Travel

3 Sungai Terpanjang di Indonesia

3 Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang memiliki puluhan sungai panjang. Sejak dahulu, aliran sungai di Indonesia digunakan sebagai urat nadi kehidupan masyarakat setempat yang menyokong sektor transportasi dan kegiatan ekonomi. Berikut 3 daftar sungai terpanjang di Indonesia:

Sungai Kapuas (Kalimantan)

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjang total 1.143 km. Sungai Kapuas atau sungai batang Lawai (Laue)  berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan rumah dari  300 lebih jenis ikan. Sungai Kapuas mempunyai hulu di Pegunungan Muller dan mulut sungainya (muara) terdapat di selat Karimata dengan melintasi kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Sintang, Sekadau, Sanggau, Landak, Kubu Raya, hingga membelah kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat.

Sungai Kapuas

Sungai ini sudah tercemar berat, akibat aktivitas penambangan emas di sungai ini. Walaupun telah mengalami pencemaran namun Sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat di sepanjang aliran sungai ini, khususnya masyarakat Kalimantan Barat dari hulu ke hilir. Arus lalu lintas sungai ini menjadi sangat penting, karena di samping menjadi urat nadi ekonomi masyarakat, sungai ini juga menjadi tempat tinggal para penduduk di bantaran sungai, perkampungan khas Kalimantan Barat bersusun dan berderet-deret, baik perkampungan yang berada di anak sungai Kapuas ataupun di pinggiran Sungai Kapuas.  Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat. Selain itu juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi penangkap ikan.

Sungai Mahakam (Kalimantan)

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang total 920 km. Sungai yang terletak di Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Karimata ini melintasi Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Bahkan sungai Kapuas juga melintasi dan membelah Kota Samarinda, ibukota provinsi Kalimantan Timur.
Sungai ini  menjadi habitat salah satu ikan yang sekaligus mamalia air tawar paling langka yakni Pesut Mahakam. Pada aliran sungai Mahakam juga terdapat Danau Cascade Mahakam. Sungai Mahakam mengalir 980 km dari distrik Long Apari di dataran tinggi Borneo, ke muaranya di Selat Makassar.

Sungai Barito (Kalimantan)


Sungai Barito

Sungai Barito atau sungai Banjar Besar atau Sungai Banjarmasin adalah wilayah di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Barito. Sungai Barito disebut juga Sungai Banjar (Banjar river) atau Sungai Cina (China river). Panjang sungai ini adalah 900 km. Nama Barito diambil berdasarkan nama daerah Barito yang berada di hulu termasuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah. Nama ini sering dipakai untuk menamakan seluruh daerah aliran sungai ini hingga ke muaranya pada Laut Jawa di Kalimantan Selatan yang dinamakan Muara Banjar/Kuala Banjar.

Lebar sungai ini antara 650 m hingga mencapai 1000 m yang menjadikan Barito sebagai sungai terbesar di Indonesia. Wilayah di sepanjang Sungai barito ini dahulu termasuk dalam Onder Afdeeling Barito (bagian dari Afdeeling Kapuas Barito), sekarang sudah berkembang menjadi 4 kabupaten yaitu Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top