Travel

5 Makanan Khas Korea Utara Yang Menggugah selera

Seafood Ala Pesisir Korea Utara

Kalau Korea Selatan populer dengan hingar bingar industri hiburannya, Korea Utara justru dikenal sebagai salah satu negara yang tertutup. Saat berkunjung ke sana, wisatawan harus tahu bahwa tidak sembarang tempat bisa dijadikan spot foto. Walau begitu makanan khas Korea Utara juga patut untuk dicicipi. Penasaran? Berikut ini rekomendasi kuliner Korea Utara.

Pyeongyang Naengmyeon, Sajian Klasik Khas Korea

Pyeongyang Naengmyeon, Makanan Khas Korea Utara
Pyeongyang Naengmyeon, Makanan Khas Korea Utara

Sering disebut juga dengan Pyeongyang Cold Noodle, kuliner satu ini adalah sajian klasik khas negara Korea Selatan. Bahan dasar mienya terbuat dari gandum hitam yang biasa disebut soba, sehingga warna mienya juga terlihat kehitaman.

Mie dihidangkan dalam air kaldu bening yang dingin. Untuk melengkapinya ditambahkan pula saus pedas, potongan daging, dan telur. Selain itu, bisa juga ditambahkan beberapa sayuran seperti kol, lobak, atau timun.

Di Korea Utara setiap pasangan pengantin baru diwajibkan mengonsumsi makanan ini. Filosofinya yaitu agar jalinan pernikahannya langgeng, dan jika menolak maka dianggap sebagai tindakan yang kurang sopan.

Injo Gogi Bap, Makanan Khas Korea Utara Yang Unik

Injo Gogi Bap, Makanan Khas Korea Utara
Injo Gogi Bap, Makanan Khas Korea Utara

Makanan satu ini sangat unik karena terbuat dan sisa makanan yang kemudian digulung menjadi satu. Bentuknya telrihat mirip seperti sosis, hanya saja berwarna hitam. Makanan sisa yang digunakan tentunya harus makanan yang masih dalam kondisi bagus dan layak. Sebagai pelengkap, injo gogi bap disajikan bersama saus pedas atau kari.

Ternyata ada sejarah menarik di balik terciptanya makanan ini. Pada 1990-an, Korea Utara pernah dilanda bencana kelaparan yang cukup parah. Karena masyarakat di Korea Utara sangat menyukai daging, maka mereka berkreasi membuat daging. Bahan yang digunakan yaitu kedelai yang diolah menjadi pasta atau meinya kedelai.

Daging jadi-jadian itu lalu digunakan untuk menggulung nasi dan melengkapinya dengan saus cabai. Makanan unik satu ini hanya bisa ditemui di Korut, dan sangat mudah untuk menemukannya. Karena termasuk salah satu makanan favorit warga, harganya pun terjangkau.

Bughan Barbeque, barbekyu Asli Korut

Bughan Barbeque, Makanan Khas Korea Utara
Bughan Barbeque, Makanan Khas Korea Utara

Walaupun bisa menyantap barbekyu di negara lain, namun makanan khas Korea Utara satu ini sedikit berbeda. Pembedanya adalah alat pemanggangnya yang biasa digunakan secara turun-temurun. Bahan utama dari barbekyu asli Korea Utara ini tentu saja daging sapi.

Daging ditusuk dengan batang besi yang cukup panjang lalu dipanggang hingga siap makan di atas bara. Rasanya yang lezat membuat makanan ini menjadi pilihan favorit orang Korea Utara, terutama saat berkumpul bersama keluarga maupun teman.

Dubu Bap, Makanan Khas Korea Utara Favorit Anak-anak

Dubu Bap, Makanan Khas Korea Utara
Dubu Bap, Makanan Khas Korea Utara

Saat menghadapi bencana kelaparan pada 1994 hingga 1998, Korea Utara bukan saja memiliki injo gogi bap. Olahan lain yang warga ciptakan pada masa itu adalah dubu bap, dubu berarti tahu dan bap yaitu nasi. Sesuai namanya, bahan utama untuk membuatnya adalah tahu, lebih  tepatnya adalah kulit tahu. Kulit tahu diisi nasi putih yang kemudian ditambahkan saus di atasnya. Dijual dengan harga terjangkau, membuat dubu bap salah satu makanan favorit anak-anak di negara itu.

Sajian Seafood Ala Pesisir Korea Utara

Seafood Ala Pesisir Korea Utara
Hidangan Seafood Ala Korea Utara

Makanan dari laut bukan saja memiliki rasa yang lezat, tapi juga menyehatkan. Karena itulah banyak orang didunia yang menjadi penggemarnya, termasuk masyarakat Korut. Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir Korut, seafood bisa dibilang sebagai makanan pokoknya.

Biasanya hidangan tersebut dijadikan BBQ, seperti kerang BBQ yang biasa dinikmati bersama keluarga. Namun, warga di sana juga sering mengonsumsi seafood mentah. Beberapa seafood yang menjadi favorit di Korea Utara adalah salmon, ikan kod, ikan Pollock Alaska, dan gurita.

Lihat Juga: 6 Makanan Ini Sukses Bikin Ngiler Saat Nonton Drama Korea

Karena wilayahnya yang dekat dengan Korea Utara, tidak mengherankan kalau banyak makanan khas Korea Utara yang mirip dengan kuliner khas Korea Selatan. Dari kelima daftar makanan di atas, mana yang paling ingin anda cicipi?

To Top