahun 2016 setelah mendapatkan predikat Public Library of the Year 2016 oleh The International Federation of Library Associations (IFLA).

Perpustakaan seluas 323.000 meter persegi ini adalah perpustakaan terbesar di Skandinavia yang terletak pada sisi sebuah sungai di wilayah Aarhus, Denmark. Bangunan yang dibuat dengan metode polygon ini menghasilkan fasad geometrik yang unik. Ruangan di bagian dalamnya terasa lapang dengan jendela-jendela yang menghadap ke pelabuhan kota. Sungguh artistik. Sebuah lonceng yang digantungkan diatas tangga di bagian tengah terhubung dengan rumah sakit setempat, dan akan berbunyi setiap kali ada bayi yang lahir.

LAWRENCE PUBLIC LIBRARY, LAWRENCE, AMERIKA SERIKAT

Lawrence Public Library sejatinya dibangun pada tahun 1972, namun kemudian direnovasi oleh para arsitek dari Gould Evans agar terlihat lebih modern dan berteknologi tinggi. Saat melakukan pengamatan, mereka menyadari bahwa pada umumnya orang-orang mencari tempat dengan banyak pencahayaan alami untuk berkumpul. Dari sinilah pada arsitek tersebut menciptakan ruang baca yang dilengkapi dengan kaca raksasa yang terbentang dari lantai hingga ke langit-langit ruangan agar cahaya alami dapat memasuki ruangan dengan leluasa.

ZHONGSHUGE BOOKSTORE, YANGZHOU, CHINA

Yang satu ini sebenarnya bukan perpustakaan, namun sebuah toko buku. Namun toko buku ini menyediakan banyak tempat baca yang nyaman sehingga penggemar buku pasti sangat menyukainya. Berjalan di dalam toko buku yang disebut-sebut sebagai toko buku paling indah sedunia ini bagaikan berjalan menyusuri sungai yang penuh dengan buku-buku karena efek kaca yang dipasang pada langit-langit toko. Menurut arsiteknya, hal ini memang disengaja. Kita seolah menyusuri air di tengah buku-buku menuju ke arah sungainya. Gaya penataan bukunya unik, terkadang terlihat anggun, terkadang terlihat fun. Berada disana seolah berada di sebuah taman bermain.

BEYAZIT STATE LIBRARY, ISTANBUL, TURKI

Perpustakaan ini memang bukan sepenuhnya bangunan baru. Pertama kali dibangun pada tahun 1506 dan pernah difungsikan sebagai dapur umum dan kemudian menjadi penginapan sebelum kemudian ditetapkan sebagai perpustakaan negara pada akhir abad ke-19. Tabanlioglu Architects, sebuah studio arsitektur di Turki bertugas merenovasi tempat ini. Mereka ingin agar arsitektur bangunan aslinya tidak dirubah, hanya ditambahkan beberapa sentuhan modern di sana sini, seperti dibuatnya sebuah ruangan mirip kotak kaca yang digunakan untuk menyimpan berbagai manuskrip langka. Sebuah perbaduan antara klasik dan modern yang menakjubkan.

VENNESLA LIBRARY and CULTURE HOUSE, VENNESLA, NORWEGIA

Perpusatakaan ini tampak bagaikan sebuah portal menuju luar angkasa. Arsitektur yang berbentuk tulang rusuk berjumlah 27 buah seolah memeluk langit-langit, menciptakan sebuah bentuk kerangka pada bangunan perpustakaan ini. Tiap cabang rusuk tersebut memancarkan cahaya yang terintegrasi. Menimbulkan efek cahaya yang lembut menerangi ruangan, sementara cahaya pada bagian dasarnya menerangi sudut yang digunakan untuk membaca dengan cukup terang. Tiap bagian rusuk tersebut juga kedap suara, untuk memastikan bahwa ruangan ini benar-benar tenang.

BODØ LIBRARY and CONCERT HALL, BODØ, NORWEGIA

Perpustakaan baru ini juga berperan sebagai pusat budaya di BODØ, Norwegia. Ia memiliki 3 auditorium gedung konser dengan 68.000 meter persegi ruangan yang didedikasikan sebagai ruang untuk membaca. Bangunan beton berwarna putih yang semula merupakan stasiun bus ini memiliki kaca-kaca raksasa yang membentang memperlihatkan pelabuhan kota jika kita melihat ke arah luar.

CHICAGO PUBLIC LIBRARY, CHICAGO, AMERIKA SERIKAT

Perpustakaan umum Chicago yang berada di Chinatown ini tidak memiliki sudut yang tajam. Bentuk bangunannya membulat mirip dengan batu koral, dikelilingi kaca dan sirip –sirip pelindung cahaya matahari yang dimaksudkan untuk meredam panas dan silau. Perpustakaan yang dibangun dengan prinsip-prinsip Feng Shui ini dirancang agar selaras dengan jalan raya di depan gedung. Pada bagian dalamnya, perpustakaan dua lantai ini terpusat pada ruangan yang dipenuhi dengan cahaya.

BIRMINGHAM LIBRARY, BIRMINGHAM, INGGRIS

Jika dilihat dari luar, bangunan perpustakaan ini tampak seperti beberapa balok raksasa yang ditumpuk begitu saja lalu dibungkus semacam renda yang terbuat dari logam. Namun interior dari bangunan yang menempati wilayah seluas 312.000 meter persegi ini memiliki warna-warna primer yang cerah dan bersih. Perpustakaan ini merupakan rumah bagi 400.000 buku pada beberapa lantainya yang masing-masing lantainya dilengkapi dengan balkon cantilever yang unik.

HALIFAX CENTRAL LIBRARY, HALIFAX, CANADA

Inilah perpustakaan unggulan di Halifax diantara 13 perpustakaan lainnya di sana yang dibangun diatas tanah seluas 156.000 meter persegi dengan hampir keseluruhan ruangnya dikelilingi oleh kaca. Bentuk bangunan ini unik, bagaikan 4 balok yang ditumpuk, namun seolah ditumpuk dengan tidak rapi, terutama pada balok ke-4 atau di bagian paling atas dengan efek cantilever yang membuat bangunan ini tampak menakjubkan. Pada bagian atap bangunan terdapat taman yang diciptakan agar pengunjung dapat menikmati hangatnya mentari musim panas di Nova Scotia. Pada bagian dalamnya, ruang baca perpustakaan terkonversi dengan ruang konsernya.

CONARTE LIBRARY, MONTERREY, MEXICO

Anda bisa menemukan pengalaman membaca buku yang unik di tempat ini. Dengan design gaya Mexico dari Studio Anagrama, kita bisa mendapatkan suasana yang unik di toko buku Monterrey ini sehingga betah berlama-lama membaca. Pada bagian dinding berwarna biru muda bersinar, kita bagai dikelilingi laut berbuih, ditingkahi kisi-kisi kayu yang mengelilingi sehingga tampak bagaikan kepompong berwarna cerah. Kisi-kisi ini berisi buku-buka yang dapat kita pilih. Terdapat pula tangga yang memotong bagian tengah ruangan, sementara itu tersedia kursi-kursi empuk pada kedua sisi ruangan menyulap tempat ini menjadi tempat baca yang menyenangkan dan berbeda dengan yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top